Strategi Penyaluran Dana Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) Melalui Program Sosial di Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali

  • Bayu Maulana Ali STAI Denpasar Bali
  • Raden Agrosamdhyo STAI Denpasar Bali
  • Iswahyuni Iswahyuni STAI Denpasar Bali

Abstract

Zakat sebagai instrument pembangunan perekonomian dan pengentasan kemiskinan umat didaerah. Memiliki banyak keunggulan dibandingkan instrument fiskal konvesional yang kini telah ada. Oleh karena itu, dalam rangka penyaluran dana zakat sebagai sebuah kekuatan ekonomi masyarakat, maka keberadaan institusi zakat sebagai lembaga publik yang ada di masyarakat menjadi amat sangat penting. Adapun fokus dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi penyaluran dana ZIS program sosial di Laznas Dewan Da’wah Provinsi Bali? 2) Bagaimana penyaluran dana ZIS program sosial di Laznas Dewan Da’wah Provinsi Bali? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi penyaluran dana ZIS program sosial di Laznas Dewan Da’wah Provinsi Bali. 2) Untuk mengetahui penyaluran dana ZIS program sosial di Laznas Dewan Da’wah Provinsi Bali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Untuk menentukan informan, peneliti memilih informan yang mengerti tentang fokus dari penelitian ini. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian kualitatif antara lain, analisis data sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan model Miles and Huberman yang berisi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (kesimpulan). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Strategi yang diterapkan dalam penyaluran dana ZIS program sosial Laznas menggunakan tahapan survei, konfirmasi, pemberian dana dan monitoring. 2) penyaluran dana dari program sosial melalui beberapa sub-program agar dapat menjangkau lebih banyak yang membutuhkan.

References

[1] David, Fred R. 2002. Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Prenhalindo.
[2] Deddy, Mulyana. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[3] Doa, Djamal. 2004. Pengelolaan Zakat Oleh Negara Untuk Memerangi Kemiskinan. Jakarta: Nuansa Madani. cet. Ke. 1.
[4] Farida Prihatini, Hukum Islam Zakat dan Wakaf Teori dan Prakteknya di Indonesia (Fakultas Hukum Universitas Indonesia),
[5] Hafidhuddin, Didin. 2004. Zakat dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani.
[6] Institut Manajem Zakat. 2006. Profil 7 Badan Amil Zakat Daerah Provinsi dan Kabupaten Potensial di Indonesia. Ciputat: PT. Mitra Cahaya Utama, cet 1.
[7] Irawan, Eko. 2019. Analisis Penyaluran Dana Zakat, Infak, Dan Sedekah Di Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Bmh) Perwakilan Bengkulu, Ekonomi dan Bisnis Islam.
[8] Lili Bariadi, Muhammad Zen, M. Hudi. 2005. Zakat dan Wirausaha. Ciputat: CED.
[9] Muhammad. 2004. Ekonomi Makro Dalam Persepktif Islam. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
[10] Nurdin Mhd. Ali. 2006. Zakat Sebagai Instrumen dalam Kebijakan Fiskal. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[11] Qardawi, Yusuf. 1991. Hukum Zakat, Jakarta: Lentera.
[12] Sakti, Ali. 2007. Analisis Teoritis Islam Jawaban Atas Kekacauan Ekonomi Modern. Jakarta: Paradigma dan AQSA Publishing.
[13] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[14] Sumodiningrat, Gunawan. 1999. Pemberdayaan Masyarakat Dan Jaringan Pengaman Social. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[15] Umar, Husain. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[16] Zikraaini, Nur. 2019. Mekanisme Penyaluran Dana Zakat, Infak Dan Sedekah Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Kota Palopo (Studi Pemberdayaan Umat), Ekonomi dan Bisnis Islam.
Published
2021-11-30
How to Cite
Ali, B., Agrosamdhyo, R., & Iswahyuni, I. (2021). Strategi Penyaluran Dana Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) Melalui Program Sosial di Laznas Dewan Dakwah Provinsi Bali. Maisyatuna, 2(3), 31 - 40. https://doi.org/10.53958/mt.v2i3.126

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>