POLA STRATEGI PENDAMPINGAN KEGIATAN PERANCANGAN PEMASARAN ANYAMAN ROTAN SEBAGAI PENDORONG EKONOMI PEDESAAN DI DESA PAJANGAN KECAMATAN KOPANG LOMBOK TENGAH
Abstract
Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui Strategi dalam perencanaan, pelaksanaan dan pembinaan pemasaran produk kerajinan Rotan di Desa Pajangan Kabupaten Lombok Tengah. Desa Pajangan memiliki potensi perkembangan rotan yang sangat besar, namun sejauh ini belum dioptimalkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu upaya untuk mencapai target penjualan dengan menerapkan strategi pemasaran dan penggunaan media pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran dapat dilakukan secara offline dan pemasaran secara online. Dibutuhkan pendampingan kepada masyarakat dalam mengenalkan dan menerapkan pemasaran secara offline dan pemasaran secara online. Pengabdian kepada masyarakat melakukan pendampingan pada masyarakat desa pajangan untuk mendorong perekonomian. Metode- Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Metode pendekatan (melakukan observasi langsung), diskusi (wawancara pada masyarakat), pengarahan (menyusun konsep strategi pemasaran offline dan online), dan pemberian pendampingan langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan memasarkan usaha anyaman rotan menjadi lebih baik dalam upaya mendorong perekonomian masyarakat desa pajangan Kecamatan Kopang Lombok Tengah.
References
Handoko. 2011. Manajemen Personalia, dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Kusumastuti, Adhi dan Khoiron, Ahmad Mustamil. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo. Semarang. Raco, Jozef. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. PT. Grasindo. Jakarta
Lexy J Moleong. (2001). Metodologi penelitian kualitatif,( Bandung : Remaja Rosda Karya,),hlm.3
Muhammad Lucy Prasetyo (2019) “Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Rotan”, Jurnal (Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo, Indonesia.
Nurhayaty, E., Pramularso, E. Y., Marginingsih, R., &Susilowati, I. H. (2022). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,5(1), 69.
Samsul Bahri (2021).“strategi pengembangan usaha industry kerajinan rotan (Studi Kasus) di Desa Keude Bieng Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar” Jurnal (Universitas Syiah Kuala.
Sari Atul Hilaliyah (2023).“pengaruh diferensi produk dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada industry kerajinan kecil rotan” Jurnal (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Darwan Ali, Sapit
Shidiq,Umar., &Choiri, Miftachul. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. Ponorogo.
Sabana. (2017). statistic Pendidikan ,(Bandung : pustaka setia,2000),hlm.21
Sudaryono, Perilaku konsumen dalam persefektif pemasaran dan R&D, Alfabeta, Bandung 2014.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi ,5(2), 259.