KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN 1 MEDAN

Authors

  • Maulidayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Audia Amanda Br Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Futhri Raudhatul Kabry Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mawaddah Tun’nisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Aini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zaidan Kholis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v10i2.851

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Guru, Siswa, Proses Pembelajaran, Kualitatif

Abstract

Proses pembelajaran yang efektif dan komunikatif menuntut adanya interaksi yang tidak sekadar transfer materi, melainkan juga pertukaran emosi positif dan terbangunnya keakraban antara guru dan siswa. Komunikasi merupakan "jantung" dari pembelajaran. Komunikasi interpersonal yang baik, ditandai dengan kedekatan, kepercayaan, dan keterbukaan, berperan krusial dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif, meningkatkan motivasi belajar siswa, dan mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan secara mendalam bagaimana praktik Komunikasi Interpersonal antara guru dan siswa berlangsung dalam proses pembelajaran di MIN 1 Medan, mengidentifikasi tanda-tanda efektivitas komunikasi tersebut, serta faktor-faktor penghambat yang muncul dan cara guru mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui tiga teknik utama: observasi (pengamatan langsung terhadap interaksi di kelas), wawancara (mendalam dengan guru, kepala madrasah, dan siswa sebagai informan), serta dokumentasi sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan secara induktif melalui tiga tahapan model Miles dan Huberman: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing/Verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal di MIN 1 Medan berjalan dengan baik dan efektif. Guru menerapkan pendekatan yang ramah, menggunakan bahasa sederhana, dan teknik pembelajaran aktif (tanya jawab, diskusi) untuk menghilangkan hambatan komunikasi. Efektivitas komunikasi ditunjukkan oleh keaktifan, keberanian siswa berpendapat, serta terbangunnya hubungan yang akrab dan saling percaya. Hambatan komunikasi, seperti perbedaan karakter siswa, suasana kelas yang kurang kondusif, dan kondisi emosional siswa, diatasi dengan pendekatan sabar, empati, dan kreativitas dalam metode mengajar. Dapat disimpulkan bahwa Komunikasi interpersonal yang positif dan akrab antara guru dan siswa merupakan kunci utama dalam menciptakan proses pembelajaran yang nyaman dan efektif di MIN 1 Medan. Guru berperan sentral sebagai komunikator yang adaptif, menjamin bahwa suasana kelas dirasakan siswa sebagai tempat yang aman dan menyenangkan.

References

Abdul Fattah. (2023). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Harfa Creative.

Cangara, H. (1998). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dermawan, A. A. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta AL-Hikmah Marelan. Journal of Educations Psychology, 1–87.

Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Faruo, G. (1983). Principles of teaching and learning. Chinese Education, 16(2–3), 140–160. https://doi.org/10.2753/CED1061-1932160203140

Lexy J. Moleong. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mager, R. F. (1962). Preparing Instructional Objectives. Belmont, CA: Fearon Publishers.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nasution,

Nugroho, P. D., & Gama, B. (2023). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Memberikan Motivasi serta Adaptasi Belajar pada Siswa SMP. Media and Empowerment Communication Journal, 2(1), 49-58.

Purwanto, D. (2011). Komunikasi Bisnis Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Rahmat, Abdul. (2016). Manajemen Humas Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Sadirman, Arief S. et al. (1996). Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafmdo Persada, ed. I, Cet. IV.

Sanjaya, Wina, (2012), Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sendjaja, D. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suharsimi dan Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2025-12-10

How to Cite

Maulidayani, Audia Amanda Br Tarigan, Futhri Raudhatul Kabry, Mawaddah Tun’nisa, Nur Aini, & Zaidan Kholis. (2025). KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MIN 1 MEDAN. Widya Balina, 10(2), 24–33. https://doi.org/10.53958/wb.v10i2.851