Strategi Pertumbuhan yang Efektif untuk Membangun Ketahanan Bisnis pada UMKM Kopiah Resam di Bangka Belitung
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pertumbuhan yang efektif untuk membangun ketahanan bisnis pada UMKM Kopiah Resam di Bangka Belitung. Kopiah Resam merupakan kerajinan tangan khas yang terbuat dari bahan resam, namun menghadapi tantangan kelangkaan bahan baku dan persaingan pasar. Melalui tinjauan pustaka, penelitian ini mengidentifikasi strategi kunci seperti penggunaan teknologi maju, inovasi produk, peningkatan sumber daya manusia, dukungan promosi, dan orientasi pasar. Strategi yang direkomendasikan meliputi diversifikasi produk, penguatan branding, penetrasi pasar digital, kemitraan lokal, serta pelatihan dan pengembangan SDM. Integrasi teknologi modern dalam produksi dan pemasaran online dapat meningkatkan efisiensi dan jangkauan pasar. Inovasi desain dan kolaborasi dengan desainer lokal dapat meningkatkan nilai tambah suatu produk. Dukungan dari pemerintah maupun lembaga terkait dalam pelatihan SDM, dan promosi juga penting untuk meningkatkan kualitas dan visibilitas produk Kopiah resam. trategi yang telah terintegrasi ini diharapkan bisa memberikan fondasi kokoh bagi ketahanan dan pertumbuhan UMKM Kopiah Resam sebagai tulang punggung ekonomi lokal Bangka Belitung
References
Admin. (2023). Kopiah Resam, Kerajinan Ramah Lingkungan Khas Bangka. Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/kategori/budaya/6977/kopiah-resam-kerajinan-ramah-lingkungan-khas-bangka?lang=1 )
Az-Zuhaili, Wahbah, ‘Konsep Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi, Bakat, Dan Ketahanan Dalam Organisasi’, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2019, 479
Belitung, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi BPS Provinsi Kepulauan Bangka, ‘Jumlah Usaha Industri Mikro Dan Kecil Menurut Kabupaten/Kota 2020-2022’, Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bnagka Belitung, p. 1
bidin A. (2017). STUDI TENTANG SONGKOK RESAM PADA MASYARAKAT BANGKA BELITUNG. Lembaran Roszdravnadzora, 4(1), 9–15.
Drajat Armono, M Rizal Bakri Najib, & Nurhayanto. (2023). Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Ketahanan Umkm Di Kota Mataram Setelah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Aplikasi Bisnis, 20(2), 483–495. https://doi.org/10.20885/jabis.vol20.iss2.art5
Firdausya, L. Z., & Ompusunggu, D. P. (2023). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Digital Abad 21. Tali Jagad Journal, 1(1), 16–20.
Hasan, S. (2020). Memahami Pertumbuhan Bisnis dan Perkembangannya. 1–371.
Napisah, S. (2022). Pengaruh orientasi pasar, inovasi produk, dan strategis kreativitas pemasaran terhadap kinerja [emasaran pada UMKM Kerajinan Kopiah Resam Desa Dendang Kecamatan Kelapa Bangka Barat. JEM: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkalpinang, 8(2), 11–23. https://babel.antaranews.com.
Safitri, P., & Fajrin, Z. (2019). Strategi Bisnis Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kopiah Resam Mentari Kota Pangkalpinang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 61–74. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v20i1.390
Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Bank Indonesia Dan LPPI, 1–135.
Krisna, Putu, and Putu Nuratama, Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah, Penerbit CV. Cahaya Bintang Cemerlang., 2021
May, Ruth, ‘PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA DAN MODAL SOSIAL TERHADAP KETAHANAN USAHA DI KOTA MEDAN (Studi Kasus Pada UKM Di Kota Medan)’, 2021
Wilantara, Rio. F, and Ruly Indrawan, ‘Strategi Dan Kebijakan Pengembangan UMKM’, Serambinews.Com, 2016, 1–217