Pendidikan Karakter Untuk Pencegahan Praktik Bullying Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.720Keywords:
Pendidikan Karakter, Pencegahan Praktik BullyingAbstract
Meningkatnya kasus bullying yang terjadi di sekolah saat ini menjadi salah satu masalah utama dalam sistem pendidikan saat ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya berita tentang ramainya kasus bullying di sekolah. Pendidikan karakter merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan dalam mengatasi dan mencegah terjadinya bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Mengetahui penerapan pendidikan karakter di MTs Insan Mulia Jimbaran; 2) Bentuk pencegahan praktik bullying di MTs Insan Mulia Jimbaran; 3) Bagaimana pengelolaan pendidikan karakter dalam pencegahan praktik bullying di MTs Insan Mulia Jimbaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari wawancara dan observasi, dan sekunder yang didapatkan dari dokumentasi yang berasal dari MTs Insan Mulia. Hasil dari penelitian; 1) Pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Insan Mulia dilakukan dengan menerapkan beberapa nilai seperti nilai agama, kejujuran, keadilan, kebijaksanaan yang diintergrasikan ke dalam kegiatan intrakulikuler, kokurikuler, dan ekstrakulikuler; 2) Bentuk pencegahan praktik bullying di MTs Insan Mulia berupa tata tertib/peraturan, konseling behavior, diberikan pemahaman dan pengetahuan, dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua; 3) Pengelolaan pendidikan karakter di MTs Insan Mulia dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
References
Amrillah, M., & Assauqi, A. K. 2020. “Pendidikan Karakter dalam Persepektif Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan Thomas Lickona”. Jurnal Komunikasi Islam. Vol 1 No. 02.
Anwar, K., & Karneli, Y. 2020. “The Relationship between Bullying Behavior and Students; Social Interaction Ability”. Jurnal Neo Konseling. Vol. 2 No. 4.
Fahham, A. M. 2024, February. “Kekerasan Pada Anak Di Satuan Pendidikan”. Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI.
Lickona, T. 2013. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara.
Moleong, L. J. 2017. “Konsep Dasar Penelitian Kualitatif”. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nazmudin, D., Asmuni, A., & Zuhri, S. 2022. “Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Zarnuji dan Thomas Lickona”. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 7.
Ningsih, T. 2021. Pendidikan Karakter Teori dan Praktik. Rumah Kreatif Wadas Kelir. Novalinda, R., Ambiyar, & Rizal, F. 2020. “Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal
Oriented”. Jurnal Pendidikan. Vol 18 No. 1.
Pepler, D. 2014. “Bullying Prevention and Intervention in the school Environment: Factsheets and Tools”. Canada: Prevnet.
Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. 2021. “Analisa Penyebab Bullying dalam Kasus Pertumbuhan Mental dan Emosional Anak”. Jurnal Prasasti Ilmu.
Ramadhani, J., Sugiatno, Sahub, A., & Wanto, D. 2020. Pendidikan Karakter Di Sekolah dasar. LP2 IAIN Curup.
Ramli, N. 2020. “Pendidikan Karakter (Sudirman, Ed.)”. IAIN PAREPARE NUSANTARA PRESS.
Suryati, R., Akrim, & Prasetia, I. 2022. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMP Negeri 3 Medan”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol. 4 No. 6.