Elokuensi Lebaran dalam Filosofi Masyarakat Jawa
DOI:
https://doi.org/10.53958/ft.v4i2.196Keywords:
Lebaran ,Filososfi,Masyarakat JawaAbstract
Tradisi agama Islam di masyarakat sering disalah pehami, akibat dangkalnya pemahaman esensi simbol budaya, maka diperlukan pemahaman atas sebuah tradisi yang berkembang di masyarakat. Artikel ini bertujuan mengungkap elokuensi lebaran dalam filosofi masyarakat Jawa, dengan mengkaji lebih jauh dari sudut pandang filosofis. Tulisan ini merupakan temuan penelitian kepustakaan kualitatif dengan menghimpun data litere, mengambil teori filsafat Jawa kemudian dianalisis induktif. Hasil penelitaian menunjukkan: Lebaran dalam filosofi Jawa disimbolisasikan dengan kupat terbuat dari beras yang dibungkus janur kemudian dimasak, menunjukkan manusia memiliki nafsu yang mesti dikendalikan dengan hati nurani. Kupat mengindikasikan laku papat, bahwa pasca menjalani puasa Ramadhan manusia mesti mau mengakui kesalahan, memohon maaf dan memberi maaf, berbagi kepada sesama, menjalani hidup dengan sikap sabar dan tenang, serta senantiasa menjaga kebersihan lahir dan batin. Implikasi penelitan, pengalaman spiritual melalui pendekatan esensi budaya dikedepankan. Penelitian berkontribusi bagi pendidikan Islam yang menyejukkan.
References
Aditya, R. (2021, April 22). “Arti Idul Fitri dan Lebaran yang Perlu Kamu Ketahui.” Suara.Com. https://www.suara.com/
Alfadhilah, J. (2022). Internalisasi Tasawuf dalam Dakwah Sunan Bonang. Swalalita (Journal of Dakwah Manajemant), 1(1), 89–104. http://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/aswalalita/article/view/239
Amin, M. (2018). “Ajaran Moral, Kata Bijak dan Filosofi Hidup Orang Jawa Lengkap.” Newkarma. https://muh-amin.com/
Aprilisa, H. A., & Setyawan, B. W. (2021). Makna Filosofis Tradisi Ambengan di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Bagi Masyarakat Tulungagung. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.32492/sumbula.v6i2.4554
Aulia, D. D., Maulidi, R. P., Marjohan, M., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Landasan Filosofis Pendidikan. Journal on Education, 5(1), 432–441. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.630
Auni, L., & Nidawati, N. (2023). The Semiotic Meaning and Philosophy of Symbols in the Gayo Ethnic Marriage Processions in Central Aceh. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(1), 39–58. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i1.811
Balki, N. N. B., Osman, R. B. A. H., & Mahzan, I. F. B. M. (2022). The use of art in the Islamic’s advocacy: the advocacy method of Sheikh Sunan Bonang as a model. Al Hikmah International Journal of Islamic Studies and Human Sciences, 5(101), 1–17. https://doi.org/10.46722/hikmah.v5i3a
Blau, A. (2020). Meanings and understandings in the history of ideas. Journal of the Philosophy of History, 14(2), 1–26. https://doi.org/10.1163/18722636-12341441
Dewi, A. S., Fitriani, E., & Amelia, L. (2022). Modal Sosial Tradisi Rewang pada Masyarakat Jawa Desa Beringin Talang Muandau Riau. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 4(1), 19–29. https://doi.org/10.24036/csjar.v4i1.102
Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Bila, S., Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin, W. (2022). Etnomatematika: Konsep Matematika pada Kue Lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247–256. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1255
Fauziah, A. E., Suprihatin, T., & Eprianti, N. (2022). Tinjauan Etika Bisnis Islam pada Tabungan Paket Lebaran Sembako. Bandung Conference Series: Sharia Economic Law, 2(1), 147–154. https://doi.org/10.29313/bcssel.v2i1.241
Febriyanti, A., & Ayundasari, L. (2021). Strategi Sunan Bonang melalui media seni dalam penyebaran dakwah Islam. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 688–694. https://doi.org/10.17977/um063v1i6p688-694
Fischer, E., & Guzel, G. T. (2023). The case for qualitative research. Journal of Consumer Psychology, 33(1), 259–272. https://doi.org/10.1002/jcpy.1300
Gumantia, A. (2020). “Piwulang Sunan Bonang; Puasa, Janur, dan Kupat.” VIVA.Co.Id. https://www.viva.co.id/
Habiburrahman, L. (2022). Telaah makna pendidikan Islam dalam ritual adat lebaran tinggi pada komunitas adat “wetu telu”di bayan lombok utara. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1994–2002. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2726
Halimah, L., Hidayah, Y., Heryani, H., Trihastuti, M., & Arpannudin, I. (2022). The meaning of maintaining a life philosophy of simplicity for life pleasure: A study in Kampung Naga, Tasikmalaya. Journal of Human Behavior in the Social Environment, 1–11. https://doi.org/10.1080/10911359.2022.2128489
Haryanto, S. (2013). Dunia Simbol Orang Jawa. Yogyakarta : Kepel Press.
Husiyah, N. I., & Imaduddin Ahmad, V. (2022). Tradisi Sedekah Laut Masyarakat Pantura Jawa Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Akademika, 16(1), 101–112. https://doi.org/10.30736/adk.v16i1.914
Jaya, I. M. L. M., Sawarjuwono, T., Sungkono, S.-, & Ilahiyah, M. E. (2021). Ethics, Behaviors, and Characters of Memayu Hayuning Bawono, Ambrasto Dur Hangkoro Accountant in Java. Jurnal Kajian Akuntansi, 5(2), 142–155. https://doi.org/10.33603/jka.v5i2.5110
KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/
Lamarre, A., & Chamberlain, K. (2022). Innovating qualitative research methods: Proposals and possibilities. Methods in Psychology, 6(2), 1–5. https://doi.org/10.1016/j.metip.2021.100083
Lyons, W. (2022). Philosophy and the Meaning of Life. Think, 21(60), 33–49. https://doi.org/10.1017/s1477175621000312
Maharani, P. (2020). Kemenangan Menahan Hawa Nafsu Sebuah Perbandingan Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Galungan. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 12(2), 120–147. https://doi.org/10.24014/trs.v12i2.13559
Mibtadin, M., & Habib, Z. (2022). Community religious expression through sholawat in Bangunrejo Kidul Kedunggalar Ngawi village. Jurnal Ilmu Dakwah, 42(1), 49–64. https://doi.org/10.21580/jid.v42.1.10922
Mulyono, S. (2008). Kamus pepak basa Jawa. Jakarta : Buku Kita.
Musman, A. (2015). 10 Filosofi Hidup Orang Jawa. Yogyakarta : Shira Media.
Nafi’ah, Z. (2022). Peran Tradisi Perhitungan Weton Perkawinan Ditinjau dari Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Dusun Lemah Jungkur, Desa Keniten, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri). Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 18(1), 46–56. https://doi.org/10.23971/jsam.v18i1.4224
Namgung, H. (2022). Designing a Method of Moral Education Based on an Integrated Approach to Moral Judgment. SAGE Open, 11(1), 2455–2465. https://doi.org/10.1177/21582440221079909
Nasiwan, N. (2012). Transformasi Kebudayaan Islam di Kotagede, Yogyakarta. INFORMASI, 38(2), 26–34. https://doi.org/10.21831/informasi.v2i2.4450
Nurmalia, Age, B., Suteja, A., & Lie, J. (2022). Pengaruh Penerapan Product-Market Fit Terhadap Strategi dan Kinerja CV Kaskun di Masa Lebaran. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.31092/kuat.v4i1.1492
Olmos-Vega, F. M., Stalmeijer, R. E., Varpio, L., & Kahlke, R. (2023). A practical guide to reflexivity in qualitative research: AMEE Guide No. 149. Medical Teacher, 45(3), 241–251. https://doi.org/10.1080/0142159X.2022.2057287
Pasaribu, E. N., & Yuwanto, L. (2021). Nguwongke Wong: Konsep Servant Leadership Masyarakat Jawa. Jurnal Diversita, 1(2), 59–61. https://doi.org/10.31289/diversita.v7i2.4871
Pratiwi, W. O., Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). Menelaah tujuan pendidikan indonesia dari perspektif filsafat barat dan islal: Study komparatfi pemikiran plato dan al-ghazali. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 61–74.
Reid, A., Ricklefs, M. C., Graaf, H. J. De, & Pigeaud, T. G. (1989). Chinese Muslims in Java in the Fifteenth and Sixteenth Centuries: The Malay Annals of Semarang and Cerbon. The American Historical Review, 94(2), 508. https://doi.org/10.2307/1866961
Syatori, A. (2022). Tasawuf Falsafi. PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu Dan Hikmah, 4(1), 104–138. https://doi.org/10.51498/putih.v7i1.84
Tazkiyah, D. (2022). Adaptasi Tradisi Angpao Saat Hari Raya Lebaran Di Purwokerto: Perspektif Teori Agil Talcott Parsons. Jurnal Cakrawala Mandarin, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.36279/apsmi.v6i1.156
Trisakti, T., Juwariyah, A., & Abida, F. I. N. (2022). Cultural and Philosophical Meanings of Sodoran Dance. Randwick International of Social Science Journal, 3(4), 783–787. https://doi.org/10.47175/rissj.v3i4.500
Tsygankov, A. S., & Obolevitch, T. (2021). S.L. Frank in the third Reich: Notes for a biography. Chelovek, 32(1), 109–127. https://doi.org/10.31857/S023620070014186-1
Vindrola-Padros, C., & Johnson, G. A. (2020). Rapid Techniques in Qualitative Research: A Critical Review of the Literature. Qualitative Health Research, 30(10), 1596–1604. https://doi.org/10.1177/1049732320921835
Warsini, W. (2022). Peran Wali Songo (Sunan Bonang) dengan Media Da’wah dalam Sejarah Penyebaran Islam di Tuban Jawa Timur. Asanka: Journal of Social Science And Education, 3(1), 23–45. https://doi.org/10.21154/asanka.v3i1.3832
Waryatno, N. F. P., Kinanti, N. P., & Taryono. (2022). Kondisi Pencemaran Udara pada Saat Periode Lebaran 2022 di Wilayah Jakarta. Buletin GAW Bariri, 3(2), 25 – 31. https://doi.org/10.31172/bgb.v3i2.68
Widayat, R. (2016). Wangun, Ora Wangun, Aèng: Kajian Estetika Barang Kagunan Interior Dalem Ageng di Rumah Kapangeranan Keraton Surakarta. In Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Surakarta : UNS Press.
Zoetmulder, P. ., & Robson, S. . (2011). Kamus Jawa Kuna Indonesia. Jakarta : Gramedia.