Analisis Penggunaan Metode Tilawati dalam Mengoptimalkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran pada Siswa di MI Insan Mulia Tahun Pelajaran 2020-2021

Authors

  • Gushaini Ikhsaniafi Amala STAI Denpasar Bali
  • Mahrusun Mahrusun STAI Denpasar Bali
  • Dinansyah Dinansyah STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.53958/wb.v6i2.114

Keywords:

Optimalisasi Pembelajaran Alquran, Metode Tilawati

Abstract

Penggunaan metode dalam pembelajaran Alquran merupakan salah satu usaha dalam mengoptimalkan pembelajaran Alquran bagi para siswa. Sehingga pihak Sekolah perlu memilih metode yang tepat. Yang mana pemilihan metode yang tepat dapat mengoptimalkan hasil belajar baca tulis Alquran pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kemampuan siswa dalam pembelajaran baca tulis Alquran di MI Insan Mulia, Jimbaran (2) Model penerapan metode Tilawati yang digunakan dalam upaya mengoptimalkan kemampuan baca tulis Alquran pada siswa di MI Insan Mulia, Jimbaran (3) faktor pendukung dan penghambat selama menerapkan metode Tilawati dalam mengoptimalkan pembelajaran baca tulis Alquran pada siswa di MI Insan Mulia, Jimbaran Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Hasil pembelajaran Alquran siswa sedikit menurun di semester ganjil dan mulai meningkat di semester genap tahun pelajaran 2020/2021 (2) Penggunaan metode tilawati dapat mengoptimalkan kemampuan baca tulis Alquran pada siswa (3) Faktor pendukung dari optimalisasi pembelajaran Alquran metode tilawati di MI Insan Mulia yaitu sarana prasarana Madrasah yang memadai serta metode yang efektif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sebagian guru belum bersertifikasi sebagai guru tilawati.

References

[1] Abu Abdillah Muhammad bin Isma'il bin Ibrahim bin al Mughirah bin Bardizbah. Shahih al-Bukhariy, kitab fadhail Al-Qur’an bab khairukum man ta’alam Al-Qur’an, hadis ke 4639
[2] Alquran Kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta : Suara Agung
[3] Muaffa, Ali, Abdurrohim Hasan, Muhammad Arif. 2017. Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Alquran Nurul Falah Surabaya
[4] Mufarrakah, Anisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras
[5] Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi. Metodologi Penelitian. 2005. Jakarta : Bumi Aksara
[6] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
[7] Tafsir, Ahmad. 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-12-10

How to Cite

Amala, G. I., Mahrusun, M., & Dinansyah, D. (2021). Analisis Penggunaan Metode Tilawati dalam Mengoptimalkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran pada Siswa di MI Insan Mulia Tahun Pelajaran 2020-2021. Widya Balina, 6(2), 306 – 316. https://doi.org/10.53958/wb.v6i2.114