EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BERBASIS MODEL PPE DI MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA

Authors

  • Anisa Anisa Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Kalimantan Tengah
  • Adisti Aulia Sudrajat Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Kalimantan Tengah
  • Miranda Miranda Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Kalimantan Tengah
  • Muhammad Rieza Fachlevi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Kalimantan Tengah
  • Jasiah Jasiah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v10i1.765

Keywords:

Efektivitas, Aplikasi mobile, Model PPE, Lumio by Smart

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa efektivitas penggunaan aplikasi mobile berbasis Lumio by Smart dengan menggunakan model ppe di MA Darul Ulum Palang Raya. Dimana penelitian ini bertujuan juga membantu di sekolah tersebut untuk menerapkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk lebih mudah dipahami mencapai tujuan dan keinteraktifan antara guru dan siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan siswa MA kelas X di Darul Ulum Palangka Raya sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui mempersiapkan produk media aplikasi mobile berbasis Lumio by Smart selanjutnya observasi, uji coba produk dan pengisian angket. Penelitian ini melibatkan siswa sebagai parsipan untuk mengukur sejauh mana keefektifan penggunaan aplikasi mobile berbasis Lumio by Smart.

References

Achmad Faqihuddin. (2024). Media Pembelajaran PAI: Definisi, Sejarah, Ragam dan Model Pengembangan. Idarotuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1–15. https://doi.org/10.29313/idarotuna.v1i1.3780
Antoni, A. (2023). Konsep Aplikasi Mobile Pembelajaran Dan Media Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 15(02).
Azis, A., Liadi, F., Supriadi, G., & Wardah, N. (2023). Penanaman Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di SMA IT Al-Madaniyah Samuda Kabupaten Kotawaringin Timur.
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran.
Dakir, D. (2020). Manajemen psep dan implementasinya di sekolah dan madrasah.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33
Fathimah Raniyah, Nur Hasnah, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Pengembangan Strategi Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 29–37. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2438
Fauzan, T. S. (2024). Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pai Di Man 2 Yogyakarta. 2.
Hidayatullah, M. T., Asbari, M., Ibrahim, M. I., & Faidz, H. H. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia.
Irna, I. (2023). Pentingnya Permainan Anak Dalam Kajian Al-Qur’an Dan Hadits. Journal Of Responsible Tourism, 3(1), 207–214. https://doi.org/10.47492/jrt.v3i1.2733
Izzan, A., & Nuraeni, N. (2023). Media Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 31. Masagi, 2(1), 54–60. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.378
Jasiah, J. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Budaya Lokal Di IAIN Palangka Raya. Anterior Jurnal, 19(1), 148–152. https://doi.org/10.33084/anterior.v19i1.1199
Jasiah, J., Mazrur, M., Hartati, Z., Rahman, A., Kibtiyah, M., Liadi, F., & Fahmi, F. (2024). Islamic teachers’ implementation of the merdeka curriculum in senior high schools: A systematic review. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(4), 394-408.
Komariah, K., Hamdanah, H., & Surawan, S. (2021). Strategi Guru Pai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spritual Siswa Secara Daring. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 43. https://doi.org/10.30659/jpai.4.1.43-52.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Masjkur, M. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Self Control Remaja Di Sekolah. At-Tuhfah, 7(1), 19–36. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v7i1.114.
Masitha (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. JUPE Volume 08 Nomor 03 Tahun 2020, 101 -108
Mubarok, M. S., Kurniasih, N., & Qomaruzzaman, B. (2023). Fasilitas Belajar, Teknologi Pendidikan, dan Penerapannya dalam Pembelajaran PAI: Menuju Pendidikan 4. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9287–9297. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3165
Muhammad Ali Sibram, M. (2014). Pendidikan karakter melalui rekonstruksi pendidikan agama. Tarbiyatuna: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1-21.
Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. 1.
Puspitasari, A., Muslimah, M., & Lutfi, S. (2024). Muhadhoroh sebagai Training Public Speaking dalam Meningkatkan Self-Confidence Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1276–1283. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1106.
Rahmadani, S. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Tinjauan Literatur Kualitatif.
Salomo Leuwol, F., Basiran, B., Solehuddin, Moh., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 988–999. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.899
Sapuadi, S., & Nuraini, N. (2019). Upaya Pendidikan Akhlak di SMA Muhammadiyah Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. EL-Ghiroh, 16(01), 51–63. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.74.
Sari, A. M., Rosita, D., & Subastian, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lumio By Smart pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Samarinda.
Septyani, S., Fauzi, Z., & Haryadi, R. (2021). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Sma. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(1), 6. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3316
Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908
Wardatul Janah, S., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Lumio By Smart Pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di Kelas VII MTs AlKhairiyah Pipitan. Journal on Education, 6(1), 8041–8047. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4217
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Anisa, A., Sudrajat, A. A., Miranda, M., Fachlevi, M. R., & Jasiah, J. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BERBASIS MODEL PPE DI MA DARUL ULUM PALANGKA RAYA. Widya Balina, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.53958/wb.v10i1.765