Perencanaan Pengelola Sarana Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMPN 1 Karawang Barat

Authors

  • Nanda Agustin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Joenitasya Herawati Putri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mira Rahmawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ibrahim Ahmad Samiyaji Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.625

Keywords:

Perencanaan, Pengelola Sarpras, Kualitas Pendidikan

Abstract

ABSTRAK

Ruang kelas merupakan satu komponen dalam prasarana yang ada di sekolah. Ruang kelas yang memadai akan membantu konsentrasi dan kenyamanan peserta didik dalam proses pembelajaran. SMPN 1 Karawang Barat memiliki beberapa ruangan kosong yang sudah tidak terawat, selain itu beberapa ruang kelas ada yang masih belum dibilang berkualitas karena tidak adanya fasilitas yang memadai. Hal ini dikarenakan kebijakan yang lama belum merumuskan rencana perbaikan atau peningkatan kualitas setiap ruang kelas. Dalam proses peningkatan kualitas pendidikan, dibutuhkannya pihak-pihak untuk merencanakan hingga mengadakan perbaikan dan penambahan sarana prasarana. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji lebih lanjut mengenai pengelolaan sarana prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 1 Karawang Barat lebih memadai. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasilnya, penulis dapat mengetahui perencanaan apa yang akan dilakukan pihak pengelolaan sarana prasarana SMPN 1 Karawang Barat dalam melakukan peningkatan sarana prasarana untuk kualitas pendidikan.

References

[1] Andang. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. AR-RUZZ MEDIA.
[2] Bafadal. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Bumi Aksara.
[3] Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. 10(2), 351–370.
[4] Nurabadi, A. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
[5] Nurmadiah. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Al-Afkar, VI(1), 29–50. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47
[6] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
[7] Syafaruddin. (2016). Administrasi Pendidikan. Perdana Publishing.
[8] Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Rajawali Press.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Agustin, N., Putri, J. H., Rahmawati, M., Samiyaji, I. A., & Permana, H. (2024). Perencanaan Pengelola Sarana Prasarana Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SMPN 1 Karawang Barat. Widya Balina, 9(2), 21–28. https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.625

Most read articles by the same author(s)