BAHASA ARAB DI FAKULTAS TARBIYAH PRODI PIAUD INSTITUT AGAMA ISLAM AL-KHOZINY SIDOARJO TAHUN 2023
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab ini dilaksanakan selama dua semester dalam yaitu semester gasal dan semester genap yang terbagi dalam lima kelas belajar yang disesuaikan dengan klasifikasi kompetensi bahasa yang dimiliki mahasiswa. Semua Dosen bahasa Arab telah melakukan formulasi strategi pembelajaran yang berbeda-beda, dengan menyesuaikan karakteristik dan kompetensi mahasiswa mereka dimasing-masing kelas. Di akhir semester untuk mengukur hasil pembelajaran Bahasa Arab yang telah dilaksanakan, maka dilaksanakan ujian akhir semester yang menggunakan istilah UAS. Dalam proses pembelajaran Bahasa Arab yang menggunakan kitab Al - Arabiyyah li al - Talabah 1 untuk semester gasal dan jilid 2 untuk semester genap, baik para Dosen maupun mahasiswa pasti mendapati faktor yang mendukung dan yang menghambat dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kitab Al - Arabiyyah li al - Talabah jilid 1 untuk semester gasal dan jilid 2 untuk semester genap ini disimpulkan dalam tiga kategori, yaitu Faktor Dosen, Faktor Mahasiswa dan Faktor Sarana dan Prasarana.
References
Madkur, Ali A. 2000, Tadris Funun al-Lughah al-Arabiyyah, Dar al-Fikr al-Araby, Kairo.
Abd al-Hamid al-Shalqani, 1980, al-Sijill al-‘Ilmiy li al-Nadwah al-‘Alamiyah al-Ula li Ta’lim al-‘Arabiyah li Ghayr al-Natiqin biha, Mathabi‟ Jami‟at al-Riyad, Riyad.
Andi Prastowo, 2014, Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Kencana, Jakarta.
Andi Prastowo, 2011, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, DIVA Press, Yogyakarta.
E. Mulyasa, 2006, Kurikulum yang di sempurnakan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Depdiknas, 2008, Panduan Pengembangan Bahan Ajar, Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Mandikdasmen, Depdiknas, Jakarta.