Strategi Pemasaran dan Proses Pembuatan Rengginang di Desa Bukit Mas, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

  • Intan Suci Melani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lina Kristina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizky Ramadhan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Hussein Mangku Anom Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Rengginang, Strategi Pemasaran, Proses Pembuatan

Abstract

Rengginang adalah salah satu makanan yang terbuat dari bahan tradisional indonesia yaitu singkong atau sering kita kenal dengan ubi kayu, yang umumnya rengginang ini berbentuk lingkaran dengan ukuran tertentu, terasa gurih, dan memiliki tekstur yang renyah. Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian kualitatif ini menggunakan data yang dikumpulkan berupa gambaran-gambaran umum strategi pemasaran dan proses pembuatan rengginang di Desa Bukit Mas Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan proses pembuatan rengginang di Desa Bukit Mas. Untuk itu perlu dilakukan kajian, penelitian, dan wawancara dengan rumusan masalah 1) Bagaimana strategi pemasaran rengginang yang dilakukan oleh pemilik pabrik, 2) Bagaiman cara pembuatan rengginang yang sesuai dengan proses yang ditekuni sejak lama oleh pemilik pabrik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Pemasaran Renggiang yang telah diterapkan oleh Bapak Warman dengan menawarkan produk rengginang ke warung-warung, mini market dan juga target besar beliau dalam pemasaran yaitu mengirimkan atau menjual hasil produksi rengginang ini ke luar provinsi seperti ke Provinsi Aceh, sehingga bisnis ini bisa terjalankan dengan baik.

References

[1] Lisanul Hafidhotul Ilma dan Fadillah Azzahroh, “Inovasi Kerupuk Rengginang Sebagai Upaya Peningkatan Potensi Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Cidokom”, (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Desember 2022), Vol. 1, No. 2, Hal 118-125. DOI: https://doi.org/ 10.47776/praxis.v1i2.581.
[2] Tasya Meidita, dkk., “Perumusan Strategi Pemasaran Produk Rengginang Dengan Penerapan Formulasi Manajemen Strategi”, (Jurnal Teknik Industri : 2023), Vol. 9, No. 1,hlm 156.
[3] Tika, P. (2006). Budaya Organisasi dan peningkatan Kinerja Perusahaan Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Bhumi Aksara.
Published
2023-06-12
How to Cite
Melani, I., Kristina, L., Ramadhan, R., & Mangku Anom, A. (2023). Strategi Pemasaran dan Proses Pembuatan Rengginang di Desa Bukit Mas, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Widya Balina, 8(1), 624 - 630. https://doi.org/10.53958/wb.v8i1.256