Digitalisasi Fitur Layanan Islami Pada Nasabah Tabungan Wadiah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Renon Denpasar

  • Kusjuniati Kusjuniati STAI Denpasar Bali
  • Sahrial Ardiansyah STAI Denpasar Bali
  • Ayu Cinthya Dewi STAI Denpasar Bali
Keywords: Digitalisasi, Fitur layanan Islami

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang faktor-faktor yang paling dominan dalam digitalisasi Fitur Layanan Islami pada Bank Syariah Indonesia cabang Renon Denpasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor paling dominan yang dipilih oleh nasabah Tabungan wadiah BSI cabang Renon Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik diskriptik. Statistika deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu data sehingga memberikan informasi yang berguna. Dan hasil penelitian menunjukkan digitalisasi fitur layanan Islami Bank Syariah Indonesia memberikan layanan Islami yang dapat diakses oleh nasabah seperti aplikasi jus amma, asmaul husna, pengingat waktu sholat serta layanan kalkulator kurban. Aplikasi yang paling sering digunakan oleh nasabah adalah aplikasi jus amma dan asmaul husna, karena dalam aplikasi ini nasabah dengan mudah membaca jus amma dan menghapal asmaul husna setiap saat tanpa kesulitan serta pengingat waktu sholat dan hikmah-hikmah lainnya seperti waktu sedekah. Digitalisasi layanan Islami Bank Syariah Indonesia dirasakan sangat bermanfaat dan memberikan motivasi kepada nasabah untuk selalu tepat waktu saat melaksanakan solat dan membaca alquran dalam rangka meningkatkan keimanan.

References

Adhityo, Pratomo SE, MBA. (2021). HCM 4.0 Peta Jalan Upgrade Sistem Manajemen SDM Masa Depan. (Yogyakarta: Kagama Human Capital).
Antonio, Muhammad Syafii. (2001). Bank Syariah: Teori dan Praktik. (Jakarta: Gema Insani Press).
Hanggono, Arie Aditya, Ragil Handayani Siti, and Susilo Heru. n.d. (2015). “Analisis atas Praktek TAM (Technology Acceptance Model) dalam Mendukung Bisnis Online dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 26. No. 1.
[1] Karsinah,dkk,(2023), Digitalisasi Produk Unggulan Desa Wisata, Kajian Teori dan Empiris, NEM.
[2] Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
[3] Walpole, Ronald E. (1995), Ilmu Peluang dan Statistika,untuk Insinyur dan Ilmuwan, edisi ke 4, Bandung ITB.
[4] Siti Tutik M,dkk, Pengaruh Minat Perilaku Terhadap Actual Usage Iehnologi Informasi dengan pendekatan Tehnology Acceptence Model (TAM), Profit volume 6 no.1 tahun 2012, Universitas Brawijaya Malang.
[5] https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/537/05.3%20bab%203.pdf?sequence=9&isAllowed=y
Published
2024-06-25
How to Cite
Kusjuniati, K., Ardiansyah, S., & Dewi, A. (2024). Digitalisasi Fitur Layanan Islami Pada Nasabah Tabungan Wadiah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Renon Denpasar. Widya Balina, 9(1), 161 - 171. https://doi.org/10.53958/wb.v9i1.543

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>