Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPAS

Authors

  • Rabiatun Adwiah Sekolah Tinggi Agama Islam Sumbawa
  • Fajeri Arkiang Institut Elkatarie

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.632

Keywords:

PjBL, activities, Learning Outcomes, Science, PjBl, aktivitas, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS siswa kelas V MIs Al Anshar menggunakan Model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian yaitu 23 orang siswa kelas V MIs Al-Anshar. Instrument pengumpulan data berupa lembar observasi siswa dan guru. Sedangkan Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumetasi. data dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada siklus I dari jumlah siswa sebanyak 23 orang siswa, 3 orang siswa masuk kategori kurang aktif (13,04%), 8 orang siswa kategori cukup aktif (34,78%), 11 orang siswa kategori aktif (47,83%) dan 1 orang siswa kategori sangat aktif (4,34%) meningkat pada siklus II menjadi 3 orang siswa masuk kategori cukup aktif (13,04%), 4 orang siswa kategori aktif (17,39%), 16 orang siswa kategori sangat aktif (69,56%). Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I dari 23 orang siswa, jumlah siswa yang tuntas 15 orang siswa (65,21%). Sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas 7 orang (34,78%). Hal ini menunjukan bahwa pada siklus I ketuntasan secara klasikal belum tercapai maka dilanjutkan pada siklus ke II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus ke II sebesar 18,04 %, dari 23 orang siswa, jumlah siswa yang tuntas 21 orang siswa (91,31%). Sedangkan jumlah siswa yang belum tuntas 2 orang (8,69%). Hal ini menunjukkan persentase ketuntasan minimal secara klasikal sudah tercapai.

References

[1] Ali, M. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
[3] Asih, T. (2019). Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik di Kota Metro. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 10, 101–111.
[4] Catharina Tri Anni. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press
[5] Hasanah, O. A., Rifka Amelia, C., Salsabila, H., Agustin, R. D., Setyawati, R. C., Elifas, L., & Marini, A. (2023). Pengintegrasian Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS: Upaya Memaksimalkan Pemahaman Siswa Tentang Budaya Lokal. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 33–44. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
[6] Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
[7] Mangangantung, J., & Tuerah, R. M. S. (2021). Apply High Order Thinking Skills In Science Lessons In Primary School. International Journal Of Education, Information Technology, And Others, 4(1), 216–220.
[8] Mulyadi, Eko. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.
[9] Nayono Endar Satoto, dan Nuryadin ER. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Lerning pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.
[10] Nurhasanah, H., & Antana, A. S. (2024). PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN MODE PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN PENGKOL 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 587-596.
[11] Nurhasanah, H., & Antana, A. S. (2024). PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN MODE PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN PENGKOL 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 587-596.
[12] Purwanto, Ngalim. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
[13] Putri, S. D. M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kleas V SD Inpres Borongtala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.
[14] Riduwan, 2005., Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian., Bandung: Alfabeta.
[15] Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
[16] Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
[17] Yamin, Martimis. (2007). Kiat Membetajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Adwiah, R., & Arkiang, F. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPAS. Widya Balina, 9(2), 91–106. https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.632