PENGARUH KEGIATAN IMTAQ TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH DARUL AITAM JEROWARU

Authors

  • Sanjaya Perdana Zain Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Sibawaihi Mutawalli

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v10i1.736

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Imtaq terhadap kedisiplinan siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Populasi Dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 12 yang berjumlah 118 siswa, dengan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan imtaq terhadap kedisiplinan siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru. Hal ini dapat dilihat hasil analisis regresi sederhana diperoleh hasil perhitungan bahwa β=0,975 yang berarti setiap kali variabel kegiatan imtaq bertambah satu, maka rata-rata variabel kedisiplinan siswa bertambah sebesar 0,975, sedangkan nilai r yang diperoleh yaitu sebesar 0,619 terletak diantara 0,600-0,799 merupakan pengaruh yang tinggi antara variabel kegiatan imtaq (X) terhadap kedisiplinan siswa (Y), hal ini menjelaskan bahwa pengaruh kegiatan imtaq (X) terhadap disiplin siswa (Y) kelas XII di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru sebesar 61,90%. Penelitian ini merekomendasikan agar program IMTAQ di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru terus ditingkatkan melalui pelibatan guru, orang tua, dan siswa dalam pengembangan kegiatan yang lebih inovatif. Selain itu, penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji faktor-faktor lain yang juga berkontribusi terhadap kedisiplinan siswa.

References

Abd Aziz, Orientasi Sistem Pendidikan Agama di Sekolah, Yogyakarta: Depok Sleman Yogyakarta, 2010.
Abdul Halim Kuning, “Takwa Dalam Islam”, Institut Agama Islam Negeri Parpare, Volume VI, Nomor, 1 September 2018, hlm. 104-105.
Ahmad Manshur, “Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa”, Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 1, Tahun 2019,hlm. 22.
Ajeng Kartini,” Taqwa Penyelamat Ummat”, Al ‘Ulum. Vol.52, No.2, April 2012, hlm. 28.
Andi Sulastri, Syahrul Amar, Rohini, Husnul Mukti “Pendidikan Karakter Dan Kegiatan Imtaq Dalam Membangun Sikap Disiplin Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 SDN 2Pancor.”Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol.7, No. 1, Januari – Juni 2021, hlm. 176.
Budi Darma, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji f, R2), Guepedia The First On-Publisher in Indonesia, 2021, cet. Agustus 2021.
Desi Pristiwanti, dkk., “Pengertian Pendidikan”, Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, Nomor 6, 2002, hal. 2
Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag., Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, Ngaglik, Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2011.
Drs. H. Nuril Huda, S.Pd, M.Pd.I, Disiplin Modal Utama Kesuksesan, Jawa Tengah: Eureka Media Aksara, 2021, cet. Pertama.
Dus Hendra, Rijal Abdullah, “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Gambar Teknik Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di Smk Negeri 2 Kota Solok”, Vol. 5, No.4, hlm. 6-7.
Ernita Br Tarigan,“Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas Vii-3 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018,” Jurnal Tabularasa Pps Unimed, Vol.15, No.3, Desember 2018, hlm. 274.
Farhan Aulia Maulani, Penerapana Sikap Disipliln, Surabaya: CV. Media Edukasi Creative, 2023, cet. 1.
Fuzan Wadi, Jerowaru: 20 Agustus 2024.
Hanif Ma’rufa, Dkk, “Implementasi Program Iman Dan Taqwa (Imtaq) Sebagai Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meingkatkan Karakter Religius Siswa Di Smp Negeri 1 Pujon” Vicratina: Volume 8, Nomor 4, 2023, hlm. 269.
Ika Ernawati, “Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xii Ma Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015, Jurnal Bimbingan Dan Konseling” Vol. 1, No. 1, Tahun 2016, hlm. 5-6.
Ilham Agustian, dkk.,“Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu Jurnal Professional Fis Unived”, Vol.6, No.1, Juni 2019, hlm .44.
Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indonesian Journal on Software Engineering, Vol.5, No. 1, Juni 2019, hlm. 23.
Ina Namora Putri Siregar, “Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawa Pada Pt. Budi Raya Perkasa”, Jurnal Manajemen, Volume 5, Nomor 1, Januari – Juni 2019, hlm.73.
Ira suryani, dkk., “Nilai-Nilai Pendidikan Kedisiplinan dalam Al-Qur’an Surah Al-‘Ashr Ayat 1-3 Menurut Tafsir Al-Maraghi”, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, Nomor 1, 2022, hlm. 820.
Iwan Fitriani dan Abdulloh Saumi, “Iinternalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program Imtaq dalam Membentuk Kepribadian Siswa”, Universitas Islam Negeri Mataram, vol. 10, No. 2, 2018, hlm. 75-97.
Johan Harian, Analisis Regresi Linear,Depok: Gunadarma, 2018, cet. Ke-1.
Jumahir, “Penerapan Kegiatan Imtaq Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Sma” Damhil Education Journal, Volume 2. Nomor 1, Maret 2022, hlm. 24.
KBBI edisi 5.
Mappasiara, “Pendidikan Islam”, Uin Alauddin Makassa R, 2018, Vol. VII, Nomor 1, hlm. 147.
Muhamad Priyanto, Tiris Sudrartono, “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian Di Toko Mingka Bandung”, Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, vol. 2, No. 1, Bulan April – September 2021, hlm. 60.
Murtian Dwi Anggoro, “Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V Terhadap Perraturan Sekolah Di SD Negeri Karangjati Ngangglik Sleman Tahun 2018”, Skripsi Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 2019, hlm. 35.
Naila Farah, Intan Fitriya, “Konsep Iman, Islam dan Taqwa”,Rausyan Fikr, Vol. 14. Nomor 2, Desember 2018, hlm. 209-241.
Nila Sari, dkk., “Implementasi Pembelajaran Akidah Aqkhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa”, Eduvacito: Jurnal Pendidikan, Vol.2, Nomor 1, Mei 2023, hal. 78-88.
Nur Agus Salim, dkk., Dasar-Dasar Pendidikan Karakter, Samarinda: Yayasan Kita Menulis, 2022, cet. 1.
Nuryanto, M.Pd., Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar, Jawa Tengah: CV. Eurika Media Aksara, 2022, cet. Pertama.
Prof. Dr. Nurul Ulfatin, M.Pd., Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya, Media Nusa Kreative, 2017, cet. ke-4.
Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G,Bandung: Alfabeta, 2015, cet. ke-22.
Prof. Dr. Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2016, cet. Ke27.
QS. Al-Hujurat [49]: 13. Al-Qur’an dan Maknanya,Jakarta, Penerbit: CV. Fokus Media, Bandung 2010, hlm. 517.
Rada Zamiyenda, Dkk, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Peserta Didik di Kelas Xii Sma Pgri 4 Padang”, Juang: Jurnal Wahana Konseling, Vol. 5, No. 2, September 2022, Hlm. 141.
Rindawan, Suyata,” Evaluasi Pelaksanaan Program Iman Dan Taqwa Smpn Di Kecamatan Gerung”, Jurnal Evaluasi Pendidikan, Volume 2, No 1, 2014, Hlm. 93-94.
Salmiwati,“Pendidikan Keimanan Dan Ketaqwaan Bagi Anak-Anak”, Jurnal Penelitian Sosial Agama, Vol. 6 No. 2, 2021, hlm. 141.
Samuel Mamonto, dkk.,Disiplin Dalam Pendidikan, Malang: PT. Literasi Nusantatra Abadi Grup, 2023, cet. Ke-1.
Sermada Kelen Donatus, “Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmu Sosial: Titik Kesamaan Dan Perbedaan Studia Philosophica Et Theologica”, Vol. 16 No. 2, Oktober 2016, hlm. 199-200.
Sirojudin Munir, S.Ag., Terjemah Hadis Arbain Nawawiyah Syaikh Imam Nawawi, Pustaka Nuun.
Siti Hajar, “Penerapan Kegiatan Imtaq Sebagai Sarana Menumbuhkan Nilai Moral dan Sikap Religius Siswa di SMPN 1 Lembar”, Skripsi Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram, 2019, hlm. 35
Sjarkawi, “Pembentukan Kepribadian Anak peran Moral Intelektual, emosional, dan sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati diri”,Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Soelaiman, “Integrasi Imtaq Dan Iptek Dalam Pembelajaran Di Lingkungan Lembaga Pendidikan Islam Smp Plus Alkautsar Malang, Jurnal Pendidikan Agama Islam”, Vol. 2, No. 2 Januari-Juni 2016, hlm. 4.
Sovian, “Peningkatan Moral Keagamaan Siswa Melalui Kegiatan Imtaq di SMAN 1 BoloBima-NTB, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan”,Vol.8, Nomor. 3, Agustus 2023, hlm. 1432
Sri Nurhikmah, “Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Terhadap Tugas Produktif Melalui Layanan Klasikal Dengan Pendekatan Small Group Discussion Di Kelas X Busana Butik 1 Smk Negeri Darul Ulum Muncar Tahun Pelajaran 2016/2017”, Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET), Vol. 4, Nomor 1, April 2018, hlm. 55-64.
Suharismi Arikunto, “Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek” edisi revisi V, cet. XI, Jakarta:Rineka Cipta,2020, hlm. 136-137.
Zhara Yusra, “Pengelolaan Lkp Pada Masa Pandemi Covid-19 Journal Lifelong Learning” Vol. 4 No.1. Juni 2021, hlm. 69.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Zain, S. P. (2025). PENGARUH KEGIATAN IMTAQ TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH DARUL AITAM JEROWARU. Widya Balina, 10(1), 16–27. https://doi.org/10.53958/wb.v10i1.736