Analisi Butir Soal Pilihan Ganda Pada Elemen Aplikasi Pengolah Angka (Spreatsheet) Fase E Melalui Penggunaan Program Komputer Anates

Authors

  • Salsa Cintiya Putri Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Catur Pamungkas Hari Subekti Universitas Negeri Surabaya
  • Lailatul Mukarromah Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Vivi Pratiwi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.643

Keywords:

Soal Hots, Anates, Validitas, Reliabilitas

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan aplikasi Anates pada siswa kelas X Akuntansi di SMK 1 Taman. Soal yang diuji berupa 15 soal pilihan ganda yang digunakan untuk melatih kemampuan analisis, evaluasi, dan sintesis siswa, dengan data yang diperoleh dari 21 siswa. Analisis difokuskan pada reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh dan validitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa reliabilitas tes sebesar 0,55, yang mengindikasikan konsistensi instrumen yang cukup baik. Namun, hanya 3 dari 15 soal yang memenuhi kriteria validitas signifikan, sementara sisanya memiliki korelasi rendah dengan skor total. Mayoritas soal berada dalam kategori sedang sebesar 53,33% dan sisanya dalam  kategori sukar dan mudah, sehingga soal masuk kategori yang cukup untuk  menantang siswa untuk berpikir kritis. Sebanyak 40% soal memiliki daya pembeda baik serrta sisanya dalam kategori jelek, menunjukkan kurangnya kemampuan soal dalam membedakan siswa dengan kemampuan tinggi dan rendah. Selain itu, sebagian besar pengecoh tidak berfungsi secara optimal, dengan 53,33% pengecoh  tidak  dipilih oleh siswa. Berdasarkan temuan ini, sebagian besar soal perlu direvisi agar dapat memenuhi kriteria soal HOTS yang baik.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemanfaatan aplikasi Anates terbukti membantu mengidentifikasi kelemahan soal secara sistematis dan memberikan panduan untuk melakukan perbaikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas instrumen evaluasi pembelajaran, khususnya dalam penerapan soal berbasis HOTS di tingkat sekolah menengah kejuruan.

References

[1] Anggreini, D., & Darmawan, C. A. (2017). Analisis kualitas soal try out ujian nasional dengan menggunakan aplikasi program Anates. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 20. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.213
[2] Arif, M. (2014). Penerapan aplikasi Anates bentuk soal pilihan ganda. Jurnal Ilmiah Edutic, 1, 1–9.
[3] Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.
[4] Ayunita, D. (2018). Modul uji validitas dan reliabilitas. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
[5] Depdiknas. (2007). Panduan penulisan soal pilihan ganda. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang-Depdiknas.
[6] Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal HOTS pada kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
[7] Fatimah, L., & A. K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8, 37–64.
[8] Fietri, W. A. (2021). Analisis butir soal biologi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Kerinci. XX(X).
[9] Gunawan, A. W. (2003). Genius learning strategy: Petunjuk praktis untuk menerapkan accelerated learning. Gramedia Pustaka Utama.
[10] Hanifah, N. (2014). Perbandingan tingkat kesukaran, daya pembeda butir soal pilihan ganda asosiasi mata pelajaran ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55.
[11] Hidinia, D. P., & Suprijono, A. (2020). Analisa tingkat kesulitan soal latihan USBN 2019 melalui aplikasi Anates. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah, 8(1), 1–5.
[12] Jia, B., He, D., & Zhu, Z. (2020). Quality and feature of multiple-choice questions in education. Problems of Education in the 21st Century, 78(4), 576–594. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.576
[13] Kemendikbud. (2017). Modul penyusunan soal higher order thinking skill (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
[14] Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi berpikir. Rosdakarya.
[15] Lestari, D. (2016). Pengembangan soal tes berbasis HOTS pada model pembelajaran latihan penelitian di sekolah dasar. Journal Universitas Pendidikan Indonesia.
[16] Malik, A., & Chusni, M. M. (2018). Pengantar statistika pendidikan. International Journal of Physiology.
[17] Naga, D. S. (2002). Pengantar teori skor pada pengukuran pendidikan. Gunadarma.
[18] OECD. (2019). “PISA 2018 Mathematics Framework”, in PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD.
[19] Purwati, L. M., Arianty, R., Syakilah, D. M., Ridlo, S., & Susilaningsih, E. (2018). Analisis soal tes pilihan ganda berbasis higher order thinking skill menggunakan aplikasi Anates Windows versi 4.0.9 for Windows. 2015, 1–11.
[20] Putri, Resty A., & Rosliyah, Y. (2020). Analisis distraktor butir soal Bunpou Shokyuu Kouhan Semester 2 tahun 2018/2019 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Kiryoku, 4, 20–28.
[21] Reniasih, G. N. (2020). Penerapan bimbingan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan asesmen autentik pada guru di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 41. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24278
[22] Rintayati, P., Lukitasari, H., & Syawaludin, A. (2020). Development of two-tier multiple choice test to assess Indonesian elementary students’ higher-order thinking skills. International Journal of Instruction, 14(1), 555–566. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14133A
[23] Sari, A. I. C., & Herawati, M. (2014). Aplikasi ANATES versi 4 dalam menganalisis butir soal. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 203–214.
[24] Setiawaty. (2017). Indeks tingkat kesulitan (ITK) dan keberfungsian distraktor soal pilihan ganda UAS genap mata pelajaran Bahasa Indonesia. SEMNASBAHTERA, 68–78.
[25] Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
[26] Wiguna, S. (2021). Aplikasi Anates dalam evaluasi pembelajaran. Pena Persada.
[27] Wilson, V. (2000). Education forum on teaching thinking skills. Edinburgh Report, the Scottish Council for Research in Education.
[28] Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Jurnal Terbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17–23.
[29] Yazid, A. J. (2021). Analisis kualitas butir soal ujian akhir semester pemindah tenaga kendaraan ringan kelas XI TKR di SMK Negeri 2 Praya Tengah. 3, 35–44.
[30] Dewi, N. P., Rahmi, Y. L., Alberida, H., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas dan reliabilitas instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi hereditas untuk peserta didik SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(2), 138. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/512

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Utami, S. C. P., Subekti, C. P. H., Mukarromah, L., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2024). Analisi Butir Soal Pilihan Ganda Pada Elemen Aplikasi Pengolah Angka (Spreatsheet) Fase E Melalui Penggunaan Program Komputer Anates. Widya Balina, 9(2), 134–147. https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.643