KONSUMSI ISLAMI DALAM KONTEKS EKONOMI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.642Keywords:
islamic consumption, digital economy, halal productsAbstract
Konsumsi Islami menjadi salah satu aspek fundamental dalam kehidupan umat Muslim, mencerminkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini mengkaji pengaruh ekonomi digital terhadap pola konsumsi Islami, dengan fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran dan perilaku konsumen Muslim. Dalam era digital, perkembangan teknologi dan platform e-commerce telah mempermudah akses konsumen terhadap produk halal, meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya memilih produk yang tidak hanya halal tetapi juga etis dan ramah lingkungan. Melalui pendekatan analisis deskriptif dan studi pustaka, penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor kunci yang mempengaruhi konsumsi Islami, termasuk religiusitas, pengaruh teknologi, serta faktor sosial-budaya dan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi membawa dampak positif, seperti transparansi informasi dan kemudahan akses, tetapi juga menimbulkan tantangan seperti potensi konsumsi berlebihan yang bertentangan dengan ajaran Islam. Dengan pemahaman yang mendalam tentang dinamika konsumsi Islami di era digital, pelaku bisnis diharapkan dapat mengadaptasi strategi pemasaran dan produksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen Muslim. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan terkait ekonomi Islam dan konsumsi Islami dalam konteks global yang terus berkembang.
References
Faatihah, A. A. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi, Status Ekonomi Orang Tua, Gaya Hidup Dan Religiusitas terhadap Pola Konsumsi Islami di Pondok Pesantren Darul Qur’an Kepulauan Riau. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(2), 111–128. https://journal.inspirasi.or.id/index.php/nomicpedia
Faiza, I., Lisa Nurani, Indah Permatasari, & Hendri Hermawan Adinugraha. (2022). FITUR HALAL SHOPEE BAROKAH SEBAGAI PREFERENSI BELANJA ONLINE MUSLIM DI ERA DIGITAL. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 78–87. https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i1.198
Fathoni, M. A. (2021). Kesadaran Konsumen Terhadap Makanan Halal Di Indonesia. In Cv. Pena Persada (Issue July 2021). https://doi.org/10.31237/osf.io/34au9
Fauziah, Nofandi, R. A., Koeswinarno, Atieqoh, S., Abidini, Z., M, F., & Rosidi, A. (2021). Survie Sadar Halal Generasi Muslim Milenial. Libangdiklat P. http://cms.kemenag.go.id/storage/flm/files/shares/files/5. SURVEI1 HALAL Genera.
Fuaddah, S. (2023). Dampak Perubahan Sosial Dan Ekonomi Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Urban Di Era Digital. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/8npaq
Hanifah, I. R. U. (2022). Hadits Nabi Tentang Konsumsi: Analisis Korelasi Hadits Dengan Perilaku Konsumen Di Era Digital. Proceeding of The 2nd Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era, 2, 54–73.
Ilmira, L. L. (2023). Teori Perilaku Konsumen Perspektif Syari’ah - Ekonomi Syari’ah. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 1979, 45–52. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/bmt47
Pratama, A. A. N., & Yudiana, F. E. (2022). Perilaku Hijrah Konsumen Muslim. Prenada Media.
Rahmah, N. F. (2023). MENGKAJI MAKNA SOSIOLOGI BUDAYA MENURUT PERSPEKTIF ISLAM BESERTA TEORI-TEORINYA. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(1), 149. https://doi.org/10.26623/jdsb.v25i2.4291
Rogaya, N., Imamah, F. N., Azizah, S., Meilani, A., Allya, R. A. N., Damayanti, P. S., & Saputra, A. A. (2024). Konsep Konsumsi Dalam Islam. TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 1(1), 33–52.
Salwa, D. K. (2019). Teori Konsumsi Dalam Ekonomi Islam Dan Implementasinya. Labatila : Ilmu Ekonomi Islam, 3(1), 96–107.
Sasabone, L., Sudarmanto, E., Yovita, Y., & Adiwijaya, S. (2023). Pengaruh E-commerce dan Kemudahan Transaksi Terhadap Perubahan Pola Konsumsi Dalam Era Digital Di Indonesia. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(01), 32–42. https://doi.org/10.58812/sish.v1i01.304
Sudaryono, & Sukmadinata Syaodih, N. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. In Pustaka Setia. PT. Remaja Rosdakarya.
Sukma, M. N., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Electronic Money, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 209. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1570