PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, BELANJA ONLINE, DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Firmina Niken Permatasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lintang Kurniawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v9i1.576

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi, Belanja Online, Shopping Lifestyle, Pembelian Impulsif, E-Commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sistem Informasi Akuntansi, Belanja Online, dan Shopping Lifestyle terhadap Pembelian Impulsif pada pengguna E-Commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang merupakan pengguna aktif Shopee. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kelonggaran kesalahan sebesar 10%. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif, dengan nilai t sebesar 1,502 dan nilai signifikansi 0,136. Sebaliknya, Belanja Online dan Shopping Lifestyle memiliki pengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif, dengan nilai t masing-masing sebesar 3,097 dan 2,104, serta nilai signifikansi sebesar 0,003 dan 0,038.

References

Aulia Safitri S, Aini Rahmah N. The Effect of Accounting Information Systems and Online Shopping on Impulsive Buying on Shopee E-Commerce Users. Soc Sci Stud. 2023;3(4):279-297. doi:10.47153/sss34.7402023
Tumanggor S, Hadi P, Sembiring R. Pembelian impulsif pada e-commerce shopee (studi pada konsumen shopee di Jakarta Selatan). J Bus Bank. 2022;11(2):251. doi:10.14414/jbb.v11i2.2733.
Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248-262.
Eldon, M., Prasetyo, B., & Syafitri, S. D. (2021, November). The Effect Of Shopping Lifestyle On Impulse Buying On The Marketplace Shopee. In International Seminar (Vol. 3, pp. 12-30).
Budiastuti, A. D. P., & Muid, D. (2020). Analisis faktor-faktor pengaruh minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi shopee dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Diponegoro Journal of Accounting, 9(4).
Shop, O., Pribadi, T., & Winarso, S. &. (n.d.). Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Belanja Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Muhammadiyah Yogyakarta).
Rani, N. M., & Catherine, S. (2023). A STUDY ON IMPULSIVE BUYING BEHAVIOUR IN ONLINE SHOPPING. In International Journal of Professional Business Review (Vol. 8, Issue 3). AOS-Estratagia and Inovacao. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i3.1237
Chauhan, S., Banerjee, R., & Mittal, M. (2020). AN ANALYTICAL STUDY ON IMPULSE BUYING FOR ONLINE SHOPPING DURING COVID-19. Journal of Content, Community and Communication, 12, 198–209. https://doi.org/10.31620/JCCC.12.20/18
Firdhaus, A., & Akbar, F. S. (2022). PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM DI KECAMATAN GUBENG SURABAYA. Jurnal Proaksi, 9(2), 173–187. https://doi.org/10.32534/jpk.v9i2.2632
Duan, W., Gu, B., & Whinston, A. B. (2008). Do online reviews matter? An empirical investigation of panel data. Decision Support Systems, 45(4), 1007–1016.
Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. W. (2003). Trust and TAM in online shopping: An integrated model. MIS Quarterly, 27(1), 51–90.
Budiraharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk AQUA. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 8(2), 92–121.
Septianingsih, A. (2020). Analisis Perilaku Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Indonesia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pedidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90–105
Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02
Hardiyanto, N., Gunawan, A. I., Rafdinal, W., & Afif, N. C. (2020). Analisis Perilaku Belanja Online Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(3), 120–130.
Belanja Online Meningkat saat Pandemi, Ini Daftar E-Commerce Paling Banyak Dikunjungi | merdeka.com. (n.d.). Retrieved February 23, 2022, from https://www.merdeka.com/uang/belanja-online-meningkat-saat-pandemi-ini-daftar-e-commercepaling-banyak-dikunjungi.html
Amin, A. M., & Hendra, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Co. Id. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(1), 78- 89.
Fauziah, Silfia, Muhamad Sholeh. 2022. Inovasi Layanan Perpustakaan Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 10(1):29–44.
Ajzen, I., dan M. Fishbein. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesley, Boston, MA. _____, ____. 1980. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Prentice-Hall. Englewood.
Romney dan Steinbart. (2018). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 14), Pearson.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Permatasari, F. N., & Kurniawati, L. (2024). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, BELANJA ONLINE, DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE. Widya Balina, 9(1). https://doi.org/10.53958/wb.v9i1.576