Transformasi Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Media

Authors

  • Novena Ade Fredyarini Soedjiwo STAI Denpasar Bali

Keywords:

Transformasi, Media, Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris yang merupakan pelajaran wajib dan harus diikiti dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi sesuai kurikulum yang berlaku di Indosesia saat ini. Persoalan yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah sulitnya siswa menerima bahasa kedua yaitu bahasa Inggris dan pendidik yang bukan native speaker, sehingga terkadang pembelajaran yang disampaikan mengalami human error.

Dalam mentransformasikan pembelajaran bahasa Inggris melalui media pembelajaran diharapkan mampu mengurangi kebosanan, sulit dalam memahami pembelajaran dan mengurangi human error.

Metode dengan menggunakan media sebagai alat transformasi pembelajaran, salah satunya melalui permaianan, slide, dan gambar-gambar yang menarik. Melalui metode tersebut perubahan siswa dalam menerima pembelajaran lebih baik sesuai dengan indikator pada tiap-tiap tingkat pembelajaran. Selain iti siswa bergairah untuk belajar, dapat berinteraksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan dan semangat belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing.

References

Abazhah, Nizar. 2009. Ketika Nabi di Kota. Jakarta:Penerbit Zaman Ruslan, Heri. 2010.
Alessi, Stephen M And Stanley R. Trollip. 1991. Computer-Based Instruction; Method And Development. Prentice Hall, Englewood Cliffs. New Jersey.
Anderson.2001. R.H., Anderson. 1994. Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Terj. Yusufhadi Miarso Dkk. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hanbraken 179 dalam http://www.ar. itb.ac.id/wdp/ diakses pada tanggal 11 November 2013
Laseau, 1980 dalam Sembiring. 2006. Kategori Transformasi Khazanah. Jakarta: PT Gramedia
Confrey, Jere. (1995). ‘A Theory of Intellectual Development’. Journal for the Learning of Mathematics. Vol 15,1 (Februari). 38 – 47.
Goodman, K. (1986) What’s Whole in Whole Language, New Hampshire: Heinemann.
Kemp, J.E. dan Dyton, D.K. 1985.”Planning and Producting Instructional Media”. Canbridge: Harper & Row Publisher, New York.
Krashen, S.D. (19..). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Englewood Cliffs, N.J. : Prentice-Hall International.
Nasution, M.A. 2008. “Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar”Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Spada, N & Lightbown, P.M. (1993). How Languages Are Learned. Oxford: Oxford Univ. Press.
Weaver, C. (1994). Reading Process and Practice, from Sociopsycholinguistics to Whole Language 2nd Edition. New Hampshire: Heinemann

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Fredyarini Soedjiwo, N. A. (2018). Transformasi Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Media. Widya Balina, 3(2), 39–49. Retrieved from https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/19