Perkembangan Organisasi Penyelenggara Lembaga Pendidikan Islam Yayasan Al-Ma'ruf Denpasar Tahun 2004 - 2020
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v6i2.113Keywords:
Perkembangan Organisasi, Lembaga Pendidikan Islam, YayasanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya informasi yang lengkap, baik dari buku-buku maupun naskah-naskah kajian keagamaan tentang permasalahan dan perkembangan organisasi penyelenggara lembaga pendidikan Islam khususnya di Bali. Juga, keunikan-keunikan di Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar yang ditemukan dari studi pendahuluan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perkembangan organisasi penyelenggara lembaga pendidikan Islam Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar tahun 2004–2020?; dan 2) Apa kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar khususnya pada masa awal pendiriannya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana perkembangan organisasi penyelenggara lembaga pendidikan Islam Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar tahun 2004–2020; dan 2) Apa kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar khususnya pada masa awal pendiriannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Dari deskripsi lokasi penelitian membuktikan adanya kesigapan, kepatuhan, dan kecermatan yayasan terhadap kondisi internal dan eksternal yayasan. Selain mengalami evolusi yang demikian pesat, Yayasan Al-Ma’ruf Denpasar juga mengalami stagnasi dan involusi pada beberapa aktivitasnya, dan 2) Kendala terbesar yang dihadapi yayasan, yakni; penyediaan lahan dan bangunan, persetujuan ijin dari lingkungan, serta kesiapan SDM yang profesional, qualified, dan kompeten. Solusi yang dilakukan yayasan, yakni; dengan sewa kontrak lahan, topangan dana dari usaha yayasan, pendekatan persuasif kepada masyarakat sekitar maupun pejabat terkait, dan meminta bantuan tenaga ahli termasuk guru dan staf dari Jawa.
References
[2] Dirjend Pendidikan Islam. 2006. Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI (tidak diperjual belikan)
[3] Effendhie, M. Organisasi Tata Laksana dan Lembaga Kearsipan. (Online), h. 1.8, (http://repository.ut.ac.id/, diakses tanggal 4 Juli 2021)
[4] Farhana, Ismi. 2019. Peran Yayasan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Fatahillah Jakarta Selatan. Skripsi, (Online), (https://repository.uinjkt.ac.id/, diakses tanggal 4 Juni 2021
[5] Hasbullah. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
[6] Herawan, Endang. 2007. Hand Out Materi Program Perkuliahan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
[7] Hidayati, Tetra. 2020. Pengembangan dan Perubahan Organisasi. Surabaya: PT Muara Karya
[8] Hurlock, E. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
[9] Kemdikbud RI. KBBI Daring. (Online), (https://kbbi.kemdikbud.go.id, diakses tanggal 4 Juni 2021)
[10] Kemenag RI. 2018. Statistik Umat Beragama Setiap Provinsi di Indonesia tahun 2018. (Online),(https://data.kemenag.go.id, diakses tanggal 4 Juni 2021)
[11] Kemensesneg RI. UU No. 28 tahun 2004 tentang Perubahan atas UU No. 16 tahun 2001 tentang Yayasan
[12] Kemensesneg RI.. PP No. 2 tahun 2013 tentang Perubahan atas PP No. 63 tahun 2008 tentang Pelaksanaan UU tentang Yayasan
[13] Lapadengan, Tirsa. 2015. Fungsi Yayasan sebagai Badan Hukum Pengelolaan Pendidikan. Lex et Societatis, (Online), Vol. 3 No. 1 (https://ejournal.unsrat.ac.id/, diakses tanggal 4 Juni 2021)
[14] Mujib A., Mudzakkir J. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media
[15] Nata, A. 2019. Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group
[16] Shihab, M. Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati
[17] Sofjan, M. 2005. Modul Universitas Terbuka: Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Penerbit Karunika Universitas Terbuka
[18] Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
[19] Sumarni. 2018. Peran dan Fungsi Yayasan dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, (Online), Vol. 16 (2) (https://jurnaledukasikemenag.org, diakses tanggal 4 Juni 2021)
[20] Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[21] Utami, A.B. Wibowo, E. and Utami, S.S. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Profesionalisme terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Vol. 11 No. 1, pp. 108–120