Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Pada Elemen Proses Bisnis Di Bidang Akuntansi Keuangan Lembaga Fase E Kelas 10 SMK Melalui Aplikasi Anates

Authors

  • Miftachul Jannah Universitas Negeri Surabaya
  • Evie Dwi Ervanti Universitas Negeri Surabaya
  • Silvira Bela Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Vivi Pratiwi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.662

Keywords:

Analisis butir soal, Pilihan ganda, Proses bisnis, Akuntansi keuangan, Aplikasi Anates, Pendidikan SMK

Abstract

Abstract. This study aims to analyze multiple choice question items related to business process elements in the field of financial accounting for 10th grade vocational students using the Anates application. The methods used include evaluating the validity, reliability, difficulty level, and differentiating power of each item. Data were collected from questions that had been given to students and analyzed quantitatively. The results showed that most of the items met the criteria for good validity and reliability, although there were some items that needed to be improved in terms of difficulty level and differentiating power. These findings provide important insights for the development of teaching materials and the preparation of evaluation questions in accounting. This research is expected to contribute to improving the quality of accounting education in SMK and assist teachers in designing more effective questions to measure students' competencies in facing the challenges of an increasingly complex world of work.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal pilihan ganda yang berkaitan dengan elemen proses bisnis di bidang akuntansi keuangan pada siswa kelas 10 SMK menggunakan aplikasi Anates. Metode yang digunakan meliputi evaluasi validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda dari setiap butir soal. Data dikumpulkan dari soal-soal yang telah diberikan kepada siswa dan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas yang baik, meskipun terdapat beberapa soal yang perlu diperbaiki dalam hal tingkat kesulitan dan daya pembeda. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan materi ajar dan penyusunan soal evaluasi di bidang akuntansi. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan akuntansi di SMK serta membantu guru dalam merancang soal yang lebih efektif untuk mengukur kompetensi siswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks.

References

[1] Ansoriy, Z., & Gontor, U. N. I. D. A. (2021). Kebiasaan Membaca Al Qur’an dan Implikasinya Terhadap Kecerdasan Intelektualitas Mahasiswa. Osf Preprints.
[2] Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-52.
[3] Fuad Nashori. 2002. Potensi-potensi Manusia Seri Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset., hal. 52.
[4] Kurdi, S., & Perdana, F. R. (2009). POLEMIK PERAN GENDER TERHADAP STATUS SOSIAL DI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM. GENDER, CHILDREN, AND LAW. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 39.
[5] Maman, Andewi Suhartini, & Ahmad Nurwadjah. (2022). Konsep Pengenalan Terhadap Allah (Ma’rifatullah) dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Asian Journal of Philosophy and Religion, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.55927/ajpr.v1i1.357
[6] Muhajir Ansori, R. A. (2017) “STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK”, JURNAL PUSAKA, 4(2), pp. 14–32. doi: 10.35897/ps.v4i2.84.
[7] Munadlir, A. (2016). Strategi sekolah dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114-130.
[8] Nasrul Umam dan Utami Budiyati. 2020. Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini. Berbasis Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Warna Vol. 4, No. 1, Juni.
[9] Sri Sumarni dkk. 2015. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial Bagi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan Vol 3, No 1 (2015)
[10] Yasmansyah, Y & Husni A. 2022. Konsep dasar Pendidikan Agama Islam. Indonesia Research Jourmal on Education. Vol. 2 No. 2, 783-790//https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.124.
[11] Sholeh, Badrus. 2018. Reconstruction of Integrative Islamic Education in The Transformative Prophetical Education Framework. Proceedings of Annual Conference for Muslim Shcolars. Ancoms 2018: Book Series 1.
[12] Abdullah Azis Ahyadi, Psikologi Agama dan Kepribadian Muslim Pancasila, (Bandung: Sinar Baru, 1991), h. 109.
[13] Abu Ahmadi dan Noor Salimi. 2008. Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam, cet. Ke-5. akarta: Bumi Aksara. hal. 202
[14] Jalaluddin Rahmat, Psikologi Agama, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009), h. 63.
[15] Lexy, J Moleong. (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[16] Muzakar, A., Abdul Azizurrahman, M. E., & Khotmi, N. (2003). Psikologi Sosial. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat: Universitas Hamzanwadi Press (Anggota IKAPI).
[17] Saryono, 2010. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung
[18] Tohari Musnamar, Dasar-dasar konseptual Bimbingan dan Konseling Islami, (Yogyakarta: UII Press, 1992), h. 24.
[19] DepDikBud, 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, hal.895. https://kbbi.web.id/agama, diakses 21 agustus 2019
[20] Utami, I. B. (2018). Peran komunitas Islam dalam menyemangati keagamaan para pemuda: Penelitian di Komunitas Gerakan Pemuda Hijrah Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Downloads

Published

2024-12-21

How to Cite

Jannah, M., Ervanti, E. D., Agustin, S. B., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2024). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Pada Elemen Proses Bisnis Di Bidang Akuntansi Keuangan Lembaga Fase E Kelas 10 SMK Melalui Aplikasi Anates. Widya Balina, 9(2), 160–174. https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.662