UPAYA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA GAMBAR DI RA AL MANSHURIAH
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.209Keywords:
Kemampuan Membaca, Media GambarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca dini pada anak usia 5-6 tahun melalui media gambar di RA Al Manshuriah tahun pelajaran 2022/2023, adapun pertanyaan penelitian sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca dini anak usia 5-6 melalui media gambar di RA Al Manshuriah 2) Apa saja hambatan Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun dengan menggunakan media gambar di RA Al Manshuriah tahun pelajaran 2022/2023. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut peneliti merancang penelitian dengan menggunakan jenis dan metode kualitatif, dari penelitian ini usia anak 5-6 tahun pada RA Al Manshuriah tahun pelajaran 2022/2023, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dokumentasi, selanjutnya menggunakan analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan membaca dini dengan menggunakan media gambar pada RA Al Manshuriah tahun pelajaran 2022/2023 sudah tepat yaitu dengan metode belajar sambil bermain, hal ini dibuktikan dengan hasil skor anak pada observasi ke dua yaitu Dari hasil observasi kedua menunjukan bahwa anak yang tingkat kemampuan membaca terdapat 9 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) 62,5%. 5 orang anak mulai berkembang (MB) 31,25%, dan 1 orang anak yang belum berkembang (BB) 6,25% . sesuai dengan factor-faktor pendukung yaitu metode yang menantang dan merangsang serta kepedulian seorang guru terhadap anak, adapun hambatan-hambatan yang dihadapi yaitu rasa ketertarikan anak terhadap guru masih kurang, tidak ada sinergi guru dengan sekolah, kerjasama antara guru dengan orang tua anak masih belum maksimal, sebagai alternative dari hambatan-hambatan tersebut adalah guru menghadirkan model-model pembelajaran yang menantang peduli terhadap nuansa dalam pembelajaran, menunjukkan kepribadian yang positif dengan menanamkan nilai-nilai agama.
References
Asmani J M. (2009) Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif Jogjakarta: Diva press.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azzet, A M. (2014) Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jogjakarta: Katahari.
Cartledge. (1992). Teaching Social Skills To Children. New York: Pergamon Book
Djamarah, Bahri, Syaiful. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, 2013. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung Pt. Remaja Rosda Karya
Munandar (1999) Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkancana, W. dan Sunartana. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Rini Hildayani, dkk. (2011). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suryati Sidharta dan Rita Eka Izzaty. (2009). Program Pembelajaran Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Bagi Pendidik Taman Kanakkanak. Yogyakarta: Logung Pustaka.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Suyanto, Slamet (2005), Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta; Depdiknas.
Wijaya Khusam (2009). Pendidikan Karakter di Sekolah Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Ryama Widya
Winda Gunarti, Lilis Suryani & Azizah Muis. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yuliani Nurani Sujiono. (2009). Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan) cetakan 3. Jakarta : Kencana.
Dwi Sunar Prasetyono, (2008), Rahasia Mengajarkan Gemar membaca pada anak useria dini. think.
Farida Rahim.,(2005) Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar Bumi Aksara.
Dwi Sunar Prasetiyono. (2005), Pengajaran Membaca di sekolah dasar,. Bumi Aksara.
Hurlock Elizabeth (1978), Perkembangan Anak,Erlangga
Hadi (1986), Metode Research, Gajah Mada University Press.
Mohammad Quraish Shihab, (1992). Membumikan Alqur’an,Mizan
Muh.Nur Mustakim,(2005),Peranan Cerita dalam Pembentukan Perkembangan anak TK . DEPDIKNAS.
Margono,.(2004),Metode Penelitian Pendidikan,PT.Rineka Cipta.
Moleong.,(1991),Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya.
Mr.Sandjaya (2005), Membaca Dini,
Nasution,(1992), Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Tarsito
Nana Sudjana dkk,(2002),Media Pengajaran,Sinar Baru Algensida.
Siti Aisyah,(2007),Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini,Universitas Terbuka.
Slamet Suyanto,(2003),Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini,Universitas Negri Yogyakarta.
Syaiful Bahri Djamarah,(2002),Strategi Belajar Mengajar,Rineka Cipta.
Suharsimi,(1998),Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik),Rineka Cipta.
Tarigan,(1985),Prinsip-Prinsip Dasar Sastera,Angkasa.
Tadkirotun,(2005),Pengajaran Membaca disekolah Dasar,Bumi Aksara.
Yuliani Nurani Sudjono,(2009),Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini,Bumi Aksara.
Www.Meningkatkan Daya Imajinasi Anak,(2018),tanggal 26 Februari pukul;11