PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM ONCAH KALI DI PEMATANG SIANTAR

  • Liharman Saragih Universitas Simalungun
  • Retno Ayu Oktavia Universitas Simalungun
  • Annisa Fitri Anggreini Universitas Simalungun
  • Chintya Eris Turnip Universitas Simalungun
  • Maya Anggreani V. Purba Universitas Simalungun
  • Jantri Hotdi Sinaga Universitas Simalungun
Keywords: Merek, Keputusan, Citra

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  citra  merek  UMKM Oncah Kali   terhadap minat beli, secara simultan maupun parsial. Strategi branding adalah manajemen suatu merek dalam membentuk sebuah brand serta mengatur, mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen dalam memandang sebuah merek. Topik penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  dan  meneliti  proses  strategi  branding UMKM  yang  mengatur dan mempengaruhi sikap dan perilaku dari konsumen umkm dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi branding  yang  dilakukan  oleh  umkm  dalam meningkatkan  kepercayaan  konsumen antara lain, melakukan branding melalui saluran media social untuk menimbulkan brand
awareness kepada konsumen.Oncah Kali telah mengalami sekali perubahan pada nama brand mereka dan pada nama brand yang telah mereka sepakati kali ini mereka cukup banyak mendapatkan konsumen hingga saat ini. Oncah kali yang berarti “enak sekali” merupakan ungkapan dari para konsumen yang menyebabkan perubahan nama pada UMKM mereka.

References

[1] Sufiani Zahra, "Definisi, Kriteria dan Konsep UMKM" Universitas Islam Negeri
Alauddin Makassar, 2022.
[2] Indra Wijayanto, Sri Setyo Iriani, 2013.Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas
Konsumen. Surabaya, Jurnal Ilmu Manajemen.
[3] Pradana Dedhy, Syarifah Hudayah, Rahmawati, 2017. Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor, Samarinda, Jurnal Kinerja. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/download/2445/348 diakses pada 10 Mei 2024.
[4] Gusniar, Bella. 2014. Pengaruh Citra merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hand & Body Lotion Merek Citra. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang. https://eprints.dinus.ac.id/8684 diakses pada 18 Mei
2024.
[5] Cintya , 2020. Brand Equity : Pengertian,manfaat ,dan cara meningkatkannya. Accurate. https://accurate.id/marketing-manajemen/brand-equity-adalah/ diakses pada 12Mei 2023.
[6] Amazon. “Apa itu manajemen merek”. Diakses pada 24 Maret 2024 pukul 16.25, dari https://www.google.com/url sa=i&url=https%3A%2F%2Fadvertising-amazon- com.translate.goog%2Flibrary%2Fguides%2Fbrand-\ management%3F_x_tr_sl%3Den%26_x_tr_tl%3Did%26_x_tr_hl%3Did%26_x_tr_pto%3Dtc&psig=AOvVaw1_fAutHouLCQJxIm36c2W5&ust=1711351516
303000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&cs=1&hl=id-ID
[7] Nanda, R. (2018). ”PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KOSUMEN DALAM MEMBELI CELANA MEREK WRANGLER DI
DISTRO BARCODE PEKANBARU”. Diakses pada 24 Maret 2024 pukul 14.19, dari https://repository.uir.ac.id/6199/1/125210162.pdf
[8] Mulya, Sasanti C. “Pemahaman Keputusan Pemberian Merek pada Tiga Generasi UMKM Boki Murni Tabanan-Bali”. Diakses pada 24 Maret 2024, pukul 11.35, dari https://repository.unair.ac.id/80064/3/JURNAL_TSK.12%2018%20Mul%20p.p df
[9] Muhtarom, Abid, dkk. (2022). “ANALISIS CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI MINAT BELI”. Diakses pada 21 maret 2024 pukul 13.47, dari https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/download/2445/348
[10] Susanti Susanti, Darwin Lie, Efendi Efendi , Andy Wijaya, 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bening Water Pematangsiantar. Jurnal Manajemen, STIE Sultan Agung, Pematangsiantar. https://maker.ac.id/index.php/maker/article/view/15 diakses pada 14 Mei 2024.
Published
2024-06-18
How to Cite
Saragih, L., Oktavia, R., Anggreini, A., Turnip, C., V. Purba, M., & Sinaga, J. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM ONCAH KALI DI PEMATANG SIANTAR. Widya Balina, 9(1), 116 - 126. https://doi.org/10.53958/wb.v9i1.535