PENDIDIKAN BERBASIS KETUHANAN SEBAGAI JAWABAN ATAS DEKADENSI MORAL GENERASI MUDA
Keywords:
Pendidikan Ketuhanan, dekadensi moral, generasi muda, nilai spiritual, karakterAbstract
Perkembangan zaman yang pesat telah memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku dan cara pandang generasi muda. Sayangnya, kemajuan tersebut tidak selalu dibarengi dengan peningkatan kualitas moral, yang justru menyebabkan terjadinya dekadensi moral seperti menurunnya empati, meningkatnya perilaku menyimpang, serta melemahnya nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan berbasis Ketuhanan sebagai solusi terhadap persoalan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Ketuhanan mampu memberikan arah pembentukan karakter yang utuh, tidak hanya mengembangkan kecerdasan intelektual, tetapi juga spiritual dan moral. Nilai-nilai Ketuhanan mendorong tumbuhnya rasa tanggung jawab, integritas, serta kesadaran sosial pada peserta didik. Oleh karena itu, integrasi nilai-nilai spiritual dalam kurikulum dan praktik pendidikan menjadi kunci dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan global secara bermartabat.
References
Nur Haris Ependi, dkk. (2022). Hakikat Pendidikan Karakter. Jakarta: Sada Kurnia Pustaka.
Suyadi. (2015). Psikologi pendidikan Islam: Teori dan praktik dalam pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya
Tilaar, H. A. R. (2012). Perubahan sosial dan pendidikan: Pengantar pedagogik transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Wibowo, A. (2020). Krisis moral generasi muda dan peran pendidikan karakter. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 87–96. https://doi.org/10.12928/jsh.v13i2.16655
Rahmawati, S., & Nugroho, D. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui pendekatan religius di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 15–27. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i1.38445
Subagio, B. (2018). Pendidikan karakter berbasis nilai ketuhanan: Perspektif Pancasila. Jurnal Filsafat, 28(1), 33–48. https://doi.org/10.22146/jf.34357
Zakiyah, M. (2020). Sekularisasi nilai dan dekadensi moral siswa sekolah menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 44–59. https://doi.org/10.21093/jipi.v5i1.1533
Lestari, D. & Muttaqin, H. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis spiritual di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 113–128. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25189
Yusuf, R. (2022). Membangun etika publik melalui pendidikan keagamaan di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Peradaban, 10(1), 55–67. https://doi.org/10.36767/jpp.v10i1.9876
Yohana Afliani Ludo Buan. (2023). Pendidikan Karakter di Era Modern: Menanamkan Etika dan Nilai Dalam Pembelajaran. https://cipari.desa.id/judul-pendek-yang-menarik-pendidikan-karakter-di-era-modern.