ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK INDUSTRI KERAJINAN SENI MOTIF KURSI DAN MEJA BERBAHAN DASAR BAN BEKAS DI DESA JURANG JALER KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.250Keywords:
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasanAbstract
Penelitian ini dilakukakan untuk mengetahui implementasi perencanaan, pegorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pemasaran produk industri kerajinan kursi dan meja berbahan dasar ban bekas di Desa Jurang Jaler Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengarajin kursi dan meja berbahan dasar ban bekas yang berjumlah 25 Orang. Sedangkan objeknya adalah pola manajemen pemasaran produk industri kerajinan kursi dan meja berbahan dasar ban bekas. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola manajemen pemasaran produk industri kerajinan kursi dan meja berbahan dasar ban bekas di Desa Jurang Jaler Kabupaten Lombok Tengah sudah mengikuti kaidah manajemen pemasaran yang meliputi perencanaan pemasaran, pengorganisasian pemasaran, pelaksanaan pemasaran, dan pengawasan pemasaran.
References
Assauri. (2010). Manajemen Pemasaran Edisi Pert. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Christanto. (2013). Manajemen Dan Pengembangan Fungsi Pemasaran Pada Usaha Konstruksi Pt . Mulia Mukti Sejahtera. Agora, 11, 1–11
Handayani. (2017). Peningkatan Produktivitas Usaha Mikro Tepung Sala Dan Sala Mentah Di Pariaman. Pengambdian Kepada Masyarakat, 12, 51–57.
Handoko. (2011). Manajemen Personalia, dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hirjan, M., Sulfiana, B., Saripuddin, Sanusi, M., Febrian, D., & Istiana, E. (2021). Peran Koperasi Syariah dalam Upaya Meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di BMT Al-Hasan Mitra Ummat Unit Lenek. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, Dan Terapan, 1(1), 166–174.
Kotler & Amstrong. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Limbang. (2017). Analisis Strategi Manajemen Pemasaran Pada Pt . Bess Central Insurance. Agora, 53, 1–7.
Natalia. (2013). Desain Organisasi Produk Emas pada PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS) di Surabaya. Agora, 31, 1–6.
Palgunadi. (2011). Kajian Manajemen Pemasaran Kentang (Solanum tuberosum L ). Agribisnis, 141, 18– 27.
Sudaryono. (2014). PerilakukonsumendalampersefektifpemasarandanR&D, Alfabeta, Bandung 2014
Sabana. (2017). statistic Pendidikan, Bandung : pustaka setia ,hlm. 21
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif (Bandung: Alfabeta) hlm.224
Wati, V. W., Zihab, Hadiyani, B., Sanusi, M., & Adawiyah, R. (2021). Strategi Pemasaran Produk Ijarah Muntahiyah Bittamlik dalam Meningkatkan Keuanggulan Kompetitif di BMT Gumarang Akbar Syariah Ampenan. JURNAL WIDYA BALINA: JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN EKONOMI, 6(2).