Analisis Peran Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Modern Di Kecamatan Kerambitan, Tabanan

  • Luh Gede Putri Kusuma Pekerti Universitas Triatma Mulya
  • Putu Lidia Marini Universitas Triatma Mulya
Keywords: Lokasi, kelengkapan produk, harga

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk menganalis pengaruh peran lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen 2) Untuk menganalisis pengaruh kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen 3) untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen.Metode  penelitian yang digunakan adalah metode  kuantitatif. Penlitian ini dilakukan di Toko UD Polos yang terletak di Jalan Raya Kerambitan,Tabanan, Bali. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif. Metode pengumpulan data  dengan menyebarkan kuisioner secara  online  melalui  google  form kepada konsumen atau pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling yaitu accidental sampling. jumlah sampel yang diperlukan 96 responden. Teknik  analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS 24.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1). Peran lokasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Modern di Kecamatan Kerambitan. 2) kelengkapan produk memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Modern di Kecamatan Kerambitan.3) harga memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Modern di Kecamatan Kerambitan.

References

[1] Afifi, F. F., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Aroma Kitchen Kota Padang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 481–486. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.350
[2] Astiti, P. A., & Telagawathi, N. L. W. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Minuman Dalam Kemasan Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/36450
[3] Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (PAJUS) Medan. 227–242. www.ayogitabisa.com
[4] Heliawan, Y. A., & Wisnu, A. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 18(2), 174–180. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jap/article/view/114
[5] Hidayat, T. (2020). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Bangunan Atha Mandiri Dukuhwaluh). https://repository.uinsaizu.ac.id/7980/
[6] Kotler, P., & Amstrong, G. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Erlangga.
[7] Kotler, P., & Keller. (2019). Manajemen pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. PT. Indeks.
[8] Larasati, N. H. (2020, 07 10). Pengertian UMKM Menurut Para Ahli dan Undang-Undang yang Harus Dipahami sebagai Pebisnis. Retrieved from DIADONA https://www.diadona.id/career/pengertian-umkm-menurut-para-ahli-dan-undangundang-yang-harus-dipahami-sebagai-pebisnis-200710y.html
[9] Marantika, W., & Sarsono. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Word of Mouth, dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Pengunjung Toko Amigo Pedan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 114. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.633
[10] Mardiana, D., & Sijabat, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(1), 9–13. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
[11] Nugroho, A. A. (2020). Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Merek Surya (Studi Konsumen Rokok Surya Pada Mahasiswa UIN Maliki Malang). http://etheses.uin-malang.ac.id/19127
[12] Rudjito. (2003). Strategi pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis,dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh ketahanan nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI
[13] Tjiptono, F.(2018). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andy Offset.
[14] Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
[15] Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832
Published
2023-12-04
How to Cite
Pekerti, L. G. P., & Marini, P. (2023). Analisis Peran Lokasi, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Modern Di Kecamatan Kerambitan, Tabanan. Widya Balina, 8(2), 714 - 721. https://doi.org/10.53958/wb.v8i2.332