Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pengajaran ESP Dalam Kemerdekaan Belajar

  • I Komang Dedik Susila Universitas Dwijendra
  • I Gusti Ayu Istri Aryasuari Universitas Dwijendra
Keywords: pembelajaran berdiferensiasi, esp, kemerdekaan belajar

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pengetahuan dan minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan dan tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pengajaran ESP dalam kemerdekaan belajar. Subyek dari penelitian ini adalah dua instruktur Bahasa Inggris yang mengajar mata latih English for Culinary dan English for FB Service yang mengajar pada Program Desember tahun ajaran 2022/ 2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah interview mendalam. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode analisis data Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keunggulan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran ESP di Mediterranean Bali adalah 1) sajian materi yang sesuai dengan tingkat pengetahuan, preferensi belajar, dan minat peserta didik, 2) memberikan pembelajaran yang bermakna atau berkorelasi dengan kehidupan peserta didik, 3) perasaan untuk mencapai kesuksesan, 4) dan dapat memotivasi peserta didik dalam belajar. Sedangkan tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah 1) memerlukan lebih banyak waktu persiapan, 2) mengatur waktu dengan baik, 3) memperlakukan peserta didik dengan ideal, 4) dan kekurangan waktu untuk fokus pada perkembangan individu.

References

Sugianto, “Pembelajaran Berdiferensiasi: Antara Manfaat dan Tantangannya,” Balai Guru Penggerak, 2022. https://shorturl.at/flmyC

C. A. Tomlinson, The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. Virginia: Ascd, 1999.

T. Hutchinson and A. Waters, English for Specific Purposes, A Learning-centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press, 1987.

Suyanto, “Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar,” KOMPAS, 2020. [Online]. Available: https://suyanto.id/implikasi-kebijakan-merdeka-belajar/

Sherly et al., Manajemen Pendidikan : Tinjauan Teori dan Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2020.

N. Hendri, “Merdeka Belajar: Antara Retorika dan Aplikasi,” E-Tech, vol. 8, no. 1, 2020.

Marlina, Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: PLB FIP UNP, 2019.

Y. Ratnasari, “Saintific Approach for Gifted Children and Underachievement to Curriculum 2013 Implementation,” in International Seminar on Special Education for Southeast Asia Region: 5th Series 5, 2015.

A. Mukti and A. Sayekti, “Gerbang; Majalah Pendidikan.,” 2003.

P. C. Robinson, ESP Today: Practitioner’s Guide. New York: Prentice Hall, 1991.

T. Dudley-Evans and M. J. St. John, Developments in English for Specific Purposes. Cambridge: Cambridge University Press, 1998.

A. Faiz, A. Pratama, and I. Kurniawaty, “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2846–2853, 2022.

T. Rumhadi, “Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran,” J. Diklat Keagamaan, vol. 11, no. 1, pp. 33–41, 2017, [Online]. Available: bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download

H. Syabrus, “Kesiapan dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Kejuruan Kota Pekanbaru.,” J. Pendidik. Ekon. dan Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 24–30, 2015, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/8919/kesiapan-dalam-pelaksanaan-proses-belajar-mengajar-sekolah-menengah-kejuruan-kot

A. Salabi, “Konsepsi Manajemen Kelas: Masalah Dan Pemecahannya,” J. Tarb. (Jurnal Ilm. Kependidikan), vol. 5, no. 2, 2016.

N. A. Wiyani, Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Published
2023-06-01
How to Cite
Susila, I. K., & Aryasuari, I. G. A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pengajaran ESP Dalam Kemerdekaan Belajar. Widya Balina, 8(1), 585 - 592. https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.233