Analisis Peran Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam di MIS Nurul Fadhilah
Abstract
Lembaga pendidikan adalah wadah bagi seluruh masyarakat untuk mengolah cara berfikir dan mendapatkan ilmu-ilmu baru. Kompetensi pengajar di dalamnya, menjadi suatu tolak ukur terhadap pencapaian suatu lembaga pendidikan islam, begitu pula terhadap peran kepemimpinan di suatu lembaga pendidikan islam tersebut. Dalam hal ini, peran kepemimpinan menjadi komponen yang sangat penting. Bagaimana cara seorang pemimpin mengambil keputusan, cara mempengaruhi orang lain untuk melakukan satu visi, misi dan juga mengkoordinir untuk melakukan kerjasama dan kolaborasi untuk tujuan pendidikan. Untuk itu kami melakukan penelitian yang dilakukan dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di MIS Nurul Fadhilah. Peran kepemimpinan lah yang menjadi komponen utama dalam menggerakkan seluruh unsur di dalam lembaga pendidikan, maka dari itu para ahali mengatakan kategori untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa memecahkan masalah, pandai berkomunikasi serta tanggap dalam mengambil keputusan yang diperlukan sesuai keadaan.
References
[2] Akbar, Muhammad Zulfahmi. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 BIMA.” EL-HIKAM-Journal of Education and Religious Studies Vol 14 No (2021).
[3] Bashori, Fathur (2019). "Transformative Leadership in Islamic Education: Critical Perspectives from the Indonesian Context". Springer.
[4] Bilah, Izzani. N and Ainur Rifqi. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Jenjang Sekolah Dasar Dan Menengah.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vol 10, 3, 2022.
[5] Fitriani. “Proses Perencanaan Total Quality Management Dalam Pendidikan Islam.” Didaktika Jurnal Kependidikan Vol. 11 No (2017).
[6] Lamri. M, Ahmad Mulhakim, & Nanang Badrut Tamam. 2023. “School Principal’s Strategy Management In Improving The Quality Of Education In Kota Waringin Timur”. JIEMAN: JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATIONAL MANAGEMENT, 5, No. 1 (2023).
[7] Machali, I. (2012). Teori, Konsep, dan Aplikasi Kepemimpinan. Bandung: PT Refika Aditama.
[8] Mulhakim, Ahmad, and Sigit Priyo Sembodo. “Exploring Marketing Strategy for Islamic Boarding Schools in the Minority-Muslim Area of Jembrana Bali.” JIEMAN: JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATIONAL MANAGEMENT 4, No. 2 (2022)
[9] Nurhaya. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDN 4 Sungai Nilam Jawai.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khtulistiwa Vol 6, No (2017).
[10] Nuranita, Salsa Widya. “Pengelolaan Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Berbasis Sosial Media di SMKN 1 Sragen.” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam Volume, 04 (2022).
[11] Shulhan, M. (2013). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
[12] Wahjosumidjo. (2003). Kepala Madrasah: Antara Guru dan Manajer. Jakarta: Rineka Cipta.
[13] Wahab, A. A. (2015). Teori Kepemimpinan: Kajian dan Evaluasi. Jakarta: Rajawali Pers.
[14] Ancok, D. (2012). Psikologi Kepemimpinan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[15] Lesmana, T. (2009). Memimpin dan Mengelola Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[16] Al-Farabi. (1995). Alfarabi's Philosophy of Plato and Aristotle. Translated by Muhsin Mahdi. Ithaca, NY: Cornell University Press