Pelatihan Pembuatan Makanan Sehat dan Penerapan CHSE Bagi PKK di Dusun Munduk Juwet Desa Pesagi, Tabanan, Bali

  • Ni Kadek Widyastuti Universitas Dhyana Pura
  • Sidhi Bayu Turker Universitas Dhyana Pura
  • Ni Luh Christine Prawita Suyasa Universitas Dhyana Pura
  • Eko Sulistyo Universitas Dhyana Pura
Keywords: CHSE, Pelatihan, Guest House

Abstract

Tujuan  pelatihan ini memberikan  wawasan, keterampilan pengolahan makanan sehat,  dan penerapan CHSE serta memberikan informasi bahwa  pelatihan ini juga bermanfaat dalam pengembangan usaha/enterpreneurship.  Melihat banyaknya manfaat dari pelatihan ini diharapkan peserta dapat menyerap ilmu dan mengaplikasikan di masyarakat khususnya dalam mengelola guest house. Jenis Kegiatan yang dilakukan adalah persiapan, ceramah dan demontrasi serta pendampingan praktek. Pelatihan di laksanakan secara offline di balai banjar Dusun Munduk Juwet Desa Pesagi. Antusias peserta  selama mengikuti pelatihan yaitu mereka sangat komunikatif, aktif bertanya dan mengikuti pelatihan dengan sangat baik. Mereka berharap pada kesempatan mendatang bisa diberikan pelatihan lagi pada bidang yang berbeda seperti pelatihan pembuatan roti, dan pelatihan spa sehingga bermanfaat dalam mengelola guest house dan pengembangan usaha / entrepreneurship.

References

[1] Halizah, NY. 1996. Teknik Masak Memasak. Gaya Media Pratama. Jakarta.
[2] Iskak Munandar, Aliem. 1995. Teori Pastry. Yogyakarta. AKS Tarakanita Yogyakarta. Kartohadiprodjo, Ambarini. 2013. 25 Resep Dessert Populer. Erlangga.
[3] Penerapan CHSE di Destinasi Wisata, Kemenpar RI, 2020
[4] Pelatihan Pondok Wisata, Kemenpar RI, 2019
[5] Suhardjito, YB. 2005. Pastry dalam Perhotelan. Andi. Yogyakarta.
[6] Tuti Sutomo, NY. 1989. Pedoman Keterampilan Memasak. Pionir Jaya. Bandung
[7] Dana, B. S., & Hasan, A. F. (2016). Analisis Kinerja Ekspor Tembakau Di Indonesia: Pendekatan Vector Autoregression. UNEJ E-Proceeding, 668–678.
[8] Kurnianingrum, T. P., SH, M. H., Cahyaningrum, D., Nola, L. F., SH, M. K., & Novianti, S. H. (2021). Pelindungan kepentingan nasional dalam perdagangan internasional. Publica Indonesia Utama.
[9] Kurniawati, A. M., Yulianto, E., & Abdillah, Y. (2016). Pengaruh Harga Tembakau Internasional, Jumlah Produksi Domestik Dan Nilai Tukar Terhadap Nilai Ekspor Tembakau Indonesia (Studi Nilai Ekspor Tembakau Indonesia Tahun 1985-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 38(2).
[10] Lubis, H. N. (2017). Daya Saing Komoditi Tembakau Indonesia di Pasar Internasional. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
[11] Sudaryanto, B., Prasetyo, T., Setiani, C., Nuschati, U., Ambarsari, I., & Nurhayati, R. (n.d.). SISTEM USAHA PERTANIAN BERBASIS SAPI PERAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN BIOINDUSTRI DI PERDESAAN. PENGEMBANGAN BIOINDUSTRI, 80.
[12] Suhaidi, S., Rosmalinda, R., & Alhayyan, R. (n.d.). Kesiapan Pemerintah Daerah Sumatera Utara dalam Bidang Lingkungan Laut Untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia (Studi di Selat Malaka).
[13] Sukirno, S. (2008). Pengantar Teori Makro Ekonomi. PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2023-12-06
How to Cite
Widyastuti, N. K., Turker, S., Suyasa, N. L. C., & Sulistyo, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Makanan Sehat dan Penerapan CHSE Bagi PKK di Dusun Munduk Juwet Desa Pesagi, Tabanan, Bali. Widya Balina, 8(2), 827 - 831. https://doi.org/10.53958/wb.v8i2.359