Perilaku Konsumen Impulsive Buying Dalam Pembelian Produk Di Toko Sinar Terang Shoes Parepare Perspektif Ekonomi Syariah
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi perilaku impulsive buying konsumen di toko Sinar terang shoes Parepare melalui lensa ekonomi syariah. Pentingnya penelitian ini terletak pada meningkatnya fenomena impulsive buying yang berpotensi bertentangan dengan prinsip-prinsip kehati-hatian dan perencanaan keuangan dalam ekonomi syariah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen impulsive buying pada pembelian produk di toko Sinar terang shoes Parepare serta dengan perspektif ekonomi syariah. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan pendekatan wawancara mendalam terhadap konsumen toko Sinar terang shoes Parepare. Hasil penelitian diharapkan memberikan pemahaman yang lebih spesifik tentang perilaku konsumen dalam konteks ekonomi Islam di toko Sinar terang shoes Parepare, khususnya terkait dengan pengendalian diri dan konsumsi yang bertanggung jawab. Penelitian ini berkontribusi membantu memahami pola konsumsi masyarakat muslim, tetapi juga menjadi dasar edukasi konsumen untuk lebih bijak dan etis dalam berbelanja, serta memberikan implikasi bagi konsumen tentang keuangan yang bijak berdasarkan nilai-nilai Islam.
References
Abdul Mannan. (1995). Teori dan Praktik Ekonomi Islam. PT. Dana Bhakti Wakaf.
Adiwarman Azwar Karim. (2015). Ekonomi Mikro Islam. RajaGrafindo Persada.
Afandi, A. R., & Hartati, S. (2019). Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 123. https://doi.org/10.22146/gamajop.44103
Andalasari, L., Agama, I., Bunga, I., & Cirebon, B. (2021). TINJAUAN EKONOMI ISLAM DALAM PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA EKONOMI SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON Diterima : Abstrak Direvisi : Disetujui : Tinjauan Ekonomi Islam dalam Perilaku Konsumsi Glosains : Jurnal Mahasiswa Ekonomi Syariah Institu. 3(1), 17–29.
Dameyasani, & Abraham, J. (2013). Impulsive Buying, Cultural Values Dimensions, and Symbolic Meaning of Money: A Study on College Students in Indonesia’s Capital City and Its Surrounding. International Journal of Research Studies in Psychology, 32–35. https://doi.org/https://doi.org/10.5861/i%0Ajrsp.2013.374
Dharmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2016). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. BPFE UGM.
Edwin Zusrony. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern (Robby Andika Kusumajaya (ed.)). Yayasan Prima Agus Teknik.
Febriantoro. (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-CommerceBagi Umkm Di Indonesia. Jurnal MANAJERIAL, 184. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10441
Fook, L., & McNeill, L. (2020). Click to Buy: The Impact of Retail Credit on Over-Consumption in the Online Environment. Sustainability.
Habibi, M. (2022). Teori Konsumsi, Produksi Dan Distribusi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 2(1), 88–104. https://doi.org/10.30739/jpsda.v2i1.1277
Hafidz, G. P., & Tamzil, F. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(02). https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4152
Handi Irawan. (2015). Smarter Marketing Moves: Membangun Keunggulan Melalui Informasi, Komunikasi dan Produk. Elex Media Komputindo.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719
Ida, Zaniarti, S., & Wijaya, G. E. (2020). Financial Literacy, Money Attitude, Dan Financial Management Behavior Generasi Milenia. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 406–413.
Komala, C. (2019). Perilaku Konsumsi Impulsive Buying Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Perspektif, 2(2), 248. https://doi.org/10.15575/jp.v2i2.31
Leon G. Schiffman, & Leslie Lazar Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen (2nd ed.). PT. Indeks Gramedia.
Mowen. (1995). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.
Nyrhinen, J., Sirola, A., Koskelainen, T., Munnukka, J., & Wilska, T. A. (2024). Online antecedents for young consumers’ impulse buying behavior. Computers in Human Behavior, 153(December 2023), 108129. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.108129
Rahmawati, D., & Andhaniwati, E. (2023). Peran Self-Control Dalam Memoderasi Hubungan Persepsi Kemudahan dan Manfaat Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Pengguna E-Wallet. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(3), 2750–2763. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i3.4681
Roberts, J. A., & M. (2012). Cooking up a recipe for self-control: The three ingredients of self-control and its impact on impulse buying. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 173–188.
SARAGIH, E. S. (2020). Kontrol Diri dan Kecenderungan Internet Addiction Disorder. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(1), 57. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i1.1859
Siregar, A. M., & Aslami, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian . Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 21(2), 96–103. https://doi.org/10.47467/mk.v21i2.884
Stern, H. (1962). The Signficance of Buying Impulse Today. Journal of Maketing. Journal of Maketing, 59–62. https://www.jstor.org/stable/1248439?origin=crossref
Syaikh Jamaluddin Al-Qasimi. (2010). Buku Putih Ihya Ulumuddin Imam Al-Ghazali. PT Darul Falah.
Wang, Y., Pan, J., Xu, Y., Luo, J., & Wu, Y. (2022). The Determinants of Impulsive Buying Behavior in Electronic Commerce. Sustainability (Switzerland), 14(12). https://doi.org/10.3390/su14127500
Yusuf Qardhawi. (1999). Norma dan Etika Ekonomi Islam (diterjemahkan oleh Zainal Arifin dan Dahlia Husain (ed.)).