Kontekstualisasi Asbabun Nuzul dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Relevansi dan Tantangan di Era Digital

Authors

  • Lalu Muhammad Iqbal Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v8i1.705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontekstualisasi asbabun nuzul dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya dalam menghadapi tantangan dan dinamika era digital. Asbabun nuzul, yang merujuk pada latar belakang historis turunnya ayat-ayat Al-Qur'an, memiliki peran signifikan dalam memperkuat pemahaman konteks teks dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Di era digital, keberadaan teknologi informasi menawarkan berbagai kemudahan dalam mengakses sumber-sumber Islam, namun di sisi lain juga menghadirkan tantangan, seperti informasi yang terfragmentasi dan potensi misinterpretasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan wawancara mendalam pada guru PAI di beberapa sekolah menengah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi asbabun nuzul dalam pembelajaran PAI mampu memperkaya pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Al-Qur'an yang relevan dengan tantangan modern, seperti etika bermedia sosial, pengelolaan konflik, dan penguatan moderasi beragama. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan kompetensi digital guru, kurikulum yang belum sepenuhnya adaptif, serta pengaruh media sosial yang sering kali mendistorsi narasi Islam. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum PAI yang lebih kontekstual dan berbasis digital, pelatihan guru terkait literasi digital Islam, serta kolaborasi dengan platform teknologi untuk menghadirkan konten asbabun nuzul yang autentik dan menarik. Dengan langkah ini, asbabun nuzul dapat menjadi media efektif dalam membangun pemahaman agama yang relevan dan kontributif di era digital.

References

Abu Zaid, Nasr Hamid, Mafhum An-Nash (Beirut: Al-Markaz al-Tsaqafi Al-Arabi)
_______________Tekstualitas al-Quran. Terj. Khairon Nahdliyin (Yogyakarta: LKiS, 2003) cet. 3
Al-Qurtuby, Abu Abdillah Muhammad ibnu Ahmad al-Anshary, al-Jami' li Ahkam al-Qur’an (Beirut: Dar al-Fikr, 1998) Jilid 6, Juz 12.
Al-Shabuni, Muhammad, At-Tibyan fi Ulum Al-Quran (Beirut: Darul Kutub Al-Islamiyah, 2003
Al-Tahanawi, Kasf Istilah al-Funun, (al-Qohirah: al-Hai'ah al-Masriyah) Jilid 3
Al-Thabary, Abu Ja’far Muhammad Ibnu Jarir, Tafsir al-Thabary (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1999) Jilid 9
Al-Qattan, Manna Khalil, Mabahits fi Ulum Al-Quran (Riyadh: Mansyurat al-Ashr Al-Hadis, 1973)
Al-Wadi'i, Muqbil bin Hadi, Shahih Asbabunnuzul, terj. Imanuddin Kamil (Jakarta: Pustaka Al-Sunnah, 20017) cet. 1.
Al-Zarkasy, Badruddin Muhammad bin Abdullah, al-Burhan Fi Ulum al-Qur’an (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1988) cet I, Jilid I.
Al-Zarqani, Muhammad Abdul Azim, Manahil al-‘Irfan, Dar Ihya’ al-Kutub al-Arabiyah, tth.
Ibnu Abdirrahman, Abi Amr Utsman, Muqaddimah Ibnu Shalah fi Ulum Hadist, Dar Zahid al-Qudsy, Cairo, tth.
Ibn Katsir, Abu al-Fida Ismail, Tafsir al-Qur’an al-Azim (Beirut: Muassasah al-Kutub al-Tsaqafiyah, 1998) cet v1, jilid 1.
Ibnu Manzur, lisan al-Arab, Bulaq, Jilid, I
Imam Abi Hasan Ali Ibnu Ahmad al-Wahidy al-Naisabury, Asbabun Nuzul, Dar al-Hadist, Cairo, cet IV, 1998.
Komaruddin Hidayat, Memahami Bahasa Agama; sebuah kajian hermeneutika (Jakarta: Paramadina, 1996)
M. Nur Ichwan, Hermeneutika al-Quran: Analisis Peta Perkembangan Metodologi Tafsir Al-Quran Kontemporer, (Yogyakarta: Fak. Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga, 1995)
Nasr, Sayyed Hosein, Islam dalam cita dan fakta (Jakarta, Leppenas, 1998)
Taqiyuddin Ahmad Ibnu Taymiyah, Majmuah al-Fatawa, Dar al-Wafa, Mansurah, 1998, jilid 7,juz 13, cet II
Shahih al-Bukhari al-juz al- Khas fi Tafsir, juz 4
Shahrur, Muhammad, Prinsip dan Dasar Hermeneutika al-Quran Kontemporer, terj. Sahiron Syamsudin (Yogyakarta: eLSAQ Press, 2004) cet. 4
Syukri Saleh, Ahmad, Metodologi Tafsir Al-Quran Kontemporer dalam Pandangan Fazlur Rahman (Jambi: Sulthan Thaha Press, 2007)

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Muhammad Iqbal, L. (2023). Kontekstualisasi Asbabun Nuzul dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Relevansi dan Tantangan di Era Digital. Widya Balina, 8(1). https://doi.org/10.53958/wb.v8i1.705