Implementasi Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Sibyan Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Santri Asrama SD Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Mojotengah Wonosobo

Authors

  • Nur Zaidatus Syarifah Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo
  • Robingun Suyud El Syam Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo
  • Ali Imron Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.53958/ft.v4i2.197

Keywords:

Hidayatus sibyan, Ilmu Tajwid, Kualitas Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan untuk meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an santri asrama SD Takhasus Al-Qur’an. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama penelitian meliputi santri kelas 4 di asrama SD Takahsus Al-Qur’an yang berjumlah 21 orang. Teknik analisis data menggunkan redukasi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa implementasi ilmu tajwid dalam kitab hidayataus sibyan untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dilakukan dalam bentuk klasikal berjalan baik, berdampak meningkatnya kemampuan santri menerapkan kaidah ilmu tajwid ketika membaca al-Qur’an. Implementasi didukung pengampu materi yang kompeten. Namun terbatasnya waktu dimana satu minggu hanya sekali, menjadikan target menjadi kurang maksimal. Implikasi, ketersediaan waktu lebih, memungkinan proposisi ideal tercapai.

 

References

Abdurroozzaq, N. (2022). Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan. Al-Ulum, 9(2), 148–154. https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1112

Amalia, E. F. (2023). Hasil wawancara dengan ustadzah pengampu pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Wawancara. 7 Maret 2023, Kalibeber Wonosobo.

Anggreini, N. L., & Putra, I. P. (2022). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Mobile. Jurnal Informasi Dan Komputer, 6(1), 91–100. https://doi.org/10.35959/jik.v10i1.300

Annisa, Y., & Surana, D. (2022). Studi Deskriptif terhadap Pembelajaran Ilmu Tajwid Pola K.H. Saefudin Ahmad dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 132–140. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2369

Anto, D. H., Idmansyah, I., Dendi, D., Sesmiarni, Z., & Rasyid, H. (2023). Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Peserta Didik. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 149–162. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.678

Arsyanti, C. (2023). Hasil wawancara dengan santri kelas 4 tentang materi pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Wawancara. 17 Februari 2023, Kalibeber Wonosobo.

Busyra, S. (2021). Diskursus Hermeneutika dan Kritik Terhadap Studi Qur’an Kontemporer. TRANSFORMATIF, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/tf.v5i1.2690

Carpinelli, C., Einarsson Reynis, E. T., Sigríður Islind, A., Stefánsson, H., & Óskarsdóttir, M. (2022). Green Intentions: Field Research and Data-Driven Analysis of Customers’ Purchasing Patterns. Sustainability (Switzerland), 14(16), 1–17. https://doi.org/10.3390/su14169863

Ependi, R. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam: Latar Belakang, Cakupan Dan Pola. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 79–96. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/26/29

Hakim, A., & Pratama, O. P. (2022). Al-Ahruf As-Sab’ah And Its Relationship With Al-Qirâ’ât; Theory and Refutation of Orientalist Criticism of the Qur’an. Takwil: Journal of Quran and Hadith Studies, 1(1), 17–31. https://doi.org/10.32939/twl.v1i1.1256

Harahap, A. A., & Sinaga, R. P. K. (2023). Peningkatan Cara Membaca Al- Qur’an Sesuai Dengan Hukum Ilmu Tajwid Dan Makhrajul Huruf. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 159–165. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.905

Humaidi, & Syarif. (2021). Peta Studi al-Qur’an Tiga Kawasan: Timur Tengah, Barat dan Indonesia. Jurnal Syahadah, 9(1), 1–24. http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/331

Kementerian Agama. (2020). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Khalid, I. (2017). Al-Quran Kalamullah Mukjizat Terbesar Rasulullah Saw. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 5(1), 39–71. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v5i01.4332

Kosasih, A., Supriyadi, T., Firmansyah, M. I., & Rahminawati, N. (2022). Higher-Order Thinking Skills in Primary School: Teachers’ Perceptions of Islamic Education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 9(1), 56–76. https://doi.org/10.29333/ejecs/994

Nasution, A. F., & Sibuea, N. (2022). Analisis Hubungan Filsafat dengan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(2), 323–337. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i2.263

Nugroho, I. Y., & Imam Syafi’i. (2022). Metode Studi Ilmu Al-Qur’an Kontemporer: Respon Terhadap Pandangan Orientalis Pada Al-Qur’an. Asy-Syari’ah : Jurnal Hukum Islam, 8(1), 88–106. https://doi.org/10.55210/assyariah.v8i1.641

Nurkhatiqah, A., Fitri, C., & Rahmatina, D. (2022). Bedah Makna, Unsur Dan Aspek Ijaz Al-Quran. Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 2(2), 150–158. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i2.29

Octaviyanti, S., Malayu, S. M., & Nasution, R. M. (2022). Duration of Long Vowel Assimilation in Reciting Al-Qur’an Surah Al-Isra’By International Qari’Year 2011. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 3767–3776. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4061

Richter, N. F., & Hauff, S. (2022). Necessary conditions in international business research–Advancing the field with a new perspective on causality and data analysis. Journal of World Business, 57(5), 1–27. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2022.101310

Rudzki, E. N., Kuebbing, S. E., Clark, D. R., Gharaibeh, B., Janecka, M. J., Kramp, R., Kohl, K. D., Mastalski, T., Ohmer, M. E. B., Turcotte, M. M., & Richards-Zawacki, C. L. (2022). A guide for developing a field research safety manual that explicitly considers risks for marginalized identities in the sciences. Methods in Ecology and Evolution, 13(11), 2318–2330. https://doi.org/10.1111/2041-210X.13970

Sa’dijah, C. (2021). Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Jurnal Qiroah, 11(2), 100–123. https://doi.org/10.33511/qiroah.v11n2.100-123

Samsirin, S. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Menurut Konsep Yusuf Qardhawi. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1301

Sari, L. (2022). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Ilmu Tajwid Berbasis Android. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 4(2), 97–104. https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0402.386

Septiani, I. (2023). Hasil wawancara dengan santri kelas 4 tentang materi pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Wawancara. 17 Februari 2023, Kalibeber Wonosobo.

Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Mengembangkan Bacaan Al-Qur’an. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10844

Syarifah, N. Z. (2023). Hasil observasi, pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan di Asrama SD Takhasus Al-Qur’an. Observasi. 17 Februari 2023, Kalibeber Wonosobo.

Wastiqoh, U. (2023). Hasil wawancara dengan santri kelas 4 tentang materi pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Wawancara. 17 Februari 2023, Kalibeber Wonosobo.

Win, T. T., & Nyunt, H. H. (2019). The experiences of mothers living with autistic children: A qualitative descriptive phenomenological approach. Journal of Population and Social Studies, 27(2), 153–167. https://doi.org/10.25133/JPSSv27n2.0010

Yatim dkk., A. (2023). Hasil observasi dan wawancara bersama segenap ustadzah di Asrama SD Takhasus Al-Qur’an tentang pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Observasi & Wawancara. 13 Maret 2023, Kalibeber Wonosobo.

Downloads

Published

2023-04-21

How to Cite

Zaidatus Syarifah, N., Suyud El Syam, R., & Imron, A. (2023). Implementasi Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Sibyan Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Santri Asrama SD Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Mojotengah Wonosobo. Faidatuna, 4(2), 10=17. https://doi.org/10.53958/ft.v4i2.197