PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA

Authors

  • Hairul Amren Politeknik Penerbangan Medan
  • Ardian Syahputra Politeknik Penerbangan Medan
  • Noel Alinsky Saragi Politeknik Penerbangan Medan
  • An Nisa Nur Az Zahra Politeknik Penerbangan Medan
  • Nayla Arifa Zerina Politeknik Penerbangan Medan

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v10i2.872

Keywords:

Pancasila, pendidikan multikultural, keragaman, inklusivitas

Abstract

Pancasila sebagai ideologi negara memiliki peran penting dalam membentuk karakter bangsa Indonesia yang multikultural. Pendidikan multikultural menjadi salah satu cara untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Pancasila sebagai paradigma pendidikan multikultural di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pancasila dapat menjadi landasan bagi pendidikan multikultural di Indonesia karena nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, seperti toleransi, keadilan, dan persatuan, dapat mempromosikan keragaman dan inklusivitas. Implementasi Pancasila dalam pendidikan multikultural dapat dilakukan melalui kurikulum, metode pembelajaran, dan lingkungan sekolah yang inklusif.

References

Abdillah, M. (2018). Demokrasi, pluralisme, dan integrasi nasional. Jakarta: Kencana.

Azyumardi, A. (2015). Pendidikan Islam dan tantangan multikulturalisme di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Banks, J. A. (2013). Multicultural education: Issues and perspectives (8th ed.). New York: Wiley.

Budiyono, A. (2019). Pancasila sebagai paradigma dalam pendidikan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Nasional, 11(2), 120–132.

Burhanuddin, H. (2020). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran untuk memperkuat pendidikan multikultural. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 210–225.

Darmawan, C. (2017). Pendidikan multikultural di Indonesia: Urgensi, konsep, dan implementasi. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 35–48.

Fauzan, M. (2021). Pancasila dan identitas nasional dalam konteks keberagaman budaya. Jurnal Filsafat Pancasila, 5(1), 44–58.

Kaelan, M. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Lestari, S. (2019). Implementasi nilai-nilai kebhinekaan dalam kurikulum pendidikan nasional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 255–268.

Mahfud, C. (2017). Pendidikan multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naim, N., & Sauqi, A. (2017). Pendidikan karakter dan multikulturalisme. Bandung: Angkasa.

Samodra, H. (2020). Peran Pancasila sebagai paradigma pendidikan multikultural di sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 99–112.

Tilaar, H. A. R. (2012). Pedagogik kritis: Perkembangan dan perubahan masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiatmadja, L. (2021). Pendidikan berbasis nilai Pancasila dalam menghadapi dinamika masyarakat multikultural. Jurnal Pendidikan Kebangsaan, 4(1), 15–29.

Downloads

Published

2025-12-20

How to Cite

Hairul Amren, Ardian Syahputra, Noel Alinsky Saragi, An Nisa Nur Az Zahra, & Nayla Arifa Zerina. (2025). PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA. Widya Balina, 10(2), 213–220. https://doi.org/10.53958/wb.v10i2.872