PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA TUNAS HARAPAN
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v10i2.865Keywords:
Project Based Learning, Baamboozle Media, Learning Motivation, Economic Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek berbantuan Media Baamboozle terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Tunas Harapan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Tunas Harapan yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, sehingga diperoleh sampel sebanyak 25 siswa kelas XI-1 (kelas eksperimen) dan 25 siswa kelas XI-2 (kelas kontrol). Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar siswa dan soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji-t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek berbantuan Media Baamboozle terhadap motivasi belajar ekonomi siswa, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek berbantuan Media Baamboozle terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Tunas Harapan.
References
Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model ProjectBased Learning Ditinjau Dari Kurikulum Merdeka Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 398–408.
Antula, H., Londa, M., & Gerungan, C. (2023). Pembelajaran Yang Inovatif Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 8 Gorontalo Utara. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 133–142.
Baber, H. (2020). Determinants of students' perceived learning outcome and satisfaction in online learning during the pandemic of Covid 19. Journal of Education and e-Learning Research, 7(3), 285-292.
Darmisih, D., Siswanto, E., & Prakoso, A. F. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di SMA Negeri 4 Bojonegoro. ISLAMIKA, 5(3), 1018-1029.
Dewi, R. (2020). Peran Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Individu Dan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10 (2), 240-249.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.
Mariani, S. D., (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal unesa, 2 (206-216).
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.
Muawanah, E, I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1).
Murti, M., Mudeing J., & Firdaus, R. 2023. Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba. Jurnal Kependidikan Media, Vol. 12 No. 3, pp. 132 – 141.
Retno & Rahayu. Pengaruh Model Game Based Learning Berbantuan Baamboozel Terhadap Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (3), 809.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan dengan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Kauman Tul. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 186-193.
Wijaya, E., & Susanti, M. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan dan Kepercayaan Siswa. Pedagogia, 18(2), 136–147.
Yanti, F. R., & Caska, C. (2025). Penerapan Model Pembalajaran Jenis TGT dengan Menggunakan Aplikasi Baamboozle untuk Meningkatkan Hasil Belajar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 8888-8897