SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SAAT PENJUALAN UNIT KENDARAAN MEREK YAMAHA PADA UD FERRY MOTOR GIANYAR

Authors

  • Komang Tri Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Devia Sthanika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.53958/mt.v5i2.456

Keywords:

SIA, Penjualan

Abstract

UD Made Ferry Motor merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang retail (perdagangan) sepeda motor merk Yamaha. Perusahaan ini didirikan oleh Made Ferry Astawa, Bsc pada tanggal 06 Juni 1992 di Denpasar, namun dengan melihat peluang usaha dealer motor dengan merk Honda lebih menjanjikan, maka Made Ferry memutuskan untuk beralih sebagai dealer Honda dengan tetap memakai nama “Made Ferry Motor” pada Juni 1997. Cabang Denpasar mengalami perkembang yang pesat, sehingga Perusahaan memutuskan membuka cabang ada tahun 2000 Made Ferry Astawa, Bsc juga memutuskan untuk membuka cabang perusahaannya di Gianyar. Kegiatan penjualan motor di Made Ferry Motor memegang peran penting dalam perkembangan suatu Perusahaan. Guna menjamin dan memuaskan pelanggan, maka sistem informasi manajemen maupun sistem informasi akuntansi pada bagian penjualan perlu mendapatkan perhatian lebih, karena ini langsung kaitannya dengan kepuasan pelanggan dan laba perusahaan. Terutama kedala pada Sistem Informasi Akuntansi (SIA) di Perusahaan ini, masih banyak kegiatan akuntansi dilakukan dengan manual.

References

Indah, Puspita. 2018. Department of Accounting,
https://www.akseleran.co.id/
https://www.yamaha-motor.co.id/
https://ud-ferry-jaya-motor.business.site/
Jusup, Al Haryono. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi II. Yogyakarta (ID): Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

Downloads

Published

2024-04-11

How to Cite

Wahyuni, K. T., & Sthanika, P. D. (2024). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SAAT PENJUALAN UNIT KENDARAAN MEREK YAMAHA PADA UD FERRY MOTOR GIANYAR. Maisyatuna, 5(2), 68–75. https://doi.org/10.53958/mt.v5i2.456