STRATEGI PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUANTITAS CALON MAHASISWA BARU DI STITNU AL-MAHSUNI DANGER

Authors

  • Muhamad Fahmi

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.208

Keywords:

strategi pemasaran, bauran pemasaran dan kuantitas mahasiswa baru

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pelaksanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru. Serta mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan pendukung strategi pelaksanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru.

Dalam meningkatkan kuantitas para pelangan jasa pendidikan yaitu calon mahasiswa adalah dengan menerapkan strategi integrasi yang baik. Strategi integrasi merupakan salah satu strategi dalam aktifitas pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru  dan memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan menelaah perihal strategi pemasaran jasa pendidikan yang ada di STITNU Al-Mahsuni Danger dalam meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru  dengan menggunakan bauran pemasaran sebagai alat promosi produk keunggulan sekolah yang lebih menekankan pada 7P (product, price, place, promotion, people, pshycal evidence, process). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam wawancara ini yaitu waka kemahasiswaan, ketua P2M-P3M, tim PMB, ketua BEM dan mahasiswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji depenabilitas dan uji konfirmabilitas.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa strategi integrasi yang dilakukan STITNU Al-Mahsuni Danger dalam meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru  sudah terbilang baik, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya data jumlah peningkatan jumalah mahasiswa pada setiap tahunnya. Dari ketujuh unsur bauran pemasaran yang paling dominan didalam meningkatkan kuantitas calon mahasiswa baru di STITNU Al-Mahsuni Danger adalah product, price, dan promotion. Product STITNU Al-Mahsuni Danger yang meliputi MPI, PIAUD dan penekanan pada program pengembangan minat dan bakat. Pada price STITNU Al-Mahsuni Danger menawarkan harga yang relative terjangkau dan sangat sesuai dengan pelayanan yang diberikan serta memiliki berbagai kebijakan potongan harga. Kemudian promotion STITNU Al-Mahsuni Danger yang berfokus pada pengoptimalan periklanan seperti banner, spanduk, media sosial, dan sosialisasi ke sekolah dan madrasah.

References

Abd Rahman &Enny Radjab, Manajemen Strategi, (Makassar, 2016, LPP UMM),

Alhamidah, Siti. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMK Taruna Terpadu 2. Jakarta: Repository UIN Jakarta 2017.

Arifin, Zainal .2011. Penelitian Pendidikan( Metode Paradigma Baru , Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XII (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002)

David Fread R, Strategic Management: Concept and Cases, (Florence, 2011, Pearson Education),

David, F. R. (2015). Strategic Management, Concepts and Cases. 15th Edition. Prentice Hall

David Wijaya, Pemasaran Jasa Pendidikan, (Jakara, Bumi Aksara, 2016),

Fatihudin,D.&Firmansyah,A.M,Pemasaran Jasa, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019)

Hardani, dkk, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.

Hermawan Agus, Komunikasi Pemasaran, (Jakarta:Erlangga,2012),

Hidayat,A, & Machali,I, Pengelolaan Pendidikan ( Konsep, Prinsip, dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah), ( Yoyakarta : Kaukaba, 2012)

Ibid.

Jujun, S Suriasurantami,Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Popular, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2001,

Khasanah Afidatun, Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturradenyh, (Jurnal El-tarbawi Vol 8, No. 2, 2015),

Lexy J. Moleong, Op.cit,

Lexy J.& Moeloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)

Modul UPI, Pemasaran Pendidikan.

Muhaimin.2012.manajemen pendidikan (Aplikasinya dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah),cet.4 Jakarta : Kencana prenanda Media Group

Mursid, M,Manajemen Pemasaran, Cet,Xi, (Jakarta:Bumi Aksara,2017),

Nembah F. Hartimbul Ginting, Manajemen Pemasaran, (Bandung: Yrama Widya, 2011), 293.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Fahmi, M. (2022). STRATEGI PELAKSANAAN MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUANTITAS CALON MAHASISWA BARU DI STITNU AL-MAHSUNI DANGER. Widya Balina, 7(1), 370–379. https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.208