PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v10i2.872Keywords:
Pancasila, pendidikan multikultural, keragaman, inklusivitasAbstract
Pancasila sebagai ideologi negara memiliki peran penting dalam membentuk karakter bangsa Indonesia yang multikultural. Pendidikan multikultural menjadi salah satu cara untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Pancasila sebagai paradigma pendidikan multikultural di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pancasila dapat menjadi landasan bagi pendidikan multikultural di Indonesia karena nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, seperti toleransi, keadilan, dan persatuan, dapat mempromosikan keragaman dan inklusivitas. Implementasi Pancasila dalam pendidikan multikultural dapat dilakukan melalui kurikulum, metode pembelajaran, dan lingkungan sekolah yang inklusif.
References
Abdillah, M. (2018). Demokrasi, pluralisme, dan integrasi nasional. Jakarta: Kencana.
Azyumardi, A. (2015). Pendidikan Islam dan tantangan multikulturalisme di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Banks, J. A. (2013). Multicultural education: Issues and perspectives (8th ed.). New York: Wiley.
Budiyono, A. (2019). Pancasila sebagai paradigma dalam pendidikan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Nasional, 11(2), 120–132.
Burhanuddin, H. (2020). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran untuk memperkuat pendidikan multikultural. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 210–225.
Darmawan, C. (2017). Pendidikan multikultural di Indonesia: Urgensi, konsep, dan implementasi. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 35–48.
Fauzan, M. (2021). Pancasila dan identitas nasional dalam konteks keberagaman budaya. Jurnal Filsafat Pancasila, 5(1), 44–58.
Kaelan, M. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Lestari, S. (2019). Implementasi nilai-nilai kebhinekaan dalam kurikulum pendidikan nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 255–268.
Mahfud, C. (2017). Pendidikan multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naim, N., & Sauqi, A. (2017). Pendidikan karakter dan multikulturalisme. Bandung: Angkasa.
Samodra, H. (2020). Peran Pancasila sebagai paradigma pendidikan multikultural di sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 99–112.
Tilaar, H. A. R. (2012). Pedagogik kritis: Perkembangan dan perubahan masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Widiatmadja, L. (2021). Pendidikan berbasis nilai Pancasila dalam menghadapi dinamika masyarakat multikultural. Jurnal Pendidikan Kebangsaan, 4(1), 15–29.