Strategi Pengembangan Minat Investasi Di Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah 1
Abstract
Pasar modal Indonesia merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Bahkan ekonomi modern tidak dapat berdiri tanpa pasar modal yang kuat, berdaya saing global, dan terorganisir dengan baik. Selain itu, pasar modal juga digunakan sebagai indikator pembangunan ekonomi suatu negara. Hal inilah yang membuat Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah 1 memperkuat strateginya dalam mengembangkan minat masyarakat untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan minat investasi di Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala kantor dan staf trainer Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah 1. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pengembangan minat investasi yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah 1 adalah strategi sosialisasi dan edukasi serta menggunakan media sosial.
References
[2] Bakhri, Syaeful. 2018. “Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal.” Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah 10(1):149–51. doi: 10.24235/amwal.v10i1.2846.
[3] BPS. 2022. “Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah (Jiwa), 2020-2022.” Jateng.Bps.Go.Id. Retrieved September 22, 2023 (https://jateng.bps.go.id/indicator/12/766/1/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota-di-jawa-tengah.html).
[4] IDX. 2023a. “Ikhtisar Dan Sejarah BEI.” Www.Idx.Co.Id. Retrieved September 23, 2023 (https://www.idx.co.id/id/tentang-bei/ikhtisar-dan-sejarah-bei/).
[5] IDX. 2023b. “Layanan Data BEI.” Www.Idx.Co.Id. Retrieved September 22, 2023 (https://www.idx.co.id/id/produk/layanan-data-bei/).
[6] Mappasere, Stambol A., and Naila Suyuti. 2019. Metode Penelitian Sosial. Vol. 33. Oktober 20. edited by I. F. Maryadi. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku CV Adi Karya Mandiri.
[7] Maros, Fadlun, Elitear Julian, Tambunan Ardi, and Koto Ernawati. 2016. “Penelitian Lapangan (Field Research).” Ilmu Komunikasi 6–7.
[8] Mawardi, M., and L. Lemiyana. 2020. “Edukasi Pasar Modal Syariah Untuk Menumbuhkan Minat Investasi Bagi Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol.5(No.2):530–31.
[9] Muklis, Faiza. 2016. “Perkembangan Dan Tantangan Pasar Modal.” Al Masraf (Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan) 1(1):67.
[10] OJK. 2022. “Siaran Pers: Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022.” Ojk.Go.Id. Retrieved September 21, 2023 (https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx).
[11] OJK. 2023. “Roadmap Pasar Modal Indonesia.” 20–28. Retrieved September 22, 2023 (https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Roadmap-Pasar-Modal-Indonesia-2023---2027.aspx).
[12] Syaifullah, Muhammad, Fachrurazi Fachrurazi, Firdaus Achmad, Sandi Adji Usman, and Rizki Wahyuni. 2019. “Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah.” Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah 3(2):112–15. doi: 10.24252/al-mashrafiyah.v3i2.10037.