Metode Bercerita Sebagai Model Penanaman Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada Raudlatul Athfal (RA) Babusalam Seganteng Cakranegara Kota Mataram Lombok NTB

Authors

  • Silvia Ariani STIT Islamiyah NTB

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v8i2.358

Keywords:

Metode bercerita, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan agama sangat penting di berikan pada anak-anak pada usia dini untuk mengenali agama mereka sendiri. Pendidikan agam merupakan filter untuk segala aspek kehidupan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bercerita sebagai model membangun pendidikan islam untuk anak anak usia dini di RA Babussalam. Metode yang di gunakan ada deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita sangat efektif sebagai tujuan untuk membangun pendidikan islam terhadap anak anak.

References

[1] Al-Qur’an dan Terjemahnya. (1993). Departemen Agama R. I Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qur’an. Jakarta.
[2] Abdullah, J. (1997). Memilih Dongeng Islami Pada Anak, Jakarta : Amanah.
[3] Basya, Hasan S. (2011). Cara Jitu Mendidik Anak Sholeh dan Unggul di Sekolah. Jakarta: Zikrul Hakim.
[4] Daradjat, Zakiyah. ( 2001). Ilmu Pendidikian Islam. Jakarta: Bumi Askara.
[5] R. , Moeslichatoen. (2004).Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta:Rieka Cipta.
[6] Sugiyono. (2010).. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[7] Santrock. Jhon W. (2011). Masa Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Salemba
[8] Soekanto, (2001). Seni Bercerita Islami. Jakarta: Bina Mitra Press.

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Ariani, S. (2023). Metode Bercerita Sebagai Model Penanaman Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Usia Dini Pada Raudlatul Athfal (RA) Babusalam Seganteng Cakranegara Kota Mataram Lombok NTB. Widya Balina, 8(2), 822–826. https://doi.org/10.53958/wb.v8i2.358