Pengaruh Promosi dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Denpasar (Studi Kasus Pembelian Oriflame di Kalangan Mahasiswa)

  • Aamdea Cahyana Joelyismianto STAI Denpasar Bali
  • Kusjuniati Kusjuniati STAI Denpasar Bali
  • Iswahyuni Iswahyuni STAI Denpasar Bali

Abstract

Pada saat ini banyak masyarakat mulai melihat produk makanan berdasarkan kehalalannya, perhatian masyarakat pada kosmetik dan tempat-tempat yang berbasis syari’ah. Dari berbagai macam merek kosmetik dan perawatan kulit Oriflame menjadi salah satu pilihan masyarakat.Dari latar belakang tersebut maka dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut,1)Apakah ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk Oriflame?.2)Apakah ada pengaruh sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian produk Oriflame?.3)Apakah ada pengaruh promosi dans ertifikasi halal secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Oriflame?.Penelitian ini bertujuan 1)Untuk mengetahui pengaruh Promosi terhadap keputusan pembelian produk Oriflame.2)Untuk mengetahui pengaruh Sertifikasi Halal terhadap keputusan pembelian produk Oriflame.3)Untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Sertifikasi Halal secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Oriflame di Denpasar.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah member Oriflame yang melakukan order pada consultant Ayu Samira 5377073. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang. Teknik yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah uji regresi berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS for windows 10 versi 25.Dari hasil pengolahan data ditemukan hasil penelitian bahwa uji regresi beganda adalah 7.324, 0893 dan 0.331, kemudian di dapatkan hasil uji Parsial untuk pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 3.728 dan pengaruh sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian sebesar 3.147 dengan hasil Uji F yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antar variabel independent terhadap variabel dependent. Serta hasil dari uji koefisien determinasi R² sebesar 0,318 yang artinya besarnya nilai koefisien determinasi tersebut menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari promosi dan sertifikasi halal memiliki pengaruh cukup hingga mencapai 31.8% terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame pada Kalangan Mahasiswa di Denpasar.

References

[1] Bilson Simamora. 2002 Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama h.54
[2] Danang Waskito. 2005 Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran halal dan bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
[3] Departemen Agama Republik Indonesia. 2005 Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul ‘Ali-Art.
[4] Dessy Rezfi. Pelaksanaan Sertifikasi Halal terhadap Restoran dan Rumah makan dikaitkan dengan Perlindungan Konsumen (Studi di Kota Padang Panjang). Padang: Fakultas Hukum Universitas Andalas Padang
[5] Dina Mar’atul Ulfa. 2017 Pengaruh Kualitas Display Produk, Harga dan Personal Selling Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Impulse Buying: Kudus.
[6] Helsy Zella Rafita. 2017. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Naskah Publikasi Lampung: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung
[7] Index Fatwa, Fatwa Majelis Ulama Indonesia. 2019 dari 1975-sekarang.Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Utama
[8] Monica Apriliani. 2019 Pengaruh Promosi dan Sertifikat Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Oriflame di Cirebon. Naskah Publikasi Cirebon: Institut Agama Islam Cirebon.
[9] Majelis Ulama Indonesia. 2018. Panduan Umum Sistem Jaminan Halal. Jakarta: LPPOM-MUI
[10] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2007. Buku Manajemen Pemasaran, Edisi Ke 12 jilid 1, Terjemah Dari Marketing Management oleh Benyamin Molan dkk. Klaten : PT. INDEKS
[11] Premi Wahyu Widyaningrum. 2016 Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Minat beli. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 2016, Vol. VI/ No.2, h.84
[12] Saiful Jazil, 2014 Fiqih Mu’amalat. Surabaya: UINSA Press
[13] Schiffman dan Kanuk, Jurnal Manjemen Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
[14] Sugi Priharto. 2015. Mengenal Pengertian Strategi Marketing Dan Manfaatnya. Yogyakarta: Pustaka Belajar
[15] Sugiono. 2018 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[16] Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
[17] Ujang Sumarwan. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011, h.9
[18] Zuhaili, Wahbah. 2008. Al-Fiqh al Islam Wa Adillatuhu. Jakarta: Darul Fikir Gema Insani.
[19] ILMU EKONOMI.ID,”Bauran Promosi (Promotion Mix)” https://www.ilmu-ekonomi, diakses pada 18 April 2021
[20] LPPOM MUI, “Sertifikat Halal MUI”,www. halalmui.org/mui14/index. php/main/gotosection/55/1360/page/1, diakses pada 22 April 2021.
[21] ORIFLAME,“Tentang Oriflame” (online), https://id.oriflame.com/about/our-story, diakses 20 april 2021
Published
2021-11-30
How to Cite
Joelyismianto, A., Kusjuniati, K., & Iswahyuni, I. (2021). Pengaruh Promosi dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Denpasar (Studi Kasus Pembelian Oriflame di Kalangan Mahasiswa). Maisyatuna, 2(3), 22 - 30. https://doi.org/10.53958/mt.v2i3.125

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>