Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Luring Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas IV SDI Waioti
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v5i2.66Keywords:
Covid-19, peran orang tua, pembelajaran LuringAbstract
Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan peran dan kesulitan orang tua dalam menerapkan pembelajaran luring di rumah saat pandemik covid- 19 pada siswa kelas IV SDI Waioti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. penelitian kualitatif dimana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis bersifat induktif/kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan peran orang tua siswa kelas IV SDI Waioti dalam menerapkan pembelajaran luring selama masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan Peran orang tua sebagai pendidik, motivator, fasilitator dan pembimbing sangat penting bagi putra-putrinya di tengah kondisi seperti saat ini adanya covid-19. Mulai dari berkomunikasi dengan guru mengenai pembelajaran jarak jauh dari materi dan tugas yang diberikan untuk anak dirumah, membagi waktu untuk mengurus rumah dan mendampingi anak ketika sedang belajar.
References
Ali Imron, 2016. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Cahyati, N., & Kusumah, R. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Djuju Sudjana. 2015. Evaluasi Program Pendidikan luar Sekolah. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya.
Gunaidi, Isnu, 2014, Cepat dan Mudah Memahami Hukum Pidana, Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. 2020. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
M. Lexy J. Moleong. (RR.PK0073-36-2017). Metodologi penelitian kualitatif. 2017: PT Remaja Rosdakarya.
Mózo, B. S. 2017. Peran Orang Tua. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm93 9e.pdf
Nurhastuti. 2019. Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Elementary Education.
Sutoyo, A. 2016. Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 5(3), 52–57. https://doi.org/ 10.15294/ijgc.v5i4.13520
Putro, Khamim, Amri M. Adly,Wulandari Nuraisah, & Kurniawan Dedek. 2020. Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Jurnal of Islamic Education, 1(1), 124–140.
Ruli, E. 2020. Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 143–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/ article/ view/428
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta.
________. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&.D:Alfabeta.
________. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.
________. 2020. Metode penelitian kualitatif. 2020: Bandung: alfabeta.
Trisnawati, W., & Sugito, S. 2020. Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710.
Wardani, A., & Ayriza, Y. 2020. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.
Widayati, Ninik Sri dan Hafis Muaddab, 2018. 29 Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejatera