Perkembangan Organisasi Penyelenggara Lembaga Pendidikan Islam Yayasan Al-Ma'ruf Denpasar Tahun 2004 - 2020

Authors

  • Dina Delda Sari Pulungan STAI Denpasar Bali
  • Jumari Jumari STAI Denpasar Bali
  • Imam Muhayat STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v6i2.113

Keywords:

Perkembangan Organisasi, Lembaga Pendidikan Islam, Yayasan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya informasi yang lengkap, baik dari buku-buku maupun naskah-naskah kajian keagamaan tentang permasalahan dan perkembangan organisasi penyelenggara lembaga pendidikan Islam khususnya di Bali. Juga, keunikan-keunikan di Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar yang ditemukan dari studi pendahuluan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perkembangan organisasi penyelenggara lembaga pendidikan Islam Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar tahun 2004–2020?; dan 2) Apa kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar khususnya pada masa awal pendiriannya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana perkembangan organisasi penyelenggara lembaga pendidikan Islam Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar tahun 2004–2020; dan 2) Apa kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar khususnya pada masa awal pendiriannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Dari deskripsi lokasi penelitian membuktikan adanya kesigapan, kepatuhan, dan kecermatan yayasan terhadap kondisi internal dan eksternal yayasan. Selain mengalami evolusi yang demikian pesat, Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar juga mengalami stagnasi dan involusi pada beberapa aktivitasnya, dan 2) Kendala terbesar yang dihadapi yayasan, yakni; penyediaan lahan dan bangunan, persetujuan ijin dari lingkungan, serta kesiapan SDM yang profesional, qualified, dan kompeten. Solusi yang dilakukan yayasan, yakni; dengan sewa kontrak lahan, topangan dana dari usaha yayasan, pendekatan persuasif kepada masyarakat sekitar maupun pejabat terkait, dan meminta bantuan tenaga ahli termasuk guru dan staf dari Jawa.

References

[1] BPS Provinsi Bali. 2021. Provinsi Bali dalam Angka 2021:Bali Province in Figures 2021. Denpasar: BPS Provinsi Bali, 2021
[2] Dirjend Pendidikan Islam. 2006. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI (tidak diperjual belikan)
[3] Effendhie, M. Organisasi Tata Laksana dan Lembaga Kearsipan. (Online), h. 1.8, (http://repository.ut.ac.id/, diakses tanggal 4 Juli 2021)
[4] Farhana, Ismi. 2019. Peran Yayasan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Fatahillah Jakarta Selatan. Skripsi, (Online), (https://repository.uinjkt.ac.id/, diakses tanggal 4 Juni 2021
[5] Hasbullah. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
[6] Herawan, Endang. 2007. Hand Out Materi Program Perkuliahan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
[7] Hidayati, Tetra. 2020. Pengembangan dan Perubahan Organisasi. Surabaya: PT Muara Karya
[8] Hurlock, E. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
[9] Kemdikbud RI. KBBI Daring. (Online), (https://kbbi.kemdikbud.go.id, diakses tanggal 4 Juni 2021)
[10] Kemenag RI. 2018. Statistik Umat Beragama Setiap Provinsi di Indonesia tahun 2018. (Online),(https://data.kemenag.go.id, diakses tanggal 4 Juni 2021)
[11] Kemensesneg RI. UU No. 28 tahun 2004 tentang Perubahan atas UU No. 16 tahun 2001 tentang Yayasan
[12] Kemensesneg RI.. PP No. 2 tahun 2013 tentang Perubahan atas PP No. 63 tahun 2008 tentang Pelaksanaan UU tentang Yayasan
[13] Lapadengan, Tirsa. 2015. Fungsi Yayasan sebagai Badan Hukum Pengelolaan Pendidikan. Lex et Societatis, (Online), Vol. 3 No. 1 (https://ejournal.unsrat.ac.id/, diakses tanggal 4 Juni 2021)
[14] Mujib A., Mudzakkir J. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
[15] Nata, A. 2019. Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group
[16] Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati
[17] Sofjan, M. 2005. Modul Universitas Terbuka: Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Penerbit Karunika Universitas Terbuka
[18] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
[19] Sumarni. 2018. Peran dan Fungsi Yayasan dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, (Online), Vol. 16 (2) (https://jurnaledukasikemenag.org, diakses tanggal 4 Juni 2021)
[20] Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[21] Utami, A.B. Wibowo, E. and Utami, S.S. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Profesionalisme terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 11 No. 1, pp. 108–120

Downloads

Published

2021-12-10

How to Cite

Sari Pulungan, D. D., Jumari, J., & Muhayat, I. (2021). Perkembangan Organisasi Penyelenggara Lembaga Pendidikan Islam Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar Tahun 2004 - 2020. Widya Balina, 6(2), 293 – 305. https://doi.org/10.53958/wb.v6i2.113