Analisis Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Pesaing Produk Kecantikan Berlabel Halal
Abstract
Dalam Islam, menjaga kebersihan diri menjadi hal yang sangat penting, terutama saat beribadah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian ini menggunakan metode penelitian perpustakaan dan penelitian lapangan yaitu wawancara terhadap pimpinan dan beberapa pengguna kosmetik. Kantor HDI Family Center Kota Kraksaan-Probolinggo. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa untuk lebih mempertajam pesaingan produk BSKIN ini dengan pesaing sejenis, ditemukan alternative yakni dengan cara memperluas strategi pemasaran secara online atau pemasaran produk melalui internet mampu memperluas daerah pemasaran dan menetapkan strategi pemasaran yang efektif dan efesien. strategi pemasaran ini, bertujuan untuk mencapai sebanyak mungkin transaksi penjualan dengan pelanggan. Pemasaran melalui word-of-mouth (WOM) memang memberikan banyak keuntungan dalam memasarkan produk atau jasa. Dengan rekomendasi personal dari teman atau keluarga, tingkat kepercayaan konsumen terhadap suatu produk bisa meningkat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak dari beberapa perusahaan seperti HDI menggunakan pemasaran melalui word-of-mouth dapat menggandakan penjualan hingga dua kali lipat. Prinsip pemasaran transaksional ini difokuskan pada mencapai target atau volume penjualan yang tinggi. Pemasaran transaksional mengandalkan pada pendekatan dasar pemasaran yang dikenal sebagai 4P: produk, harga.
References
Agus, P. A. (2017). Kedudukan Sertifikasi Halal Dalam Sistem Hukum Nasional Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen Dalam Hukum Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 150–165. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2172
Bouman dan Wiele (1992: 5). (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Pada Konsumen di McDonald’s Alauddin Makassar. JURNAL ORGANISASI DANMANAJEMEN Volume, 3(9), 14–34.
Eldwin, K., & Jeremy, G. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Obien Surabaya di Jawa Timur. Agora, 9(1), 1–9.
Fachrozie, R., Zulfita, E., Lubis, M. I., Hazrah, S., Manajemen, P. S., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). Jurnal Ilmu Komputer , Ekonomi dan Manajemen ( JIKEM ) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Memasuki Pemasaran Global ( Studi. 2(2), 3809–3816.
Lamsah, H., & Zamilah, E. (n.d.). Analisis Strategi Pemasaran untuk Menghadapi Pesaing Produk Kecantikan Wardah pada Toko Mahkota Ayu Kosmetik Banjarmasin Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary. 2.
Munir, A., Wahyudi, S., & Zainal, Z. (2020). Tinjauan Kriminologi Terhadap Sensual Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Yang Diperankan Oleh Sales Promotion Girl Di Kota Pekanbaru. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 6(2), 21–35. https://doi.org/10.25299/wedana.v6i2.7863
Nisa, A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI IAIN Purwokerto). In Iain Purwokerto.
Nugraha, J. T., & UUD. (1945). Setrifikat halal pada produk makanan dan minuman memberi perlindungan dan kepastian hukum hak-hak konsumen muslim. 105(3), 129–133.
Nuriawati. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Pemasaran Dalam Bisnis Syariah. Izzi (Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Badri Mashduqi), 1(1), 42–54.
Orivia, A. I. (2023). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kosmetik Maybelline. 3(2), 1–14.
Pitoy, C. V., Tumbel, A., & Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada Pt. Astragraphia, Tbk Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 302–312.
Ratih, I. S. (2021). Strategi Bisnis Syariah Dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. IZZI: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 1–18.
Ridho, Z. (2021). PENGELOLAAN KEUANGAN DANA HAJI DI MASA PANDEMI COVID-19 Zainur. Haramain, Vol. 01 No(01), 328.
Sunyoto, D., & Saksono, Y. (2022). Perilaku Konsumen. Eureka Media Aksara, November 2022 Anggota Ikapi Jawa Tengah, 212.
Suryowati, B., & Nurhasanah, N. (2020). Label Halal, Kesadaran Halal , Religiusitas Dan Minat Beli Produk Kosmetik Halal. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 9(01), 11–20.
Theodoridis, T., & Kraemer, J. (n.d.). KONSEP KECANTIKAN DAN PEMANFAATAN PRODUK KOSMETIK WAJAH PADA MAHASISWI SURABAYA.
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. Journal Management, 19(3), 2020.