Pemanfaatan Video Pembelajaran Dan Game Edukasi Puzzle Untuk Meningkatkan Interaktif Siswa Pada Mata Pembelajaran Fiqih Materi Puasa Di SMP Darul Ulum Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.630Keywords:
Video Pembelajaran, Game Edukasi Puzzle, Interaktif Siswa, Fiqih PuasaAbstract
Abstract. Based on research at Smp Darul Ulum Palangka Raya, the learning process is still relatively passive due to the lack of utilization of learning media, which still seems like learning with lecture methods by teachers so that there is a lack of student interactivity in the learning process, especially in islamic religious education subjects, namely fiqh. Therefore, the results of the study show that teachers do not utilize learning media during learning so that student interactivity is lacking in learning so that they get bored quickly, do not understand and students do not participate actively in learning. So with this, researchers try to help overcome the use of learning media, especially in fiqh learning subjects, so that teachers and students can interact and interact and achieve learning goals.
Abstrak. Berdasarkan Penelitian di Smp Darul Ulum Palangka Raya bahwa proses pembelajaran masih terbilang pasif dikarenakan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, yang masih terkesan pembelajaran dengan metode ceramah oleh guru sehingga kurangnya interaktif siswa selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan media pembelajaran yaitu menggunakan video pembelajaraan serta game edukasi puzzle untuk meningkatkan interaktif siswa dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu fiqih. Oleh karena itu dari hasil penelitian bahwasannya guru kurang memanfaatkan media pembelajaran selama pembelajaran berlangsung sehingga interaktif siswa kurang dalam pembelajaran sehingga cepat bosan, kurang memahami dan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Maka dengan ini peneliti mencoba membantu mengatasi pemanfaatan media pembelajaran terkhusus pada mata pembelajaran fiqih, agar guru dan siswa bisa berinteraktif dan mencapai tujuan pembelajaran.
References
[2] Dzulhijah, F., Salsabila, S. S., & Daidaban, M. B. L. (2023). Puasa senin kamis dalam segi kesehatan. 1.
[3] Farida, F., & Ester, E. (2020). Pengajaran mengenai puasa menurut yesaya 58:1-12. Jurnal Teologi Praktika, 1(2), 121–136. https://doi.org/10.51465/jtp.v1i2.16
[4] Fatimah, D. D. S., Tresnawati, D., Ma’rup, C. S., & Sekolah Tinggi Teknologi Garut. (2015). Perancangan game puzzle untuk pembelajaran menggunakan metodologi multimedia. Jurnal Algoritma, 14(2), 281–287. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.14-2.281
[5] Haryanto, H., & Lakoro, R. (2024). Game edukasi “evakuator” bergenre puzzle dengan gameplay berbasis klasifikasi sebagai sarana pendidikan dalam mitigasi bencana. 11(1).
[6] Ibrahim, D. (2019). Al-qawa`id al-fiqhiyah (kaidah-kaidah fiqih).
[7] Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi Video dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), 105–112. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i10.508
[8] Kuswanto, E. (2024). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMA ISLAM.
[9] Ma-deeyoh, A. (2018). Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).
[10] Masykur, M. R. (2019). Jurnal Al-Makrifat Vol 4, No 2, Oktober 2019.
[11] Muslih, H., & Roslaeni, E. (2024). Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.
[12] Nafiisah, J. (2023). Analisis Penggunaan Media Canva Puzzle Pendidikan Agama Islam Kelas III Tema Tata Cara Sholat di SDN 1 Dodogan.
[13] Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
[14] Partini, A. W., & Fakhruddin, A. (2021). Manfaat Puasa Dalam Perspektif Islam Dan Sains. 7(1).
[15] Resti Nur Lailia Qodriani, Asrori, & Rusman. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 326–339. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689
[16] Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
[17] Sa’Diah, H. T. (2017). KORELASI HASIL BELAJAR FIQIH DANPENGAMALAN IBADAH SISWA KELAS VIIDI MTsN KUMAI KABUPATEN KOTAWARINGINBARAT.
[18] Septyani, S., Fauzi, Z., & Haryadi, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(1), 6. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3316
[19] Setiawan, A. (2019). MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH (Analisis Implementasi Media Pembelajaran Berbasis PAI). 10.
[20] Setiawati, T. (2018). Penanaman Nilai-nilai Karakter pada Pendidikan Agama Islam melalui Metode Permainan di Sekolah Dasar. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(1). https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3856
[21] Syaifi, M. (2019). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM IBADAH PUASA RAMADHAN.
[22] Tiara Febriani Harahap & Zainal Efendi Hsb. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 292–301. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1468
[23] Yudi (2017) Penerapan media video dalam pembelajaran fiqih materi thaharah kelas VII MTs As Shalatiyah Danau Sembuluh Seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
[24] Zabidi, A. (2019). KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI SD SEKECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG.
[25] Zarkasi, Z., & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 169–188. https://doi.org/10.21093/sy.v7i2.1787