Strategi Pemasaran Tabungan IB Hijrah Rencana untuk Menarik Minat Nasabah di Bank Muamalat Indonesia Cabang Denpasar

Authors

  • Eka Widiastuti STAI Denpasar Bali
  • Kusjuniati Kusjuniati STAI Denpasar Bali
  • Iswahyuni Iswahyuni STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/mt.v3i4.128

Keywords:

Strategi pemasaran, Tabungan, Minat Nasabah

Abstract

Salah satu produk Tabungan IB Hijrah yang dimiliki Bank Muamalat Indonesia adalah Tabungan IB Hijrah Rencana. Rencana dan impian di masa depan memerlukan keputusan perencanaan keuangan yang dilakukan saat ini. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Strategi Pemasaran Tabungan IB Rencana di Bank Muamalat Indonesia cabang Denpasar?, 2) Bagaimana Minat Nasabah terhadap produk Tabungan IB Rencana di Bank Muamalat Indonesia cabang Denpasar?, dan 3) Bagaimana Strategi Pemasaran produk Tabungan IB Rencana bisa menarik Minat Nasabah di Bank Muamalat Indonesia cabang Denpasar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi Pemasaran tabungan IB Rencana di Bank Muamalat Indonesia cabang Denpasar, 2) Minat Nasabah terhadap Produk tabungan IB Rencana di Bank Muamalat Indonesia cabang Denpasar, dan 3) Strategi Pemasaran Produk tabungan IB Rencana bisa menarik minat nasabah di Bank Muamalat Indonesia cabang Denpasar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan triangulasi dalam pengujian kredibilitas sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu. Serta teknik pengumpulan data berupa: Wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian 1) Strategi Pemasaran Bank Muamalat Indonesia cabang Denpasar dalam memasarkan produk yaitu menyasar Islamic Organization, sekolah-sekolah Islam dan nasabah yang sudah mempunyai produk. 2) Minat nasabah terhadap produk tabungan IB Hijrah Rencana cukup besar, karena tabungan iB Hijrah Rencana merupakan tabungan yang bermanfaat untuk masa yang akan datang karena fleksibel, persyaratan mudah dan jangka waktu bisa dipilih sesuai kebutuhan. 3) Melakukan berbagai upaya dan inovasi produk tabungan IB Hijrah Rencana dan faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam memilih produk yaitu kebutuhan nasabah itu sendiri.

References

[1] Ali, Mahrus. 2019. Agribisnis dalam Kewirausahaan dan Pemasaran masyarakat Madura. Jakarta: Publishing
[2] Alma, Buchari, Donni Juni Priansa. 2016. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta
[3] Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta:Grasindo
[4] Assauri, sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran. Dasar, konsep, dan strategi. Jakarta:Rajawali Pers, cet ke-1-9
[5] Astuti, Miguna, Agni Rizkita Amanda. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran Developing Marketing Strategies and Plans. Yogyakarta: Deepublish
[6] Kartajaya, Hermawan, Muhammad Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Bandung: Mizan Pustaka
[7] Lexi, J, Moleong, 2011. Metologi Penelitian Kualitatif Bandung:PT Rosdakarya
[8] Muhamad, 2020. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Depok:Rajawali Pers. Ed. 1, Cet. 1
[9] Satori, Djam’an, Aan Komariah. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta. Cet ke-8
[10] Sobana, Dadang Husen. 2018. Manajemen Keuangan Syari’ah. Bandung:Pustaka Setia CV. Cet. I
[11] Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods), Bandung: CV Alfabeta
[12] Sugiyono, 2016. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Alfabeta
[13] Sula, Muhammad Syakir. 2004. Asuransi Syariah (Life and general): Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insani
[14] Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran, Yogyakarta:ANDI OFFSET
[15] Umam, Khotibul. 2016. Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. Jakarta:Rajawali Pers
[16] Atmaja, Jaka. 2018. “Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB”. Ecodemica. Vol. 2 No. 1
[17] Gunawan, Bambang. 2019. Perbankan Syariah UIN Sumatera: ”Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara iB Akad Wadi’ah Pada Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Kantor Cabang Medan”
[18] Hidayat, Rachmat. 2009. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri”. Petra. Vol. 11 No. 1, Maret Linda, Atikasari, 2017, Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Kualitas Produk tabungan Bsm Di Bank Syariah Mandiri Kc Ajibarang
[19] Machmudah, Rifa’atul. 2009. Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Nasabah (Skripsi Institut Agama Islam Negeri Walisongo)
[20] Raden Ajeng Entaresmen, Desy Putri Pertiwi. 2016. Fakultas ekonomi Universitas Trisakti Jakarta: ”Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Tabungan IB Hasanah di PT Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat”
[21] Sugiarto, Budi Utomo, Hartono Subagio. 2014. “Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli di Dream of Khayangan Art Resto Surabaya”. Petra. Vol. 2 No. 1
[22] Al-Qur’an dan Terjemah untuk Wanita, 2009. Bandung: Departemen Agama RI.
[23] Bank Muamalat Indonesia, diakses 28 Mei 2021 dari www.bankmuamalat.co.id
[24] OJK, Tentang Syariah. https://www.ojk.go.id/id/Default.aspx (online), diakses 30 April 2021
[25] Perbankan syariah (Online). Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas diakses 08 Juni 2021

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Widiastuti, E., Kusjuniati, K., & Iswahyuni, I. (2021). Strategi Pemasaran Tabungan IB Hijrah Rencana untuk Menarik Minat Nasabah di Bank Muamalat Indonesia Cabang Denpasar. Maisyatuna, 3(4), 01–10. https://doi.org/10.53958/mt.v3i4.128

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>