PENINGKATAN KINERJA STAFF BAGIAN RECEIVING, PURCAHSING DAN GENERAL STORE DENGAN MENERAPKAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA WATERMARK HOTEL & SPA BALI JIMBARAN

Authors

  • Komang Tri Wahyuni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desi Natalia Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.53958/mt.v6i2.757

Abstract

Receiving, Purchasing, dan general store memiliki peran penting dalam menunjang operasional hotel, terutama dalam menjaga kelancaran alur barang masuk dan keluar, serta pengelolaan persediaan. Proses receiving tidak hanya mencakup penerimaan barang yang sesuai dengan pesanan, tetapi juga melibatkan pengecekan kualitas, kuantitas, dan kelengkapan dokumen barang yang diterima. Dengan pengelolaan yang baik, kinerja staff bagian Receiving, Purchasing, dan general store dapat memastikan ketersediaan kebutuhan operasional, meningkatkan efisiensi, dan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu.
Watermark Hotel & Spa Jimbaran sebagai salah satu hotel ternama di Bali turut mengedepankan pengelolaan receiving, purchasing department dan general store yang efisien. Pada lingkup operasional, hotel ini menerapkan standar prosedur operasional yang mendukung kelancaran proses penerimaan dan penyimpanan barang. Teknologi digital juga dimanfaatkan untuk mencatat dan memonitor barang masuk serta keluar guna mengurangi risiko kesalahan pencatatan dan memastikan ketersediaan barang sesuai kebutuhan. Pentingnya sistem informasi akuntansi pada bagian receiving, purchasing dan general store tidak hanya berkaitan dengan efisiensi internal, tetapi juga dengan kemampuan hotel dalam menyediakan layanan yang memuaskan untuk tamu, sekaligus meningkatkan kinerja staff tersebut.

References

Mulyadi. (2018). Akuntansi Biaya (Edisi Terbaru). Jakarta: Salemba Empat
Warren, C.S., & Reeve. J.M (2012). Financial Acoounting (12th ed.). Cengage Learning
Wiajya, darma dan Roy Irawan (2018). Prosedur Administrasi PenjualanBearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat. Perspektif, 16(1), 26-30
https://repository.iptrisakti.ac.id/4083/1/Akuntansi%20Praktik_merged.pdf
Diakses pada tanggal 15 September 2024
http://repository.stei.ac.id/6327/3/Bab%202.pdf
Diakses pada tanggal 9 November 2024
http://repository.stimykpn.ac.id/329/3/D3_17-15849_BAB%202.pdf
Diakses pada tanggal 27 November 2024

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Wahyuni, K. T., & Natalia, D. (2025). PENINGKATAN KINERJA STAFF BAGIAN RECEIVING, PURCAHSING DAN GENERAL STORE DENGAN MENERAPKAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA WATERMARK HOTEL & SPA BALI JIMBARAN. Maisyatuna, 6(2), 01–08. https://doi.org/10.53958/mt.v6i2.757