Desain Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Pada Materi Logika Matematika Di SMKN 5 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.194Keywords:
desain, e-modul, logika matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul matematika materi logika matematika dengan menggunakan model 4D yaitu tahap define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), dan disseminate penyebaran) . Dalam penelitian ini hanya sampai tahap 3D karena keterbatasan waktu dalam pembuatan produk dan validasiya. E-modul dengan pendekatan CRT terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan juga angket tanggapan siswa. Diperoleh rata-rata penilaian validasi ahli materi 87,5%, validasi ahli media 86,8%, penilaian tanggapan siswa 85,2%, Jadi media E-modul layak digunakan dengan kategori sangat baik. Jadi produk E-modul dengan pendekatan CRT pada materi logika matematika layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika SMK kelas XI.
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.
Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2014). C – 3 Development of Matiklopedia Based Character Building in Yunior High School. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED.
Buchori, A., & Rahmawati, N. D. (2017). Pengembangan E-Modul Geometri Dengan Pendekatan Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 23–29. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p023
Chiu, T. K. F., & Churchill, D. (2015). Exploring the characteristics of an optimal design of digital materials for concept learning in mathematics: Multimedia learning and variation theory. Computers and Education, 82, 280–291. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.12.001
Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1047
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Jumaat, N. F., & Tasir, Z. (2014). Instructional scaffolding in online learning environment: A meta-analysis. Proceedings - 2014 International Conference on Teaching and Learning in Computing and Engineering, LATICE 2014, 74–77. https://doi.org/10.1109/LaTiCE.2014.22
Lestariningsih, Anwar, M., & Setiawan, A. M. (2015). Investigating the act of design in discharge concept using pmri. Journal on Mathematics Education, 6(2), 50–59. https://doi.org/10.22342/jme.6.2.2164.129-138
Lucy, S., Emmideme, G. N., & Sylvester, A. (2022). Social Studies Student-Teachers’ Preparation for Effective Use of Teaching and Learning Materials: The Case of Northern Colleges of Education in Ghana. Open Journal of Social Sciences, 10(06), 379–395. https://doi.org/10.4236/jss.2022.106027
Saadati, F., Tarmizi, R. A., & Ayub, A. F. M. (2014). Utilization of information and communication technologies in mathematics learning. Journal on Mathematics Education, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.22342/jme.5.2.1498.138-147
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikaan dan Pengembangan. Prenada Media.
Siagian, S. (2014). DEVELOPMENT OF BASIC ELECTRONIC INSTRUCTIONAL MODULE AND TRAINER Sahat Siagian Panahatan, Jongga Manullang, State University of Medan. European Journal of Computer Science and Information Technology, 2(3), 36–46.
Skemp, R. R. (2012). The psychology of learning mathematics. Expanded American edition.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sulistyawati, N., Esmar, B., & Siswoyo. (2019). Pengembangan E-Modul Fisika Tegas Inquiry Based Learning Pada Materi. SNF2019-PE-151Prosiding Seminar Nasional Fisika, VIII, 151–158.
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Wena, I. M. (1970). Pengembangan E-Module Bermuatan Model Perubahan Konseptual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 1(1), 97–110. https://doi.org/10.36733/jsp.v1i1.464