Strategi Marketing Mix terhadap Loyalitas Konsumen
Abstract
Salah satu elemen penting dalam mempengaruhi suatu usaha adalah marketing mix (bauran pemasaran), sehingga sangat penting untuk diterapkan guna meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui usaha tomoro coffee melakukan penerapan bauran pemasaran (marketing mix) dengan menggunakan produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion) yang nantinya akan terciptanya loyalitas konsumen. Bauran pemasaran dapat dikatakan efektif apabila dapat menyatukan empat hal ini dengan efektif dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi pelanggan. Adanya konsep ini dirancang guna membantu sebuah usaha dalam melakukan perencanaan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif. Maka dari itu, Metode pengumpulan sampel ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik accidental sampling yaitu sebanyak 45 orang responden. Sedagkan metode yang digunakan yaitu menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS Versi 4.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa produk berpengaruh negatif siginifikan terhadap loyalitas konsumen, harga berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, tempat berpengaruh negatif signifikan terhadap loyalitas konsumen dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen Tomorro Coffe Deltamas.
References
[2] Arianto, N. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 7(1), 44. https://doi.org/10.32493/jk.v7i1.y2019.p44-54
[3] Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7
[4] Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762–6781.
[5] dataindonesia.id. (2022). Konsumsi kopi indonesia terbesar kelima di dunia. Dataindonesia.Id.
[6] Hakunta, T., & Sujianto, Eko, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Warung Kopi Tequila Tulungagung. Jurnal Ilmiah Hospitality 787, 11(2), 16. http://stp-mataram.e-journal.id/JIH
[7] Hariono, R., & Marlina, M. A. E. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediator pada Star Motor Carwash. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1904
[8] Herawati, N., & Qomariyah, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Interverning (Studi Empiris Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda Di Surakarta). Bhirawa, 4(1), 1–15.
[9] Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.78
[10] Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Journal Of Communication Education, 2(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
[11] Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 03(02), 134–146.
[12] mnews.co.id. (2023). Kopi Fest Indonesia 2023. Mnews.Co.Id.
[13] Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224
[14] Pramesti, M. A., & Chasanah, U. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika (JBBE), 14(02), 281–287.
[15] Putri, Y. M., Utomo, H., & Mar’ati, F. S. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, HARGA DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI GRAND WAHID HOTEL SALATIGA. Jurnal Among Makarti, 14(1), 93–108.
[16] Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 2192–2207.
[17] Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UD. EVA GROUP MATARAM. Valid Jurnal Ilmiah, 16(1), 19.
[18] Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
[19] Saridewi, D. O., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1722–1738. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1072
[20] Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2018). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 23–30.
[21] Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.31227/osf.io/p8e5z