Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa Madrasah

Authors

  • Muani Muani STID Islahuddiny Kediri Lombok Barat

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.584

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Sikap Sosial Siswa

Abstract

Penelitian ini membicarakan tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap sosial siswa Madrasah. kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi membentuk sikap sosial siswa dalam Pembelajaran PAI di Madrasah. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi wawancara dilakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, Siswa, Komite, Tokoh Masyarakat. Observasi dilakukan dengan melihat tindakan siswa ketika berada di dalam maupun diluar kelas, dan mengamati kondisi sekolah dan segala objek penelitian di sekolah. Teknik analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengimplementasikan sikap sosial siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sikap sosial yang diterapkan antara lain: religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, peduli lingkungan dan peduli sesama.

References

[1] Al –Jamaly, Fadhil Muhammad. (1986). Filsafat Pendidikan Dalam Al-Quran, Surabaya: PT Bina Ilmu
[2] Arikunto Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Yokyakarta: Reneka Cipta
[3] Daradjat Zakiah. (1993). Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT Bulan Bintang
[4] Daryanto, Herry Sudjendro. (2014). Siap Menyongsong Kurikulum 2013, Wacana Bagi Guru, Yokyakarta: Gava Media
[5] Hadi Sutrisno. (1991). Metodologi Research jilid 3, Yokyakarta: Andi Offset
[6] Purwanto Ngalim M. (1994). Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[7] Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta
[8] Sukmadinata Syaodih Nana. (2009). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
[9] W. Artmanda Frista. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jombang: Lintas Media
[10] Zuhairini, Dkk. (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.
[11] Soekanto Soerjono. (2001). Sosiologi, Suatu Pengantar, Jakarta: PT Raja Grafido Persada
[12] Departemen Agama RI. (1992), Al – Qur’an Dan Terjemahnya, PT. Tanjung Inti,Semarang.
[13] Ketetapan MPR RI 1993 serta GBHN 1993 – 1998, Bintang Timur, Surabaya.
[14] Muslim, Imam, Shoheh Muslim, Nur Asia.
[15] Soekamto, Sarjono, (1993), Sosiologi Suatu Pengantar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
[16] Undang – undang RI, Nomer 2 Tahun 1989, Sistem Pendidikan Nasional, Tugu Muda, Semarang.
[17] Vebriyanto, St. 1990, Sosiologi Pendidikan, Andi Offset, Yogyakarta.
[18] Daradjat, Zakiah, Dr. Prof. (1993) , Ilmu Jiwa Agama, Bulan Bintang, Jakarta.
[19] ___________, (1994), Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah, PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
[20] Hadi, Sutrisn, Drs. MA. Prof. (1989), Metodologi Research Jilid I, Andi Offset, Yogyakarta.
[21] ________, (1992), ), Metodologi Research Jilid II, Andi Offset, Yogyakarta.
[22] ________, (1992), ), Statistik 2, Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Muani, M. (2022). Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa Madrasah. Widya Balina, 7(2), 609–621. https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.584