Implementasi Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Sibyan Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Santri Asrama SD Takhasus Al-Qur’an Kalibeber Mojotengah Wonosobo
DOI:
https://doi.org/10.53958/ft.v4i2.197Keywords:
Hidayatus sibyan, Ilmu Tajwid, Kualitas Membaca Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan untuk meningkatkan kualitas membaca al-Qur’an santri asrama SD Takhasus Al-Qur’an. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama penelitian meliputi santri kelas 4 di asrama SD Takahsus Al-Qur’an yang berjumlah 21 orang. Teknik analisis data menggunkan redukasi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa implementasi ilmu tajwid dalam kitab hidayataus sibyan untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dilakukan dalam bentuk klasikal berjalan baik, berdampak meningkatnya kemampuan santri menerapkan kaidah ilmu tajwid ketika membaca al-Qur’an. Implementasi didukung pengampu materi yang kompeten. Namun terbatasnya waktu dimana satu minggu hanya sekali, menjadikan target menjadi kurang maksimal. Implikasi, ketersediaan waktu lebih, memungkinan proposisi ideal tercapai.
References
Abdurroozzaq, N. (2022). Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan. Al-Ulum, 9(2), 148–154. https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/view/1112
Amalia, E. F. (2023). Hasil wawancara dengan ustadzah pengampu pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Wawancara. 7 Maret 2023, Kalibeber Wonosobo.
Anggreini, N. L., & Putra, I. P. (2022). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Mobile. Jurnal Informasi Dan Komputer, 6(1), 91–100. https://doi.org/10.35959/jik.v10i1.300
Annisa, Y., & Surana, D. (2022). Studi Deskriptif terhadap Pembelajaran Ilmu Tajwid Pola K.H. Saefudin Ahmad dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 132–140. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2369
Anto, D. H., Idmansyah, I., Dendi, D., Sesmiarni, Z., & Rasyid, H. (2023). Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Peserta Didik. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 149–162. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.678
Arsyanti, C. (2023). Hasil wawancara dengan santri kelas 4 tentang materi pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Wawancara. 17 Februari 2023, Kalibeber Wonosobo.
Busyra, S. (2021). Diskursus Hermeneutika dan Kritik Terhadap Studi Qur’an Kontemporer. TRANSFORMATIF, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/tf.v5i1.2690
Carpinelli, C., Einarsson Reynis, E. T., Sigríður Islind, A., Stefánsson, H., & Óskarsdóttir, M. (2022). Green Intentions: Field Research and Data-Driven Analysis of Customers’ Purchasing Patterns. Sustainability (Switzerland), 14(16), 1–17. https://doi.org/10.3390/su14169863
Ependi, R. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam: Latar Belakang, Cakupan Dan Pola. Jurnal Al-Fatih, 2(1), 79–96. https://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/26/29
Hakim, A., & Pratama, O. P. (2022). Al-Ahruf As-Sab’ah And Its Relationship With Al-Qirâ’ât; Theory and Refutation of Orientalist Criticism of the Qur’an. Takwil: Journal of Quran and Hadith Studies, 1(1), 17–31. https://doi.org/10.32939/twl.v1i1.1256
Harahap, A. A., & Sinaga, R. P. K. (2023). Peningkatan Cara Membaca Al- Qur’an Sesuai Dengan Hukum Ilmu Tajwid Dan Makhrajul Huruf. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 159–165. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.905
Humaidi, & Syarif. (2021). Peta Studi al-Qur’an Tiga Kawasan: Timur Tengah, Barat dan Indonesia. Jurnal Syahadah, 9(1), 1–24. http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/331
Kementerian Agama. (2020). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Khalid, I. (2017). Al-Quran Kalamullah Mukjizat Terbesar Rasulullah Saw. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 5(1), 39–71. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v5i01.4332
Kosasih, A., Supriyadi, T., Firmansyah, M. I., & Rahminawati, N. (2022). Higher-Order Thinking Skills in Primary School: Teachers’ Perceptions of Islamic Education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 9(1), 56–76. https://doi.org/10.29333/ejecs/994
Nasution, A. F., & Sibuea, N. (2022). Analisis Hubungan Filsafat dengan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(2), 323–337. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i2.263
Nugroho, I. Y., & Imam Syafi’i. (2022). Metode Studi Ilmu Al-Qur’an Kontemporer: Respon Terhadap Pandangan Orientalis Pada Al-Qur’an. Asy-Syari’ah : Jurnal Hukum Islam, 8(1), 88–106. https://doi.org/10.55210/assyariah.v8i1.641
Nurkhatiqah, A., Fitri, C., & Rahmatina, D. (2022). Bedah Makna, Unsur Dan Aspek Ijaz Al-Quran. Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 2(2), 150–158. https://doi.org/10.54443/mushaf.v2i2.29
Octaviyanti, S., Malayu, S. M., & Nasution, R. M. (2022). Duration of Long Vowel Assimilation in Reciting Al-Qur’an Surah Al-Isra’By International Qari’Year 2011. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 3767–3776. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4061
Richter, N. F., & Hauff, S. (2022). Necessary conditions in international business research–Advancing the field with a new perspective on causality and data analysis. Journal of World Business, 57(5), 1–27. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2022.101310
Rudzki, E. N., Kuebbing, S. E., Clark, D. R., Gharaibeh, B., Janecka, M. J., Kramp, R., Kohl, K. D., Mastalski, T., Ohmer, M. E. B., Turcotte, M. M., & Richards-Zawacki, C. L. (2022). A guide for developing a field research safety manual that explicitly considers risks for marginalized identities in the sciences. Methods in Ecology and Evolution, 13(11), 2318–2330. https://doi.org/10.1111/2041-210X.13970
Sa’dijah, C. (2021). Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Jurnal Qiroah, 11(2), 100–123. https://doi.org/10.33511/qiroah.v11n2.100-123
Samsirin, S. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Menurut Konsep Yusuf Qardhawi. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1301
Sari, L. (2022). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Ilmu Tajwid Berbasis Android. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 4(2), 97–104. https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0402.386
Septiani, I. (2023). Hasil wawancara dengan santri kelas 4 tentang materi pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Wawancara. 17 Februari 2023, Kalibeber Wonosobo.
Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Mengembangkan Bacaan Al-Qur’an. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10844
Syarifah, N. Z. (2023). Hasil observasi, pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan di Asrama SD Takhasus Al-Qur’an. Observasi. 17 Februari 2023, Kalibeber Wonosobo.
Wastiqoh, U. (2023). Hasil wawancara dengan santri kelas 4 tentang materi pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Wawancara. 17 Februari 2023, Kalibeber Wonosobo.
Win, T. T., & Nyunt, H. H. (2019). The experiences of mothers living with autistic children: A qualitative descriptive phenomenological approach. Journal of Population and Social Studies, 27(2), 153–167. https://doi.org/10.25133/JPSSv27n2.0010
Yatim dkk., A. (2023). Hasil observasi dan wawancara bersama segenap ustadzah di Asrama SD Takhasus Al-Qur’an tentang pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid dalam kitab hidayatus sibyan. Observasi & Wawancara. 13 Maret 2023, Kalibeber Wonosobo.