Implementasi Media Pembelajaran Proprofs Games Berbasis Sliding Puzzle dalam Materi Teks Anekdot pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Mojokerto

Authors

  • Ragil Sri Wahyuningsih Universitas Islam Majapahit
  • Fatimatus Zahro Universitas Islam Majapahit
  • Taswirul Afkar Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.612

Keywords:

media pembelajaran, proprofs games, teks anekdot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas media pembelajaran ProProfs Games berbasis sliding puzzle dalam meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa kelas X di SMK Negeri 1 Mojokerto terhadap materi teks anekdot. Metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi diterapkan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, dengan fokus pada pemahaman mendalam terhadap pengalaman, persepsi, dan interaksi siswa dalam menggunakan media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ProProfs Games berbasis sliding puzzle mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Permainan sliding puzzle yang interaktif dan menantang mendorong siswa untuk memahami alur cerita secara visual, menemukan hubungan antar bagian gambar, dan menemukan pesan moral. Siswa merasa lebih aktif, terlibat, dan percaya diri dalam menulis teks anekdot setelah menggunakan media ini. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa kekurangan, seperti keterbatasan konten sliding puzzle yang spesifik, ketergantungan pada teknologi, dan potensi pengurangan interaksi langsung antara guru dan siswa. Penelitian ini memberikan sumbangan bagi dunia pendidikan dengan menunjukkan potensi ProProfs Games berbasis sliding puzzle sebagai media pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi teks anekdot.

References

Aisyah, Nisa. 2024. “Pemanfaatan Media Proprofs Brain Games Dalam Pembelajaran Menulis Persuasif Siswa MTs Nur Asy-Syafi’iyah Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ayub, Tri Novita Irawati, and Sholahudin Al-Ayubi. 2024. “Pengaruh Media Proprofs Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP.” Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan) 2(1):106–14.
Bekawan, Redaksi. 2022. “Permasalahan Menggunakan Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Bekawan.Com. Retrieved November 13, 2024 (https://bekawan.com/2022/06/01/permasalahan-menggunakan-media-pembelajaran-di-sekolah-dasar/).
Dian Apriliani, I. Gusti Ayu, Husniati Husniati, and Muhammad Sobri. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(3):1522–33. doi: 10.29303/jipp.v8i3.1525.
Elvira, Martha Mileni, Aminuyati Aminuyati, and Haris Firmansyah. 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Berbasis Aplikasi Proprofs Brain Games Terhadap Hasil Belajar Sejarah.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 16(2):472. doi: 10.26418/jvip.v16i2.73982.
Firmansyah, Fery, and Dida Firmansyah. 2018. “Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita.” Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(4):585–90.
Hasanah, Hasyim. 2017. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8(1):21. doi: 10.21580/at.v8i1.1163.
Kemendikbud. 2019. Bahasa Indonesia. Jakarta.
Kosasih. 2019. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Mola, Sebastianus A. S. 2016. “Implementasi Pemecahan Sliding Tile Puzzle Menggunakan Metode Heuristik.” Prosiding SEMMAU 2016 252–259.
Nurkhasanah, Siti. 2022. “Penggunaan Media Game Online Melalui ProProfs Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Di SMP Negeri 1 Gangga.” 9(2):248–54.
Prasetiawan, Febri, Zainul Abidin, and Eka Pramono Adi. 2019. “Multimedia Berfitur Puzzle Untuk Materi Perjuangan Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.” JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(2):82–89.
Sari, Ira Puspita, and Berliana Putri. 2023. “Media Pembelajaran Berbasis Game Puzzle Meningkatkan Keterampilan Baca Dan Tulis Usia 4-6 Tahun.” RABIT : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab 8(2):213–20. doi: https://doi.org/10.36341/rabit.v8i2.3473.
Saribanon, Dhebby Indah. 2023. “Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Website Games ProProfs Dalam Pembelajaran PPKn (Penelitian Tindakan Kelas VIII-H SMPN 35 Bandung).”
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, , Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Susanti, Riana. 2021. “Efektifitas Gamifikasi Sliding Puzzle Pada Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa.” SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains 7(1):57. doi: 10.32699/spektra.v7i1.178.
Wibawanto, Wanda. 2017. Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif Publisher.
Wilinny, Wilinny, Chrissyca Halim, Sutarno Sutarno, Ngajudin Nugroho, and Fauzi Akbar Maulana Hutabarat. 2019. “Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan.” Jurnal Ilmiah Simantek 3(1):1–6.
Winda, Rose, and Febrina Dafit. 2021. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4(2):211. doi: 10.23887/jp2.v4i2.38941.
Yunita, Noralia Purwa, and Richardus Eko Indrajit. 2022. Gamification: Membuat Belajar Seasyik Bermain Game. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Zakaria, Hanif Nanda. 2024. “Mahasiswa PPL FKIP Unim Mojokerto Tingkatkan Minat Belajar Siswa Lewat Platform Edukasi Yang Menyenangkan.” Tugu Jatim, November.

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Wahyuningsih, R. S., Zahro, F., & Afkar, T. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Proprofs Games Berbasis Sliding Puzzle dalam Materi Teks Anekdot pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Mojokerto. Widya Balina, 9(2), 199–217. https://doi.org/10.53958/wb.v9i2.612