PENGARUH SOSIALISASI DAN MEDIA IKLAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM BERWAKAF TUNAI DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi Kasus pada Lembaga Keuangan Syariah di Kecamatan Aikmel Lombok Timur)
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.259Keywords:
Lembaga Keuangan Syariah, Wakaf Tunai, Sosialisasi, Media IklanAbstract
Selama ini masyarakat hanya mengenal wakaf dalam bentuk tanah dan bangunan. Sedangkan wakaf dalam bentuk uang tunai belum sepenuhnya tersosialisasikan dengan baik. Kurang pahamnya masyarakat akan hakikat dan makna wakaf tunai. Sosialisasi merupakan peroses yang dapat membantu individu dalam proses pembelajaran dan adaptasi. Media iklan adalah alat komunikasi yang tepat untuk mensosialisasikan produk suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh sosialisasi dan media iklan berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam berwakaf tunai di lembaga keuangan syariah Kecamatan Aikmel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis regresi linear.Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi dan media iklan berpengaruh terhadap minat berwakaf tunai di lembaga keuangan syariah secara simultan.
References
Alhogbi, Basma G. (2017). “.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp.
Amalia, Alvien Nur, and Puspita Puspita. (2018.) “Minat Masyarakat Jakarta Dalam Berwakaf Uang Pada Lembaga Wakaf.” Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking 2(2):
Apriadi, D. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Daerah Penerima Bantuan Hewan Kurban (Studi Kasus Lazismu Kantor Layanan Umbulharjo https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10749.
Badan Wakaf Indonesia (BWI). (2021). National Waqf Index: A Measurement for Waqf Performance. BWI Working Paper Series (1): 9–22.
Donna, Duddy Roesmana. (2007). Penerapan Wakaf Tunai Pada Lembaga Keuangan Publik Islami. Journal Of Islamic Business And Economics 1(1): 85–99
Hirjan, M., Sulfiana, B., Saripuddin, Sanusi, M., Febrian, D., & Istiana, E. (2021). Peran Koperasi Syariah dalam Upaya Meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di BMT Al-Hasan Mitra Ummat Unit Lenek. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, Dan Terapan, 1(1), 166–174.
Rawanti, Novita, and Alim Murtani. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Menunaikan Wakaf ( Studi Di Badan Wakaf Indonesia Sumatera Utara ). Feb1(1): 62–69.
Triyanto, Wiwit Agus. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap Dan Terpaan Iklan Layanan Masyarakat KB Versi Shireen Sungkar Dan Teuku Wisnu Di TV Terhadap Perilaku KB Pada WaniCahyani, L., Hidayat, A. M., & Lutfie, H. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Via Tv Commer. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 6(1): 183. UU RI. 2004. “Wakaf.” (1): 1–40.
Yuliafitri, Indri, and Arie Indra Rivaldi. (2017). Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dan Promosi Terhadap Penerimaan Wakaf Tunai (Pada Lembaga Pengelola Wakaf Di Indonesia). InFestasi 13(1): 217.
Yunita, Shera. (2018). Zakat Dan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik : Studi Pada Lembaga Amil Zakat , Infak Dan Shodaqoh Muhammadiyah ( LAZISMU ) Kabupaten Malang. 6(03): 469–77.