UMKM Indonesia Menuju Industri Halal Dan Go Digital Dalam Memasuki Pasar Global

  • Kusjuniati Kusjuniati STAI Denpasar Bali
Keywords: UMKM, Sertifikasi Halal, Go Digital

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM adalah pertama tentang sertifikasi halal dimana pada tahun 2024 seluruh UMKM di Indonesia wajib memiliki sertifikat halal dan go digital dalam operasional usahanya. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui jumlah UMKM yang telah memiliki sertifikasi halal dan telah go digital. Metodologi penulisan menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui penelitian kualitatif ini dimungkinkan  untuk diperoleh pemahaman tentang kenyataan melalui proses berpikir induktif. Pemerintah berharap Indonesia bangkit ekonominya dengan  mendorong UMKM untuk memberikan keyakinan pada konsumen dalam negeri maupun luar negeri dalam memproduksi produk-produk halal yang diharapkan makin meningkat dan menjadi yang terbesar di dunia menembus pasar dunia. Tujuan pemberian sertifikasi halal pada produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM adalah agar UMKM Indonesia bisa bersaing di pasar global. Digitalisasi memberikan peluang untuk mempertahankan kelangsungan UMKM, dengan membuka pasar baru. Bila UMKM sudah go digital maka akan memiliki daya saing yang tinggi untuk memasuki pasar global.

References

[1] Farida Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bahasa, Surakarta, Cakra Books, 2014.
[2] School of Bisnis Management, KNEKS, UMKM Go Digital Syariah, Jakarta, 2021.
[3] Insight, Edisi Ketigabelas, Desember, Jakarta, 2021.
[4] https://kemenag.go.id/read/update-sertifikasi-halal-di-indonesia-ekspektasi-dan-kenyataan-8njgk, akses tanggal 20 Nopember 2022 jam 11.15 wita
[5] https://satudata.kemenkopukm.go.id/kumkm_dashboard/, akses tanggal 21 Nopember 2022
[6] https://halalmui.org, akses tanggal 21 Nopember 2022, jam 10.00 wita
Published
2022-12-16
How to Cite
Kusjuniati, K. (2022). UMKM Indonesia Menuju Industri Halal Dan Go Digital Dalam Memasuki Pasar Global. Widya Balina, 7(2), 462 - 468. https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.152

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2