PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA DISTRO ROCK LINE

Authors

  • santireciaaprillia universitas medan area
  • Hesti Sabrina

Keywords:

price discount, bonus pack, impulse buying, strategi promosi, perilaku konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh price discount dan bonus pack terhadap perilaku impulse buying pada konsumen Distro Rock Line di Kota Medan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh ketatnya persaingan industri ritel yang mendorong pelaku usaha untuk menerapkan strategi promosi yang efektif, seperti pemberian diskon harga dan paket bonus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang dipilih melalui teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, serta uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, price discount dan bonus pack masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Secara simultan, kedua variabel juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap impulse buying. Price Discount (X1) berpengaruh terhadap Impulse Buying. Ditunjukan dari hasil uji t, diperoleh thitung sebesar 2.169 dengan taraf signifikansi 0,033 lebih kecil dari 0,05 (0,033 < 0,05), dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti Price Discount berpengaruh terhadap Impulse Buying. Bonus Pack (X2) berpengaruh terhadap Impulse Buying. Ditunjukan dari hasil uji t, diperoleh thitung sebesar 2.541 dengan nilai signifikansi 0,013 lebih kecil dari 0,05 (0,013 < 0,05), dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak. Yang artinya Bonus Pack berpengaruh terhadap Impulse Buying. Hal ini membuktikan bahwa strategi price discount dan bonus pack dapat meningkatkan dorongan konsumen untuk melakukan pembelian secara impulsif. Temuan ini memberikan implikasi bagi pelaku usaha, khususnya Distro Rock Line, dalam merancang strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

References

Akbar, Reza, U. Sulia Sukmawati, and Khairul Katsirin. 2024. “Analisis Data Penelitian Kuantitatif.” Jurnal Pelita Nusantara 1 (3): 430–48. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i3.350.

Amanda, Livia, Ferra Yanuar, and Dodi Devianto. 2019. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang.” Jurnal Matematika UNAND 8 (1): 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.

Andriany, Dewi, and Mutia Arda. 2019. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial.” Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi) 6681 (2): 428–33. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.65.

Angela, Veliana, and Eristia Lidia Paramita. 2020. “Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z.” Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen 10 (2): 248–62. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132.

Arsi, Andi. 2021. “Langkah-Langkah Uji Validitas Dan Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan SPSS.” Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad, 1–8.

Asvita, Widya, Putri Nst, and Daslan Simanjuntak. 2023. “Implementasi Praktik Promosi Diskon Dan Giveaway Media Sosial Dalam Menarik Minat.” Journal of Trends Economics and Accounting Research 3 (4): 484–91. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.615.

Azmi, Nurul. 2023. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Perilaku Impulse Buying.” Jurnal Jumbiwira 2 (1): 30–36.

Dewi, Meutia. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying Konsumen Produk Oriflame Di Kota Langsa.” Niagawan 10 (3): 260. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i3.28488.

Fahmeyzan, Dodiy, Siti Soraya, and Desventri Etmy. 2018. “Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi Dengan Menggunakan Skewness Dan Kurtosi.” Jurnal VARIAN 2 (1): 31–36. https://doi.org/10.30812/varian.v2i1.331.

Fiqihta, Elmi, Ecin Kuraesin, and Leny Muniroh. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Manager : Jurnal Ilmu Manajemen 2 (3): 376. https://doi.org/10.32832/manager.v2i3.3713.

Kusnawan, Agus, Diana Silaswara, Andy, and Tjong Sefung. 2019. “Pengaruh Diskon Pada Aplikasi E-Wallet Terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial Di Wilayah Tangerang.” Jurnal Sains Manajemen 5 (2): 137–60.

Kusumandaru, Anandya Virani. 2017. “Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan In-Store Display Terhadap Impluse Buying Matahari.” Jurnal Ilmu Riset Manajenen 6 (9): 1–19.

Lestari, Sri Isfantin Puji. 2018. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Melalui Nilai Hedonik Di Carrefour Surakarta.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship 7 (2): 129. https://doi.org/10.30588/jmp.v7i2.362.

Maryana Kuswandi Jaya, Dedi Mulyadi, Eman Sulaeman. 2010. “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KARAWANG.” Jurnal Manajemen 10 (1): 1038–46.

Maulidiyah, Suci Nur, Eko Boedi Santoso, Administrasi Niaga, and Politeknik Negeri Malang. 2019. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsuemn Business Center Sophie Paris Kota Batu).” Jurnal Aplikasi Bisnis, no. 1: 37–42.

Meidatuzzahra, Diah. 2019. “Penerapan Accidental Sampling Untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan Terhadap Siklus Menstruasi (Studi Kasus: Pukesmas Jembatan Kembar Kabupaten Lombok Barat).” Avesina 13 (1): 19–23.

Novianti, Windi, and Reza Pazzila Hakim. 2019. “Harga Saham Yang Dipengaruhi Oleh Profitabilitas Dan Struktur Aktiva Dalam Sektor Telekomunikasi.” Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA) 7 (2): 19–32. https://doi.org/10.34010/jika.v7i2.1912.

Oktariana, Yeni, and Ermy Wijaya. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Hodshop Bengkulu.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10–22.

Oktavia, Firza, Nurul Kumala, and Achmad Fageh. 2022. “Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis 6 (1).

Puspita, Anggi. 2021. “PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN PT AGEL LANGGENG CABANG MEDAN.”

Rahman, Sofy Haniffah, Heni Rohaeni, Srie Wijaya, and Kesuma Dewi. 2020. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Purchase Intention.” Jurnal Sain Manajemen, 2 (1): 24–36.

Rahmasari, Lisda. 2010. “Menciptakan Impulse Buying.” Majalah Ilmiah Informatika 1 (3): 56–68.

Ramadhan, Ade Wahyu, and Novita Ekasari. 2022. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Pelanggan Alfamart Di Kota Jambi).” Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan 10 (02): 354–67. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.14101.

Rudini, Ahmad. 2022. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Konsumen Galeri Batik Di Sampit.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 10 (2): 10–16.

Septila, Rasulika, and Eka Dian Aprilia. 2017. “Impulse Buying Pada Mahasiswa Di Banda Aceh.” Psikoislamedia Jurnal Psikologi 2 (2): 170–83. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/2449.

Sriningsih, Mega, Djoni Hatidja, and Jantje D Prang. 2018. “Penanganan Multikolinearitas Dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama Pada Kasus Impor Beras Di Provinsi Sulut.” Jurnal Ilmiah Sains 18 (1): 18. https://doi.org/10.35799/jis.18.1.2018.19396.

Sugiyono, and Irma Ayu Noeraini. 2019. “Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya.” Ilmu Dan Riset Manajemen 5 (5): 1–17.

Utami, Siska Hastari, and Yulfita Aini. 2020. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Alfamart Kota Tengah Kecaamatan Kepenuhan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 2 (1): 120.

Widana, Wayan, and Putu Lia Muliani. 2020. Buku Uji Persyaratan Analisis. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang.

Wijoyo, Hadion. 2020. “Analisis Minat Belajar Mahasiswa STMIK Dharmapala Riau Dimasa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).” Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual 4 (3): 396–404. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.2.

Yusda, Desi Derina. 2022. “Pengaruh Hedonic Shopping Motives Konsumen Terhadap Impulse Buying Toko Popshop.” Jurnal Media Ekonomi (JURMEK) 27 (3): 79–88. https://doi.org/10.32767/jurmek.v27i3.1814.

Zahroh, Roudhotuz, and Tri Sudarwanto. 2021. “Pengaruh Potongan Harga Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hypermart Royal Plaza Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN 9 (1): 1111–17. https://bit.ly/3jU9U4e.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

santireciaaprillia, & Hesti Sabrina. (2025). PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA DISTRO ROCK LINE. Widya Balina, 10(1), 276–288. Retrieved from https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/817